Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana Mudah dan Praktis

Hai sobat semuanya, jumpa lagi di artikel kali ini dengan topik pembahasan cara membuat kopi cold brew sederhana yang mudah dibuat dan praktis dari segi biaya dan proses pembuatan.

Di artikel yang lalu kan mimin udah bagi tau nih cara bikin makanan yaitu cara memasak sob buntut sapi. Nah kali ini mimin pengen bagi bagi cara membuat minumannya yang spesial nih sob.

Siapa sih pecinta kopi yang enggak tergiur jika melihan secangkir kopi yang sangat nikmat. Sungguh menggoda dan memikat selera sobat. Rasanya sangatlah enak dan memiliki aroma yang khas.

Sedikit yang diketahui bahwa kopi yang diseduh dingin disajikan dengan metode yang benar-benar dingin. Sahabat, hanya menjadi benar-benar dingin berarti kopi seduh dingin bisa diminum dingin tanpa ada air panas.

Iya sobat, sobat tidak sedang salah membacanya. Anda juga bisa menggunakan air dingin sebagai pelarut untuk menyeduh kopi. Dengan cara ini, air dingin akan membantu mengekstrak kopi hingga terasa enak.

Sebenarnya menurut histori sendiri kopi cold brew pertama kali dinikmati oleh tentara pada perang dunia pertama. Seiring berjalannya waktu cara membuatnya  semakin mudah. Kini cara membuat cold brew sangat mudah dilakukan.

Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana

Kopi adalah minuman yang unik. Karena kopi memiliki cita rasa yang unik bagi orang yang menyukainya. Kopi memiliki banyak manfaat, salah satunya contohnya adalah mencegah rasa kantuk secara alami

Inilah mengapa banyak orang menyebut kopi sebagai sajian dengan rasa dan ciri khas yang sangat unik. Sahabat, sebaiknya perhatikan bagian dan ukuran porsi saat minum. Karena terlalu banyak tidak baik.

Untuk menyeduh, gunakan 100% air dingin atau setidaknya air bersuhu ruangan. Tanpa diduga, ternyata kopi bisa diseduh pakai air dingin loh sob. Bahkan rasa ekstraksi nya cenderung lebih manis alami tanpa gula.

Sekalipun kita menggunakan air dingin sebagai ekstraktor espresso, tidak berarti kopi kita dibekukan. Kami hanya mendinginkan dan mengekstrak kopi saat sudah dingin, bukan sampai jadi es batu.

Alat dan Bahan Membuat Cold Brew

Perlu Anda ketahui bahwa membuat kopi dingin tidaklah sulit. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah. Hanya dengan niat, ditambah dengan alat dan bahan, Anda dapat dengan mudah membuat kopi cold brew.

Untuk teman-teman yang sedang bimbang bagaimana cara membuatnya tidak masalah. Biarkan mimin memandu Anda melalui artikel ini. dibawah ini mimin akan menjelaskan alat dan bahan serta langkah-langkah membuatnya sesederhana mungkin namun dengan hasil yang istimewa.

Alat dan Bahan

  • Penggiling kopi;
  • 90 gram biji kopi pilihan;
  • Air dingin 1000ml (sesuaikan);
  • gelas atau cangkir sajian;
  • Coffee Pot uk 1.100 ml.

Langkah-Langkah Cara Membuat Cold Brew Sederhana

  1. Pertama, gunakan penggiling kopi untuk menggiling biji kopi pilihan. Jika Anda tidak ingin rasanya terlalu kuat, Anda bisa menggilingnya hingga agak kasar tidak terlalu halus.
  2. Setelah digiling, masukkan biji kopi bubuk ke dalam penyaring atau strainer di coffee pot.
  3. Hubungkan saringan atau strainer ke coffee pot agar dapat disambungkan dan digunakan.
  4. Tuang air hingga ketinggian air mencapai setengah dari tabung coffee pot atau pegangan coffee pot.
  5. Aduk kopi dengan lembut sampai tercampur. Hindari menggunakan benda tajam saat mengaduk agar tidak merusak filter pada mesin pembuat kopi.
  6. Tutupi teko kopi dengan rapat, lalu masukkan ke dalam lemari es dan biarkan dingin selama delapan hingga dua belas jam untuk menyelesaikan ekstraksi yang sempurna dan nikmat.
  7. Jika sudah 8 sampai 12 jam kita keluarkan coffe pot dari kulkas.
  8. Ambil gelas yang akan digunakan, dan tuangkan kopi dari coffe pot ke dalam gelas untuk disiapkan.
  9. Bila semuanya sudah siap, kopi seduh dingin siap disajikan
 
Kopi cold brew dengan sensasi dinginnya memanglah nikmat. Tapi tahukah sobat jika kopi dihangatkan sebelum diminum akan lebih enak. Sobat bisa pakai alat pemanas kopi untuk menjaga kehangatan kopi yang sobat buat.
Artikel di atas adalah cara membuat kopi cold brew sederhana. Rasanya seperti cold brew ala kafe atau kedai kopi. Sangat membuat ketagihan nih sob
Sekian artikel ini mimin buat sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat ya sob.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Cappucino yang Enak Lezat dan Nikmat

Halo sobat yang budiman, kembali lagi nih di artikel kali ini dengan topik cara membuat cappucino yang enak lezat dan nikmat. Cappucino yang bakalan kita buat kali ini rasanya enak seperti di kafe.

Sebelumnya mimin udah bikin resep makanannya nih yaitu resep gurame bakar. Sekarang abang mimin pengen berbagi resep cara membuat minuman yang istimewa tentunya.

Bahkan membuat cappucino di coffee shop itu sangat mudah, Tidak perlu risau dan khawatir. Hanya beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Sebelum kita lanjut perbincangan, tahukah anda apa itu cappucino? Banyak orang yang pernah meminum atau mencicipi cappucino namun tidak memahami konsep dasarnya.

Cappucino merupakan perpaduan espresso atau konsentrat kopi atau pati yang dipadukan dengan susu kental dengan busa yang creamy di mulut. Itu benar-benar memikat selera.

Konsentrat atau pati kopi ini disebut espresso. Cita rasa espresso yang khas dan kuat dipadukan dengan susu yang manis dan nikmat. Ini pas dan tidak mendominasi rasa diantara keduanya.

Jika Anda kesulitan membuatnya, jangan khawatir. Biarkan saya memandu Anda melalui artikel ini, teman saya. Mimin sudah bilang kalau sebenarnya cara membuatnya cukup mudah.

Formula rahasia yang membuat cappucino terasa enak adalah keseimbangan bahan yang tepat. Artinya tidak ada yang lebih dominan antara rasa espresso dan rasa susu.

Banyak orang dari berbagai negara tertarik dengan cita rasa khas cappucino ini. Bahkan tak jarang mereka mengubah resep ini menjadi resep dengan ciri khasnya sendiri lho, sobat.

Banyak yang mengira cara membuat cappucino sangat rumit dan sulit. Tapi sebenarnya cara membuat cappucino tidaklah sulit. Bahkan untuk membuatnya seorang pemula pun bisa melakukannya.

Cara Membuat Cappucino Yang Enak

Setelah Perang Dunia Kedua, cappuccino menjadi semakin dikenal oleh banyak orang. Ini mulai menyebar melalui turis, orang-orang yang pergi ke Italia, hingga pecinta kopi yang mencoba resepnya dengan coba coba.
Sehingga cara pembuatannya sudah menyebar, dan sekarang sudah banyak yang menjualnya di warung atau kafe. Kopi ini sungguh fenomenal.

Bahan Membuat Cappucino

Bahan-Bahan

  • air 170 mililiter;
  • 150 mililiter Susu sapi segar;
  • Granula powder sebagai topping utama;
  • Biji kopi takaran 10 gram hingga 20 gram;
  • coklat bubuk untuk topping tambahannya.

Alat-Alat 

  • penggiling Biji Kopi;
  • Panci;
  • Kompor;
  • alat presso atau aeropress.

Langkah Membuat Cappucino Yang Enak

Tahap Pertama

  • Rebus air mineral dalam jumlah yang ditentukan hingga mendidih atau 100 derajat Celcius.
  • Sambil menunggu air mendidih sobat tinggal menggiling 15 sampai 20 gram biji kopi hingga halus.
  • Kalau sudah giling sobat taruh hasil penggilingannya di press atau aeropress.
  • Gunakan alat press atau aeropress untuk mengolah biji kopi bubuk. Untuk 20 gram biji kopi, gunakan 60 mililiter air mendidih. Air yang digunakan sebenarnya sangat sedikit, karena kita hanya akan mengambil pati dari kopi tersebut.
  • Masukkan espresso ke dalam gelas saji yang sudah disiapkan.

Tahap Kedua

  1. Nyalakan kompor kemudian didihkan susu dalam panci hingga mendidih sempurna, aduk hingga berbusa.
  2. Setelah matang masukkan susu ke dalam French press lalu peras hingga hasilnya maksimal.
  3. Jika tidak ada French press sobat tinggal mengaduk susu sampai berbusa, tapi prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Proses Persiapan Penyajian

  1. Setelah semuanya siap, tuangkan susu olahan untuk espresso dalam satu gelas.
  2. Taburi dengan taburan seperti cocoa powder, bubuk coklat, atau butiran coklat.
  3. Kemudian, cappuccino ala kafe siap disajikan dan dinikmati.
Setelah semua langkah dan langkah telah diselesaikan dan diikuti, kini Anda dapat menyajikan dan menikmati cappucino yang enak
 
Kopi adalah minuman yang terkenal bisa diolah macam macam dan nikmat saat diseruput hangat. Sobat bisa memakai alat pemanas kopi untuk memanaskan kopi agar rasanya semakin pas dan nikmat.
 
Cappuccino merupakan minuman kopi yang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, rasanya merupakan perpaduan sempurna antara manisnya susu dengan konsentrat kopi yang kental.
Perpaduan rasa yang seimbang dan sempurna membuat cita rasa kopi ini memikat banyak orang. Cita rasa yang sangat menggugah selera dan memanjakan lidah.
 
Di atas tadi adalah artikel cara membuat cappucino khas cafe yang mudah dibuat. Gimana gampang banget kan?
Cukuplah artikel ini menjadi sebagaimana mestinya. Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan dengan teman, kerabat, keluarga, atau orang lain. Semoga bermanfaat sobat.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Resep Roti Sobek Tanpa Mixer Mudah dan Gampang

Halo sobat semuanya, pada kesempatan yang satu ini mimin pengen sharing tentang resep roti sobek tanpa mixer yang mudah dan gampang sob. Sobat pasti juga bisa membuatnya di rumah.

Sebelumnya abang mimin udah berbagi cara membuat selai mangga nih sebagai isian roti. Tapi kali ini mimin pengen berbagi resep roti sobek tanpa mixer nih. Udah cocok banget kan roti dan isinya.

Roti kasur sangat cocok untuk sajian sarapan dan makanan penutup. Karena roti kasur adalah roti yang luar biasa, dan rasanya yang luar biasa. Rasanya sangat enak dan menggoda.

Perlu diketahui bahwa roti sobek ini awalnya bernama roti maros. Namanya pun tidak sembarangan, melainkan berdasarkan nama tempat roti sobek ini awalnya kali dibuat dan diciptakan.

Roti tersebut dibuat dari Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, roti merupakan aset investasi dengan kearifan lokal yang harus kita jaga. Setidaknya mimin dan teman-teman tahu cara memasaknya.

Namun seiring berjalannya waktu, roti ini semakin terkenal, dan perkembangannya menyebar ke seluruh nusantara. Roti ini memiliki bentuk seperti memiliki potongan yang memudahkan untuk disobek.

Sebelum roti ini terkenal, roti ini awalnya merupakan roti biasa yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Kabupaten Maros. Roti jenis ini sangat berharga karena merupakan roti khas Indonesia

Semakin banyak orang yang menyadari keunikan dari jenis roti ini. Roti jenis ini berbentuk seperti potongan yang mudah disobek. Karena itu, roti ini menyebar dengan cepat dan mendapat citra baik di masyarakat.

Konsep unik dari roti atau kasur maros ini adalah kesatuan, persatuan dan keakraban. Sebab, sebenarnya roti jenis ini dinikmati dalam kebersamaan. Terbukti dengan bentuknya yang cocok dimakan bersama.

Oleh karena itulah resep roti kasur merupakan salah satu referensi resep memasak yang sangat menarik untuk sobat coba di rumah. Jangan khawatir karena langkahnya sangat mudah.

Resep Roti Sobek Tanpa Mixer Mudah Dibuat

Dari segi sejarah, roti jenis ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Karena roti jenis ini sudah sangat populer sejak tahun itu. Memang sangat legendaris roti yang satu ini.
Roti kasur cocok untuk dikonsumsi bersama. Karena potongan roti ini mudah dibagikan dan dinikmati banyak orang. Betapa uniknya kebersamaan dalam sebuah roti!
Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara membuat roti sobek yang empuk dan luar biasa.

Bahan Membuat Roti Sobek

Bahan Roti Sobek

  • 100 ml susu cair, sobat juga bisa menggunakan krim vanilla kental manis;
  • 2 (dua) sendok makan kopi atau bubuk kakao atau bubuk cokelat;
  • 250 gram tepung terigu berprotein tinggi merek apa saja;
  • 1 (satu) sendok teh ragi instan Fermipan;
  • Susu bubuk 5 (lima) sendok makan;
  • Sejumput garam (tidak kurang dari satu sendok teh);
  • Telur 1 (satu) butir;
  • Gula pasir 2 (dua) sendok makan;
  • Margarin 50 gram atau 4 sendok makan.

Bahan Isian Roti

Sebenarnya kita bisa menyiapkan isian roti apa saja secara bebas, namun berikut beberapa rekomendasi yang patut dicoba karena rasanya yang begitu enak.

  • Selai rasa kopi;
  • Selai rasa srikaya;
  • Selai rasa buah;
  • Keju;

Bahan Olesan Roti

  • butter.

Langkah-Langkah Memasak Roti Sobek

  1. Dalam sebuah baskom, silahkan campurkan semua bahan roti yaitu ragi, coklat bubuk atau kakao bubuk atau kopi bubuk, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan telur, aduklah sampai merata, lalu tambahkan susu cair. Uleni hingga menjadu adonan elastis.
  2. Tambahkan sedikit garam dan dua sendok makan mentega. Kemudian uleni dan aduk aduk kembali hingga halus.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian potongan kecil agar lebih mudah, jika dirasa adonan terlalu keras sobat bisa tambahkan telur sedikit agar menjadi lunak adonannya.
  4. Dibiarkan mengembang selama sepuluh hingga dua puluh menit.
  5. Setelah mengembang, kempiskan lagi, lalu potong kecil-kecil menjadi bagian yang sama, misalnya 10 bagian. Kemudian isi setiap bagian dengan isian yang sesuai dan ulangi hingga potongan atau bagiannya habis.
  6. Kalau semua potongan adonan sudah berisi bahan isian segera nyalakan oven dan panggang roti sobek dalam suhu 180 derajat selsius selama 20 menit.
  7. Setelah 20 menit atau selesai segera keluarkan kue dari oven lalu olesi mentega.
  8. Biarkan roti mendingin sebentar, lalu jaga agar roti tetap hangat saat disajikan
Jika semua langkah diatas sudah selesai, maka proses produksinya juga sudah selesai ya sobat. Beginilah caranya, sama seperti petualangan kan hehehe.
 
Dari tadi omong mengenai makanan terus mimin jadi pengen ngopi nih. Mimin selalu suka kopi hangat karena rasanya sangat nikmat.
Karena kehangatan meningkatkan daya tahan kopi dan rasanya akan semakin cocok. Sobat bisa pakai alat pemanas kopi yang sangat recommended nih untuk dipakai.
Cukup sekian sob artikel ini mimin buat. Gimana sangat mudah dipraktekkan ya kan. Semoga bermanfaat ya sobat.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Resep Agar Agar Kopi yang Nikmat dan Nendang Abiezz

Semangat pagi sobat semua, kali ini mimin mau berbagi resep agar agar kopi yang nikmat dan rasanya bikin nagih sob. Dijamin ketagihan deh, oleh karenanya resep puding kopi yang sangat enak ini perlu sobat tahu.

Kemarin kan mimin udah bahas tentang cara membuat cakwe yang lembut dan berasa gurih. Sekarang mimin pengen banget sharing ke kalian mengenai sajian yang rasanya manis sob.

Sederhana dan mudah itu kata kata yang komentar mimin tentang resep agar agar kopi. Bukan hanya karena rasanya yang khas dan enak, tapi cara pembuatannya juga simpel dan nilai jualnya tinggi ya sobat.

Puding kopi sangat cocok untuk dijadikan ladang bisnis loh sob, karena pembuatannya yang sangat mudah, bisa diproduksi secara massal, serta citarasa yang enak dan tidak termakan oleh zaman sob.

Apalagi puding kopi juga bisa dikembangkan seperti penambahan roti, penambahan variasi rasa dan topping yang menarik. Jadi cocok banget deh buat sobat yang suka coba coba bikin.

Resep agar agar kopi yang akan kita buat kali ini tidak butuh alat yang rumit. Hanya bermodal alat sederhana dan bahan seadanya sobat telah bisa membuat agar agar kopi loh.

Cocok untuk semua sobat yang berminat dengan dekorasi, serta sobat semua dengan jiwa estetika yang tinggi. Karena puding kopi sangat cocok dipadukan dengan stroberi atau potongan berry lainnya.

Selain menyeimbangkan asupan nutrisi pada puding kopi, ternyata juga bisa menambah estetika. Disini lah kreatifitas mimin diuji. Karena mimin juga suka tentang dekorasi makanan atau garnish.

Proporsi merupakan perbandingan standar yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Dalam resep puding kopi, Anda bisa mengatur perbandingan air dengan bubuk agar-agar 2 banding 1 (2: 1).

Dengan cara ini, puding tidak akan lembek dan tidak menjadi gumpalan keras. Karena proporsi yang salah bisa menjadikan teksturnya kurang sempurna sob

Agar agar kopi sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin. Apalagi dinikmati ketika cuaca sedang panas. Sangat menggugah selera dan memanjakan lidah ya sob.

Resep Agar Agar Kopi yang Bikin Nagih

Karena rasanya yang fenomenal dan cara pembuatannya yang mudah maka agar agar kopi ini cocok dibuat banyak dan dinikmati bersama-sama.

Selain bisa digunakan untuk mempererat keakraban, rasa yang enak ini juga bisa dijadikan referensi memasak yang sangat boleh dicoba untuk sobat semuanya di rumah.

Bahan Pembuatan Puding Kopi

Dalam bagian bahan ini mimin bakal bagi jadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah agar agar. Supaya sobat bisa lebih memahami maksudnya.

Bahan Lapisan Bawah

  • 300 ml susu cair boleh pakai krimer kental manis;
  • 3 sdt kopi instan nescafe;
  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 3 sdm gula pasir;
  • 1 kuning telur.

Bahan Lapisan Atas

  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 1 sendok teh garam;
  • 1 sdm gula pasir;
  • 300 ml susu cair;
  • 10 sdt gula pasir;
  • 1 putih telur saja.

Bahan Topping Pelengkap

  • Taburan kacang almond;
  • Keju kraft batang (terserah);
  • Coklat batang (terserah).

Langkah Membuat Agar Agar Kopi

  1. Pertama kali kita harus membuat lapisan dasarnya dahulu.
  2. Campurlah susu, gula pasir, serta kopi bubuk dan bubuk agar agar jadi satu panci lalu aduk aduk terus.
  3. Nyalakan api komporya ke tingkat sedang.
  4. Letakkan panci di atas kompor lalu aduk dan aduk susu, gula pasir, kopi dan agar-agar hingga adonan mendidih.
  5. Ambil sedikit adonan agar agar dan pindahkan ke wadah lain.
  6. Masukkan kuning telur pada sedikit adonan agar agar yang diambil sedikit tadi.
  7. Lalu masukkan sebagian adonan yang telah diambil dan dicampur kuning  telur tadi.
  8. Setelah matang, tuangkan ke dalam wadah atau gelas sampai tiga perempat bagian wadahnya.
  9. Lalu buat lapis kedua ya sob, susu rebus, gula pasir dan bubuk agar-agar.
  10. Aduklah adonan tersebut secara konsisten dan tanpa henti.
  11. Kocoklah garam dengan putih telur hingga mengembang.
  12. Tuanglah hasil kocokan garam dan putih telur dalam adonan panci yang direbus tadi.
  13. Aduk hingga matang, kemudian jika dirasa sudah matang silahkan tuangkan adonan ini diatas adonan pertama tadi supaya jadi berlapis.
  14. Tambahkan topping yang disarankan agar rasanya lebih lengkap.
  15. Setelah itu agar agar kopi sudah siap disantap.

Setelah menyelesaikan semua proses dan tahapan pembuatan. Kini, agar agar kopi siap disantap.

Kopi memang enak untuk bikin puding. Tapi sungguh, jika kamu minum kopi, akan terasa lebih enak jika sobat memanaskan kopinya. Sobat dapat memanaskan memakai alat pemanas kopi untuk menjaga kehangatan kopi.

Semoga resep agar agar kopi ini bisa menambah wawasan sobat pembaca yang budiman semua. Sekarang sobat sudah bisa membuat puding kopi yang empuk, kenyal, enak dan unik.

Sekian artikel ini mimin buat sebagaimana mestinya, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel ini 🙂 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Roti Boy Empuk Nikmat dan Mudah Dibuat

Halo sobat, jumpa lagi dengan artikel kali ini yaitu cara membuat roti boy empuk nikmat yang sangat mudah dibuat. Selain enak roti boy juga sangat mudah untuk dibuat oleh siapapun.

Kalau di artikel sebelumnya mimin kan udah berbagi cara memasak sop buntut sapi, kali ini mimin pengen share resep membuat roti nih. Yaitu roti boy. Siapa sih yang nggak tau betapa nikmatnya roti tersebut.

Secara sederhana roti boy dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai roti yang memiliki cita rasa kopi dengan aroma khas yang sangat memikat. Bahkan banyak orang yang ingin tahu cara membuat roti boy

Jika sedang keluar, coba perhatikan saat berada di bandara atau stasiun, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand roti dengan warna coklat dan kuning yang khas. Iya, snack bar ini adalah bakery bernama Roti Boy.

Secara umum, toko makanan ringan Roti Boy dapat dengan mudah ditemukan di stasiun, bandara dan pertokoan kota, serta di kompleks pertokoan seperti pusat perbelanjaan.

Ada satu menu utama roti yang cukup populer dari brand bakery yang berasal dari negara tetangga Malaysia ini yaitu Coffee Bun. Kali ini kita akan membuatnya

Roti boy terkenal dengan ciri khas rotinya yang setiap saat memiliki aromanya  khas sehingga memberikan rasa yang tidak biasa yang dapat memikat hati para penikmat roti.

Roti anak laki-laki biasanya dimakan sebagai makanan sarapan dan kudapan sederhana saat bepergian dengan kereta atau pesawat. Karena roti ini cukup sederhana dan ringan.

Last but not least, jika Anda membuatnya sendiri maka akan menambah wawasan dan menghemat uang yang Anda keluarkan. Dibandingkan memesan roti di luar yang bisa lebih mahal dan sangat tidak efisien.

Oleh karena itu, kita dapat mengetahui bahwa efisiensi dari semua aspek itu penting.

Cara Membuat Roti Boy Empuk dan Lezat

Bahan-bahan Roti Boy

  • Tepung terigu protein sedang 60 gram (saya pakai Segitiga Biru);
  • Tepung terigu protein tinggi 550 gram (saya pakai Cakra Kembar);
  • Gula pasir 50 gram ;
  • Butter 50 gram;
  • Susu cair 300 mililiter (merek bebas);
  • Garam 1 (satu) sendok teh;
  • Telur 1 (satu) butir;
  • Kuning telur 1 (satu) butir;
  • Ragi instan 15 gram (merk Fermipan).

Bahan Isian Roti Boy

Sebenarnya isi rotinya terserah. Karena isi rotinya tergantung keinginan sendiri. Namun, penulis memberikan beberapa referensi yang menarik.
  • Selai kopi 40 gram;
  • Butter 30 gram.

Bahan Topping Roti Boy

  • Tepung terigu ber protein sedang 90 gram (saya pakai merk Segitiga Biru);
  • Gula halus 3 (empat) sendok makan;
  • Butter 100 gram;
  • Baking powder seperempat sendok teh;
  • Kopi instan 2 (dua) sdt (merek bebas);
  • Putihnya telur 2 (dua) butir;
  • Pasta moka 2 (dua) tetes.

Langkah Cara Membuat Roti Boy Empuk

Kini sobat sudah mengetahui apa saja alat alat dan bahan bahannya. Yang sobat perlukan kini adalah niat untuk membuatnya hehehe. Karena niat merupakan salah satu faktor penentu yang sangat penting.

Langkah Membuat Roti Boy Empuk

  1. Dalam satu panci, campur ragi dan gula pasir, lalu aduk sampai rata.
  2. Di wadah lain, campurkan tepung, telur, kuning telur, garam, dan susu. Aduk sampai semuanya menjadi campuran tepung yang tercampur rata.
  3. Campur dua campuran ragi dan tepung pada langkah 1 dan 2 hingga menjadi adonan yang tidak terpisah. Kemudian uleni hingga halus dan tekstur menjadi lebih elastis.
  4. Bila adonan sudah elastis dan halus, tambahkan margarin atau butter, lalu aduk hingga adonan rata dan uleni hingga kalis.
  5. Setelah halus, diamkan di dalam satu wadah sebentar lalu tutupi dengan plastik atau kain bersih.
  6. Adonan akan mengembang atau mengembang, proses ini memakan waktu mulai dari 45 menit hingga 1 jam tergantung dari cara adonan diaduk.
  7. Setelah jadi mengembang sobat kempiskan lagi adonannya.
  8. Bagi adonan dan potong-potong menjadi 10 hingga 20 bagian
  9. Ambil satu bagian, kemudian buat lubang dan isi dengan isian roti hingga isiannya masuk ke dalam adonan.
  10. Lanjutkan saja sampai semua potongan adonan terisi bahan isian.
  11. Diamkan adonan agar mengalami proses proofing selama beberapa menit.

Langkah Membuat Topping dan Memanggang di Oven

  1. Ambil mentega dan gula halus kemudian campur aduk keduanya hingga berbusa.
  2. Tambahkan kopi instan, baking powder, tepung dan saus pasta moka ke dalam mangkuk. Kemudian lanjutkan mengaduk hingga merata.
  3. Kocok putih telur atau aduk hingga sedikit berbusa, lalu campur dengan mentega sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  4. Letakkan hasilnya pada plastik kemudian bentuk plastik menjadi kerucut.
  5. Setelah berada dalam plastik kerucut potong ujung kerucut agar topping dapat dioleskan dengan pola spiral.
  6. Pangganglah dengan oven selama kurang lebih 15 menit dalam suhu 180 derajat selsius.

Setelah semua proses sudah dilewati, kini roti boy empuk rumahan bisa dinikmati bersama sama.

Kopi selain bisa dijadikan sebagai olahan roti, tapi biasanya mimin juga suka nih kalau minum kopi hangat. Untuk memanaskan kopi sobat  bisa menggunakan alat pemanas kopi yang bisa menghangatkan kopi yang nikmat.

Itu tadi cara membuat roti boy empuk buatan sendiri. Caranya cukup mudah dan sederhana. Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini 🙂