Categories
Uncategorized

Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap

Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap – Nangka merupakan buah yang digemari oleh masyarakat karena jika sudah matang buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang sangat harum.

Namun selain dikonsumsi dalam keadaan matang, buah yang satu ini pun bisa dimanfaatkan ketika masih muda. Dimana nangka muda bisa diolah menjadi sayur, gulai atau tumis. Selain masakan ini ada juga yang ga kalah sedap lagi jika sekalian mencoba Resep Masakan Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas Mantap.

Nah, sayur nangka muda kuah santan merupakan salah satu jenis sayur nangka yang diminati banyak orang. Santan yang digunakan menjadikan sayur terasa lebih gurih dan tentunya sangat enak. Tidak hanya itu, bumbu dan rempah yang digunakan pun akan membuat hidangan ini semakin nikmat dan lezat.

Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap ini sangat sederhana. Dan anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Bahan dan bumbu yang diperlukannya pun tidak sulit untuk di cari. Oleh sebab itu tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak membuat sayur yang satu ini.
Nah, di bawah ini akan kami sajikan Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap.

Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus nangka muda
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • minyak goreng, minyak goreng, ingatt jangan sampai menggunakan minyak yang diproduksi menggunakan Alat Destilasi Minyak Atsiri, karena rasanya bakalan aneh loh.
  • 1 buah kelapa jadi 300 ml santan kental, 500 ml santan encer, pisahkan
  • Garam, gula, merica secukupnya

Bumbu yang dihaluskan;

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 7 buah cabai merah besar
  • Seruas lengkuas
  • Seruas kunyit
  • Seruas jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 butir kemiri

Cara membuat Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap :

  1. Rebus nangka sampai empuk, jika sudah matang sisihkan
  2. Haluskan bumbu halus, kemudian tumis hingga matang.
  3. Lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Kemudian masukkan nangka, santan encer masak sampai kuah santan menyusut dengan api kecil.
  4. Jika sudah agak menyusut santannya masukkan gula, garam, merica dan santan kental masak hingga mendidih.
  5. Koreksi rasa, angkat, sajikan.

Sayur nangka menjadi salah satu sayur andalan jika Anda sedang bertandang ke rumah makan Padang. Sayur nangka juga punya beberapa khasiat yang bagus buat kesehatan loh!

Manfaat Sayur Nangka

nangka

1. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Nangka mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah besar yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya lebih kuat saat melawan infeksi.

2. Mengembalikan Energi

Satu porsi berisi 100 gram nangka mengandung 94 Kkal dan sarat dengan karbohidrat baik. Kandungan ini memberi Anda dorongan energi jika mengonsumsinya. Gula dalam nangka sangat mudah dicerna dan sangat sehat untuk tubuh manusia.

3. Memastikan kesehatan kardiovaskular dan tekanan darah yang teratur

Nangka kaya akan kalium dan dengan demikian membantu dalam membantu kebugaran jantung kita dan sistem peredaran darah. Dapatkan untuk mengetahui tentang cara alami untuk menurunkan tekanan darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Sangat penting untuk mengonsumsi jumlah serat yang sehat dalam makanan sehari-hari Anda. Serat larut dengan cepat dipecah oleh tubuh kita untuk menghasilkan energi dan serat tak larut melancarkan feses Anda sehingga mudah digerakan usus.

5. Mencegah Kanker

Nangka kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid. Kehadiran antioksidan ini menghilangkan racun yang diproduksi oleh tubuh serta radikal bebas yang berbahaya bagi kita. Baik racun dan radikal bebas diketahui menyebabkan kanker dalam tubuh.

Demikianlah Resep Sayur Nangka Muda Santan Pedas Sedap yang bisa kamu masak bersama anggota keluarga. Ayo tunggu apa lagi? atau mau mencoba beberapa Resep Sayur Nangka Santan Spesial Selamat mencoba ya!

Categories
Uncategorized

Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden untuk bunda

Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden untuk bunda – Saat tidak memiliki waktu luang, sebagai seorang Bunda yang harus selalu menyediakan hidangan lezat untuk keluarga di rumah, pasti akan memilih menu yang praktis dan hemat waktu-ngga pakai lama. Di era serba internet seperti sekarang ini, mencari resep mudah dan praktis bukanlah menjadi masalah.

Namun ternyata ada yang lebih praktis, yaitu membeli makanan kalengan siap saji, dan salah satunya adalah menu ikan sarden masak saos tomat. Mungkin memang lebih praktis ya Bunda, tapi ingat bahan olahan pangan kalengan pasti mengandung pengawet. Jadi sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering ya Bunda.

Makanan ini memang sangat cocok untuk disajikan sebagai lauk utama yang begitu lezat. Selain itu ada juga Cara Memasak Sop Buntut Sapi Kuah Bening. Makanan yang satu ini biasa dinikmati ketika sedang makan siang supaya dapat menambah semangat dalam menjalankan aktivitas.

Makanan ini memiliki sedikit kuah yang memiliki aroma sedap sehingga memang sangat cocok jika makanan ini banyak meraik perhatian semua orang termasuk keluarga anda.

Nah Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden untuk bunda ini adalah solusinya. Kita bisa membuat sendiri replika sarden masak saos tomat di rumah, selain kita bisa membuat taste yang sesuai dengan selera kita, tentunya juga lebih sehat karena bebas bahan pengawet. Bagaimana caranya, berikut ini resepnya.

Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden untuk bunda

Bahan – bahan :

  • 1 Pindang Tongkol dibagi jadi 8 potong
  • 1 buah tomat merah, iris
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 3 Cabe Merah Besar, iris
  • 3 Cabe Hijau besar, iris (opsional)
  • 5 cabe rawit kecil, iris (opsional)
  • secukupnya minyak goreng, bukan minyak atsiri yang di buat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri.
  • secukupnya Gula, Garam, Kecap
  • secukupnya Air

Cara Membuat Pindang Tongkol Bumbu Sarden :

  1. Goreng Pindang Tongkol, tidak terlalu kering.
  2. Tumis semua bumbu iris sampai harum dan layu, kemudian tambahkan air, tunggu sampai mendidih.
  3. Tambahkan gula, garam dan kecap, kemudian masukkan pindang tongkol, koreksi rasa.
  4. Masak sampe mendidih dan bumbu meresap, lalu sajikan

Well.. bagaimana Bunda? Setelah membaca resepnya, tertarik membuatnya sendiri di rumah? Resep Pindang Bumbu Sarden Bikin Ketagihan untuk bunda ini cukup mudah untuk dibuat. Jika Bunda sulit menemukan Ikan Pindang Tongkol, Bunda bisa menggantinya dengan ikan tongkol segar, tenggiri, atau salem.

Bagi kaum wanita, dengan rutin mengkonsumsi ikan salem diyakini bisa membantu menghindarkan dari risiko terkena kanker payudara.  Tak kalah penting, kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada ikan  salem bisa berkhasiat mencegah migren atau sakit kepala sebelah. Ikan salem pun diyakini bisa membantu mencegah dan melawan anemia ataupun membantu pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh tak mudah lemas dan segar kembali.

Jenis ikan laut yang berkhasiat, yakni cakalang. Olahan ikan ini antara lain bisa sebagai ikhtiar dalam pencegahan penyakit alzheimer. Bahkan ikut berperan mencegah penuaan dini, sebab daging ikan cakalang mengandung vitamin A, C dan D. Kandungan vitamin dan protein pada cakalang pun diyakini bisa menjadikan kulit tetap fleksibel dan elastis. Bahkan kandungan vitamin D-nya sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Alhasil, cocok untuk rutin diberikan kepada anak-anak saat masa pertumbuhan.

Sesuaikan saja dengan ikan favorit keluarga Bunda. Oya, supaya terasa lebih segar, Bunda bisa tambahkan saos tomat sesuai selera pada resep di atas. Hmmm.. yummeeeh! Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Categories
Uncategorized

Resep Masakan Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas Mantap

Ikan memiliki kandungan protein yang cukup baik untuk meningkatkan kerja otak khususnya pada anak. Maka, tak heran anak yang suka mengonsumsi ikan sangat cerdas. Selain pindang diolah menjadi suwir pedas, ada juga loh Resep Pindang Tongkol Terbaik dan Terenak

Sedap, Segar dan Nikmat, itulah beberapa kata yang sangat cocok menggambarkan betapa istimewanya hidangan kali ini. Nah, supaya ibu dirumah bisa merekreasi membuat sajian ini untuk keluarga tercinta. Sajian apakah itu? Yakni, Resep Pindang Tongkol Suwir Pedas.

Resep Masak an Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas Mantap

pindang tongkol

Kita bisa menggunakan ikan tongkol segar atau ikan tongkol pindang yang banyak dijual di pasaran. Nah, terkadang jika kita menggunakan ikan tongkol utuh, ada rasa pahit karena bagian daging yang berwarna hitam tidak dicuci dengan optimal. Cuci bersih ikan tongkol dengan air mengalir, jangan lupa untuk membuang insang dan bagian perutnya secara menyeluruh. Lumuri jeruk nipis pada dagingnya agar bau amisnya hilang.

Selain mencucinya dengan bersih, perhatikan juga pengolahannya. Trik untuk menghilangkan bau amis adalah dengan menambahkan irisan jahe pada tumisan ikan tongkol suwir. Khusus pada resep satu ini, kita juga menggunakan daun jeruk yang membuat sajian ikan tongkol makin wangi dan segar.

Tips membersihkan Ikan Pindang Tongkol :

  1. Pertama Silahkan awali langkah kali ini dengan mempersiapkan beberapa pindang ikan tongkol kedalam wadah atau mangkuk untuk kemudian kita akan bawa ikan ini ke tempat cucian.
  2. Sangat Penting sekali dalam membersihkan ikan tongkol meskipun ikan ini sudah datang dalam bentuk pindang ikan yang mana sudah diasap atau sudah dimasak setengah matang. Akan tetapi, kita juga tidak pernah tahu seberapa bersih pindang ikan tersebut. Untuk itulah, sangat penting sekali membersihkan pindang ikan tongkol dengan menggunakan air yang bersih.
  3. Selesai membersihkan beberapa ikan pindang tongkol, silahkan masukkan kembali ikan kedalam wadah sebelumnya dan tiriskan air cuciannya, jika saja masih ada air yang menggenang.
  4. Selanjutnya, kita lumuri ikan tongkol dengan air asam dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan.
  5. Setelah dilumuri dengan beberapa bumbu ungkepan diatas, kemudian diamkan terlebih dahulu ikan dengan bumbu tersebut selama kurang lebih 10 menit.

Bahan :

  • 250 gram tongkol
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 1/2 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap
  • Minyak goreng secukupnya, tapi jangan mencoba minyak atsiri yang dibuat dari alat destilasi minyak atsiri karena nanti rasa masakannya jadi aneh.

Cara memasak pindang tongkol suwir pedas :

  1. Haluskan semua bumbu dengan diulek.
  2. Goreng tongkol hingga kecoklatan, Angkat dan tiriskan.
  3. Suwir-suwir tongkol yang sudah digoreng.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  5. Masukkan ikan pindang tongkol yang sudah disuwir-suwir dan aduk dengan rata
  6. Tongkol suwir pedas siap disajikan.

Kebutuhan nutrisi tidak bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi ikan. Anda juga perlu mengonsumsi beragam makanan bergizi lainnya, seperti buah, sayuran, daging, telur, dan susu. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi Pindang Tongkol, jangan khawatir. Nutrisi dari ikan tongkol juga bisa Anda dapatkan dari jenis makanan lain, kok.

Meski kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan tongkol terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ikan tongkol atau ikan laut lain, seperti tuna, mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Nah itulah Tips dan Resep Masakan Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas ala tarijame.com, selain itu diartikel sebelumnya juga ada loh Bumbu Rica Rica Daging Kambing Recommend.

 

Categories
Uncategorized

Cara Memasak Sop Buntut Sapi Kuah Bening

Siapa coba yang bisa menolak segarnya semangkuk sop buntut kuah bening saat kumpul keluarga? Berlimpah kuah kaldu yang gurih, buntut yang empuk, serta wortel dan kentang sebagai isiannya. Tidak lupa diberi kucuran jeruk purut untuk rasa segarnya. Dijamin seporsi tidak cukup deh!

Dikenal sebagai menu favorit jutaan orang Indonesia, mengolah buntut sapi membutuhkan trik khusus. Untuk mendapatkan buntut yang empuk, aku sarankan untuk merebusnya sekitar 40 menit. Lalu merebusnya, kamu bisa merebus dengan cara seperti biasa di panci presto atau di slow cooker untuk yang lebih praktisnya.

Proses yang lama ini menyerap buntut kaya akan gelatin alias protein kolagen. Kandungan inilah yang membuat buntut empuk serta menimbulkan rasa gurih pada air rebusannya. Tidak hanya itu, kolagen juga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. nah, untuk teman lauk cobain juga deh Cara Membuat Sop Buntut dirumah

Yukkkk langsung ke tutorialnya…

Memasak Sop Buntut Kuah Bening

sop buntut

Bahan – bahan :

  • 500g buntut sapi, rebus hingga empuk, tiriskan
  • 100g wortel, kupas dan potong bulat
  • 100g kentang, kupas dan potong dadu
  • 1 bungkus Royco Kaldu Sapi
  • 1.5L air
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 1 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk, sobek kasar
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 2 batang seledri, iris
  • 1 buah tomat, potong kotak
  • 1 batang kayu manis
  • ½butir pala utuh
  • 1 sdm garam
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1 sdm minyak, untuk menumis jangan mecoba minyak atsiri yang dibuat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri karena nanti rasanya jadi berbeda dari yang lain 

Cara Membuat Sop Buntut Kuah Bening :

  1. Dalam panci, masukkan air dan royco kaldu sapi.
  2. Masukkan wortel dan kentang ke dalam panci. Masak 15 menit hingga matang.
  3. Di dalam wajan, panaskan minyak. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, kayu manis, dan pala. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan buntut sapi ke wajan. Tambahkan garam, gula dan merica. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Masukkan tumisan buntut sapi ke dalam kuah kaldu. Tambahkan daun bawang dan seledri.
  6. Sajikan selagi hangat potongan tomat segar dan pelengkap lainnya.

Ada Juga 5 Manfaat yang didapat untuk tubuh kita loh

  1. Pertahankan kekuatan dan elastisitas kulitKandungan kolagen yang ditemukan dalam buntut sapi dan juga keratin dan elastin dapat berfungsi untuk membentuk struktur jaringan kulit untuk menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.
  2. Mencegah risiko penyakit degeneratifTingginya kadar selenium dalam buntut sapi berfungsi sebagai antioksidan alami untuk mencegah risiko penyakit degeneratif.
  3. Meningkatkan gairah seksualSelain memiliki rasa yang enak, ternyata mengkonsumsi makanan berbahan dasar buntut (entah itu dari buntut sapi, kerbau, atau kambing) dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual seseorang.
  4. Dapat menghitamkan rambutBuntut sapi juga dipercaya bisa membantu menghitamkan kembali uban.
  5. Untuk membantu pertumbuhan sel dalam tubuhBuntut sapi mengandung banyak protein hewani dan kalsium. Ini dapat membantu pertumbuhan sel dalam tubuh dan menjaga tulang tetap kuat, dan mencegah osteoporosis (tulang keropos).

    Akhir-akhir ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang mencampurkan berbagai zat berbahaya seperti formalin dan tawas pada buntut sapi yang dijual.

    Tidak hanya dua zat ini, orang-orang itu juga menambahkan buntut sapi dengan bahan kimia lain seperti hidrogen peroksida, belerang nitrat, dan pupuk ZA.

    Untuk menghindari aktivitas penjual nakal ini, berikut tips memilih buntut sapi yang sehat :

    • Buntut sapi segar dan asli memiliki warna putih susu dan terlihat transparan. Sedangkan buntut  yang tidak segar atau yang tidak bagus terlihat kekuning-kuningan, oranye, bahkan cokelat.
    • Buntut sapi segar memiliki bau khas sapi. Sedangkan buntut yang tidak segar akan berbau seperti sengatan karet.
    • Buntut sapi yang tidak segar jika diletakkan di tempat kering akan tertutupi oleh banyak lalat. Jadi Anda bisa memperhatikan itu saat membeli kerikil di penjual.
    • Buntut sapi yang masih dalam kondisi segar memiliki ketahanan normal, tidak kaku atau keras. Selain itu, akan terlihat epidermis kecil yang merupakan sisa-sisa lemak di permukaan kerikil.

 

Buntut sapi sudah dimasak, sekarang tinggal dagingnya di olah menjadi 3 Cara Masak Steak daging Sapi Empuk Enak Tanpa Ribet. Terimakasih semuanya yang sudah berkunjung ke artikel ini, semoga informasi ini dapat menambah inovasi bermasak kamu hehe

 

Categories
Uncategorized

Bumbu Rica Rica Daging Kambing Recommend

Bumbu Rica rica daging kambing merupakan salah satu menu kuliner kekayaan Nusantara. Seperti yang kita ketahui, negara kita ini, Indonesia kaya akan menu kuliner yang pastinya tak perlu diragukan lagi akan kelezatannya, bahkan banyak prang luar negeri seperti Eropa yang datang ke Indonesia khusus untuk mencoba menikmati kuliner khas Indonesia.

Oke sahabat, berbicara tentang kuliner Indonesia, setiap daerah di Indonesia memiliki menu masakan khas sendiri sendiri, salah satunya yaitu daerah Solo. Solo memiliki beberapa makanan khas, salah satunya yaitu rica-rica daging kambing.

Meskipun rica-rica daging kambing sudah banyak dijual di beberapa rumah makan atau restoran, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.

Dengan membuat sendiri dirumah tentu akan terasa lebih berkesan dan memuaskan. Apalagi daging kambing ini memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh kita, yaitu :

8 Manfaat Daging Kambing

Daging Kambing

  1. Kaya Protein Berkualitas.
  2. Rendah Kalori.
  3. Kadar Kolesterol dan Lemak Jenuh Rendah.
  4. Kaya Kalium.
  5. Tingkat Sodium Rendah.
  6. Kaya Zat Besi.
  7. Memiliki Kadar Vitamin B12 yang Baik dan Berbagai Macam Zat Mikro.
  8. Bantu Membakar Lemak Berlebih.

Namun jika anda belum bisa membuat anda juga tak perlu khawatir, dalam kesempatan kali ini,cemilah rakyat akan mencoba memberikan resep untuk membuat rica-rica daging kambung khas Solo. Berikut resepnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Rica Rica Daging Kambing khas Solo ada dibawah nih.. yuk lansung saja

Bumbu Rica Rica Daging Kambing Khas Solo

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging kambing, bersihkan, rebus dan potong sesuai selera
  • 300 ml air
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai iris
  • 2 buah tomat ptong-potong
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya, minyak goreng untuk memasak loh ya.. bukan minyak atsiri yang dibuat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri.

Selain bahan bahan yang diatas, kita juga harus menyiapkan bumbu bumbu halus yang diperlukan untuk membuat Rica Rica Daging Kambing khas Solo. lets go

Bumbu halus

  • 6 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Setelah mengetahui bahan dan bumbu bumbu yang diperlukan untuk membuat menu kuliner yang tidak asing lagi bagi orang indonesia yaitu Rica Rica Daging Kambing khas Solo, ga afdol kalo ga sekalian cara pembuatannya kan hehe nah, dibawah ini mimin sudah siapkan beberapa cara membuat Rica Rica Daging Kambing khas Solo..

Cara membuat rica-rica daging kambing khas solo

  1. Panaskan minyak goreng pada wajan yang telah disiapkan
  2. Goreng bumbu yang telah dihaluskan
  3. Masukan daun salam, daun jeruk dan serai hingga harum
  4. Masukan dagim kambing aduk hingga bumbu tercampur rata
  5. Masukan irisan tomat dan aduk kembali
  6. Masukan air, garam, gula, dan merica, aduk hingga rata
  7. Masak hingga matang dan kuah meresap
  8. Angkat lalu sajikan
Bagaimana mudah sekali bukan untuk membuat rica-rica daging kambing khas Solo, meskipu  rasanya lezat, namun bagi anda yang menderita kolesterol dan darah tinggi baiknya jangan mengkonsumsi makan ini, karena dapat berdampak buruk.
Demikianlah informasi tentang Resep Membuat Rica-rica Daging Kambing Khas Solo. Mau tahu Resep Rica Rica Kambing Spesial lainnya?
Selagi menikmati hidangan Rica Rica Kambing Khas Solo yang lezat, Baca juga ilmu tentang Tanah Kompos Untuk Tanaman, Beginilah Proses Pembuatannya, lumayan kan untuk menambah wawasan 🙂
Semoga resep diatas bermanfaat untuk kalian sahabat. Terimakasih atas waktunya untuk meluangkan waktu membaca artikel Bumbu Rica Rica Daging Kambing Recommended.