Categories
Uncategorized

Alat dan Bahan Pembuatan Kompos Organik

Kompos organik merupakan salah satu jenis pupuk yang dapat kita buat sendiri. Dalam proses pembuatannya kita membutuhkan beberapa alat dan bahan. Kali ini saya akan membahas alat dan bahan pembuatan kompos organik.

Pemilihan alat dan bahan kompos yang benar tentunya akan membatu jalannya proses pengomposan dan menentukan kualitas hasil kompos organik itu sendiri.

Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasanya

Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

alat dan bahan pembuatan kompos

Alat Pembuatan Kompos

Berikut ini alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan kompos :

Alat Pencacah

Alat pencacah diperlukan untuk mencacah bahan kompos organik. Proses pencacahan ini sendiri bertujuan untuk mempermudah proses penguraian sampah organik menjadi kompos siap pakai. Jika anda ingin hasil cacahan yang bagus, anda bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.

Wadah Pengomposan

Wadah pengomposan ini berguna untuk menampung bahan kompos yang sedang diolah. Wadah ini bisa berupa kotak kayu, tong, drum, bak, lubang galian, dan sebagainya.

Penutup

Penutup ini berguna untuk melindungi bahan kompos argar terhindar dari sinar matahari dan guyuran air hujan.
Penutup yang biasa digunakan adalah terpal atau plastik besar.

Sekop

Sekop digunakan untuk memindahkan, mengaduk, dan membalik bahan kompos. Selain sekop kita juga bisa menggunakan cangkul atau alat sejenis lainnya.

Ember

Ember berfungsi untuk menampung air ketika proses pengomposan. Air tersebut biasanya digunakan sebagai bahan untuk menjaga kelembaban bakal kompos selama proses pengomposan. Ember juga bisa digunkan untuk wadah pencampuran bahan dekomposer.

Sarung Tangan

Sarung tangan berguna untuk menjaga tangan kita agar tetap.

Karung

Karung digunakan untuk mengemas kompos setelah pupuk kompos jadi.

Bahan Pembuatan Kompos

Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kompos :

Samapah Organik

Samapah organik merupakan bahan yang paling penting dalam proses pembuatan kompos.Sampah organik adalah bahan yang akan diuraikan agar bisa menjadi kompos.

Kotoran Ternak

Kotoran ternak bisa menjadi opsi selain sampah organik.
Jika anda punya banyak kotoran ternak, anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan kompos. Kotoran ternak ini bisa berupa kotoran sapi, kambing, ayam, kuda dan ternak lainnya.

Dekomposer

Dekompreser berfungsi untuk membuatu proses penguraian bahan kompos. Dekomposer dibagi menjadi dua, makroorganisme dan mikroorganisme. makroorganisme dekomposer yaitu paling populer adalah cacing tanah. Cacing tanah bisa dimanfaatkan pada pembuatan kompos dengan metode vermikompos. Sedangkan mikroorganisme dekomposer yaitu bakteri, jamur, atau kapang. Kita dapat menemuinya di produk dekomposer seperti em4.

Tanah

Tanah digunakan sebagai media pembantu dalap proses pembuatan kompos.

Sekam

Sekam padi berfungsi untuk menyerap air berlebih pada saat proses pengomposan. Air berlebih bisa menyebabkan turunnya kualitas kompos organik yang kita buat.

Air

Seperti yang sudah disinggung tadi, air bisa kita gunakan sebagai bahan untuk menjaga kelembaban bakal kompos selama proses pengomposan. Selain itu, air juga digunakan untuk membantu melarutkan dekomposer kompos.

Kompos yang Sudah Jadi

Disini peran dari kompos yang sudah jadi adalah sebagai starter dalam proses pengomposan. Kita bisa menambahkan sedikit Kompos yang sudah jadi dalam campuran bahan kompos baru agar hasinya bisa lebih maksimal.

Itulah alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kompos. Gimana? udah ngga bingung lagi kan?

Jika anda konsisten dalam membuat kompos, mungkin anda bisa menjadikan kompos sebagai ladang bisnis. Mengingat harga kompos yang saat ini bisa dibilang lumayan mahal.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai kompos organik salah satunya dengan membaca artikel Proses Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Sampah Organik

Sekian dulu pembahasan saya mengenai alat dan bahan pembuatan kompos organik. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *