Categories
Uncategorized

Resep Rahasia Bolu Pisang Kukus Coklat Keju Yang Enak, Lembut Dan Anti Bantet

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bolu pisang kukus coklat keju yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai bolu pisang kukus coklat keju yang menggugah selera ini.

Tahukah kalian jika kue bolu ini bukan berasal dari Indonesia ? Kue bolu berasal dari bahasa Portugis yakni bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris. Kue bolu pisang merupakan kue basah modern yang terbuat dari pisang dengan tekstur yang lembut. Teksturnya yang lembut dengan aroma khas pisang memang enak dan lezat. Dalam perkembangannya, kue bolu tidak hanya dipanggang, tetapi dapat dikukus juga. Cara membuat bolu sebenarnya tidak terlalu sulit asal langkah membuat kue bolu pisangnya benar dan tentu saja bahan adonan bolu nya harus pas takarannya. Agar menjadikan kue bolu pisang yang lezat. Bolu pisang kukus ini dapat dibuat tanpa mixer roti lho guys.

Perbedaan Adonan Kue Bolu Pisang Kukus dan Panggang

Sebenarnya tidak ada perbedaan besar diantara kedua adonan pada resep bolu pisang ini. Perbedaannya utamanya hanya terletak pada cara akhir mengolahnya. Resep bolu pisang panggang dimasukkan di oven. Sedangkan bolu pisang kukus perlu dikukus beberapa saat. Cetakan nya bahkan sama persis lho. Jadi tidak ada salahnya kalau kebetulan di rumah memang ada stok pisang ambon, pisang barangan, pisang raja atapun cavendish yang cukup banyak. Bisa dibuat bahan untuk membuat resep kue bolu ini. Seperti juga kue cubit dan resep kue lumpur, cara membuat bolu pisang ini juga mudah kok.

bolu-pisang-coklat-keju

1. Resep Bolu Pisang Kukus Coklat Keju

Bahan Membuat Bolu Pisang Kukus Coklat Keju :

  • 6 butir telur, suhu ruang
  • 200 gram gula pasir
  • 500 – 600 gram pisang sun pride/ambon/ atau pisang jenis apapun lainya. Pastikan benar-benar telah matang dan haluskan dengan garpu.
  • 300 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 2 sendok teh baking powder double acting
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 180 gram mentega/margarine dilelehkan, atau bisa diganti dengan minyak sayur sebanyak 180 gram
  • 150 gram choco chips (optional)
  • 60 gram keju

Persiapan Yang Dibutuhkan :

1. Siapkan oven, set disuhu 170’C api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven dan jika oven anda pendek seperti milik saya maka letakkan rak pemanggang di bagian bawah oven.

2. Siapkan loyang bundt ukuran diameter 23 cm. Olesi permukaan loyang dengan margarine dan taburi tepung terigu secara merata. Balikkan loyang, ketukkan untuk membuang kelebihan tepung.  Sisihkan.

3. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, coklat bubuk dan baking powder double acting, aduk hingga rata. Sisihkan.

4. Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Atau masukkan mentega ke dalam microwave dan cairkan 1 menit hingga lumer.

5. Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu, hingga lumat. Sisihkan.

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Coklat Keju :

1. Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur dan gula pasir, kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik.

2. Naikkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok dengan speed tinggi hingga berjejak (ribbon stage).

3. Tandanya, ketika alat pengocok diangkat dan adonan menetes jatuh maka akan meninggalkan jejak seperti pita yang melingkar selama beberapa detik dipermukaan adonan sebelum kemudian lenyap. Matikan mikser.

4. Masukkan pisang lumat, aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik secara lembut namun cepat.

5. Masukkan tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan dalam 3 tahapan, aduk balik hingga tercampur baik.

6. Ambil dua sendok sayur adonan, masukkan ke mangkuk lainnya. Tambahkan mentega cair dan aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan adonan yang sudah dicampur mentega ini ke adonan utama, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik.

7. Masukkan choco chips dan aduk rata, atau taburkan choco chips di detik terakhir ketika adonan akan dipanggang seperti yang saya lakukan. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya, taburi choco chips. Panggang selama 55 – 60 menit atau hingga bolu matang. Tandanya ketika lidi ditusukkan ke tengah bolu maka hanya meninggalkan remah lembab di lidi, bukan jejak adonan basah.

8. Keluarkan bolu dari loyang, diamkan 15 menit untuk membuang uap panas dan membuat bolu tidak hancur ketika dibalikkan. Balikkan bolu ke rak kawat, dan diamkan hingga benar-benar dingin sebelum bolu dipotong. Sajikan.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat bolu pisang kukus coklat keju ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep bolu pisang kukus coklat keju sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel cara memasak steak daging sapi empuk untuk mendapat referensi camilan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *