Categories
Uncategorized

Cara Beternak Ayam Bangkok

Cara Beternak ayam Bangkok, ayam bangkok jarang di ternak di Indonesia. Walaupun sebenarnya jenis dari ayam ini sangat di minati dan populer di kalangan para pecinta ayam. Karena kebanyakan masyarakat berfikiran bahwa memelihara ayam jenis ini akan kurang menguntungkan, tidak seperti berternak ayam petelur atau pedaging.

1. Pemilihan Bibit Untuk Indukan

Cara Beternak Ayam Bangkok

Supaya mendapatkan hasil yang bagus, dalam proses pemilihan indukan ayam bangkok Anda harus benar-benar teliti melakukannya. Berikut merupakan ciri-ciri indukan jantan yang berkualitas yang harus Anda perhatikan sebelum memilih.

  1. Kepala ayam menyerupai buah pinang.
  2. Alis mata menjorok keluar dan tulang kepalanya tebal.
  3. Tulang leher ampak bersusun rapat.
  4. Kepak sayap ayam rapat ke arah badannya.
  5. Paruh agak panjang dan memiliki lengkungan seperti yang dimiliki elang.
  6. Sisik dan kaki kering.
  7. Tulang sapit udang atau tulang kaki nampak keras dan rapat.
  8. Memiliki kokok yang cukup besar.
  9. Bulu-bulunya nampak mengkilat.
  10. Badannya menyerupai batang pinang yang bulat.
  11. Tulangnya tegak dan kokoh menyerupai elang.

Sedangkan ciri-ciri indukan ayam bangkok betina yang berkualitas baik adalah sebagai berikut.

  1. Jika dilihat dari depan, kepala ayam menyerupai kepala ular.
  2. Mata nampak bersih dan menjorok ke arah dalam.
  3. Apabila dipegang, tubuhnya menyerupai batang pinang atau botol.
  4. Kakinya kering.
  5. Jari kaki panjang dan halus.
  6. Tulang bawah pangkal ekor atau tulang sapit udang nampak lebar yaitu sekitar 3 sampai 4 jari.
  7. Dari mulai anakan ayam bangkok hingga menjadi indukan tidak pernah sakit.
  8. Apabila memiliki taji, menjadi nilai lebih.
  9. Bulu-bulunya nampak mengkilat.

2. Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Cara Beternak Ayam Bangkok

Kandang merupakan hal paling penting dalam berternak ayam bangkok, karena kondisi kesehatan ayam sangat dipengaruhi oleh kondisi kandang. Bakteri akan banyak ditemukan dan menjangkiti ayam bangkok apabila kandang tidak terawat dan jarang dibersihkan. Ayam akan rentan terserang penyakt dan tidak tumbuh sehat bahkan bisa menyebabkan kematian.

Ayam akan tumbuh dengan optimal apabila kandangnya berfungsi dengan baik sehingga membuat ayam betah. Dalam beternak Ayam bangkok, kondisi kandang yang baik sangatlah penting. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai kandang ternak ayam bangkok.

Kamu harus benar-benar memperhatikan cara membuatnya kandang. Begitu pun bahannya. Tidak selalu dalam membuat kandang harus menggunakan bahan yang mahal. Papan kayu, bamboo, sampai kikisan rotan bia digunakan untuk membuat kandang.

Memisahkan ayam berdasarkan umur merupakan hal yang penting, sehingga Anda nantinya harus membuat beberapa kandang. Buatlah rongga pada bagian bawah kandang khusus kandang ayam bangkok jantan, hal tersebut dilakukan agar lebih mudah dibersihkan dari kotoran.

Umur dan banyaknya ayam bangkok yang akan diternakan merupakan dua hal yang menentukan berapa ukuran kandang yang harus kamu buat. Ayam akan terhindar dari stress dan kerentanan terhadap serangan penyakit bisa diturunkan apabila ukuran kandang yang dibuat sesuai.

3. Pakan Ternak Ayam Bangkok

berikut Jeni-jenis pakan ayam bangkok :

a. Konsentrat (pur)

Konsentrat atau pur merupakan pakan yang sengaja dibuat dari berbagai bahan yang dikombinasikan. Pengertian sederhananya pur adalah makanan ayam dari berbagai macam bahan yang dijadikan satu. Pemberian pur pada ayam sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi pada ayam.

b. Beras Jagung

Merupakan pakan yang berbahan dasar jagung yang kemudian digiling kecil-kecil menggunakan mesin penggiling. Beras jagung adalah pakan lanjutan setelah memasuki usia 3 bulan lebih sebelum diberikan pakan utama berupa jagung. Pemberian beras jagung untuk ayam bangkok aduan bertujuan membiasakan ayam untuk memakan jagung. Selain itu beras jagung lebih mudah dicerna sehingga cocok diberikan kepada anak ayam.

c. Beras merah

Beras merah bisa dijadikan sebagai makanan pokok ayam aduan, dan bisa juga dijadikan sebagai pakan campuran. Mempunyai segudang khasiat bagi ayam bangkok dan sangat bagus diberikan kepada ayam tipe jalu. Berbeda dengan ayam tipe pukul, ayam jalu sebaiknya diberikan makanan yang kaya akan serat seperti beras merah.

Di sisi lain, pemberian beras merah untuk ayam bangkok aduan berguna untuk pembentukan otot pada ayam. Biasanya dengan pakan yang satu ini otot ayam tidak terlihat begitu keras, namun lebih lentur sehingga gerakan ayam akan lebih cepat dan lincah.

4. Merawat Secara Intensif Anak Ayam Bangkok

Saat anak ayam baru menetas sampai usia 6 bulan atau dengan kata lain sampai tumbuh bulu rawis dan lehernya telah tumbuh, Anda harus melakukan perawatan secara intensif. Sebaiknya dalam masa perawatan tersebut, anak ayam bangkok sebaiknya dikurung di kandangnya saja. Pengurungan tersebut berguna agar tidak banyak energy yang terbuang oleh anak ayam karena terlalu banyak bermain.

Namun, Anda juga bisa memberikan waktu untuk anak ayam bermain dalam waktu tertentu. Anda bisa memberikan waktu selama setengah jam untuk anak ayam bermain di luar agar badannya banyak bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *