Categories
Uncategorized

Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula. Keuntungan dalam beternak puyuh diantaranya adalah daging dan telurnya yang dapat dikonsumsi atau dijual. Burung puyuh yang telah afkir bisa dijual ke peternak burung puyuh pedaging, kotoran bisa dijadikan pupuk atau makanan ikan. Dan pemeliharaannya sama dengan cara memelihara ayam bangkok

Pemilihan lokasi

Sebelum memulai beternak puyuh kita harus memilih lokasi yang tepat, karena lokasi merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya usaha beternak puyuh.

Lokasi yang tepat adalah dekat dengan sumber air bersih, dapat dijangkau alat transportasi, untuk memudahkan pemeliharaan, pengawasan, serta penjualan.

Lokasi tidak banjir,jauh dari sumber kebisingan, seperti pasar, pabrik, jalan besar, dan yang lainnya, tujuannya agar burung puyuh tidak stress dan dapat berkembang biak serta produksi telur maksimal.

Persiapan kandang

Cara Ternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

Idealnya, kandang puyuh petelur memiliki ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30 cm, ukuran kandang tersebut akan dapat menampung burung siap produksi hingga 30-35 ekor.

Patokan ini diterapkan karena semakin kecil kandangnya maka akan semakin baik produksi telur burung puyuh. Ukuran kandang yang terlalu besar akan membuat burung semakin banyak bergerak, Sehingga energi yang dihasilkan dari pakan terbuang percuma.

Untuk memaksimalkan penggunaan tempat, kandang puyuh sebaiknya dibuat secara bertingkat, Jumlah tingkat yang ideal adalah empat tingkat.

Pemilihan bibit

Sesudah persiapan kandang selesai langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit, bibit yang bagus tentu akan mendorong produksi telur yang maksimal serta berkualitas. Untuk membeli bibit yang bagus, belilah pada tempat penjualan bibit yang sudah terpercaya.

Pilihlah bibit dalam masa produktif yang umurnya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, yaitu sekitar umur 3 minggu, karena umur juga sangat mempengaruhi hasil produksinya,

untuk itu hindari bibit yang sudah tua, bibit yang sudah tua tentu produksi telurnya sudah berkurang.

Ciri-ciri bibit puyuh yang bagus

  1. Lincah dan aktif bergerak, jika bibit yang akan kita beli diam saja, kemungkinan sedang terserang penyakit.
  2. Bentuk tubuh si burung sempurna, simetris dan anggota tubuhnya lengkap.
  3. Warna bulunya cerah dan tidak kusam.

Untuk puyuh petelur tentu yang kita butuhkan adalah bibit yang betina, bukan yang jantan. Adapun cara membedakannya adalah sebagai berikut

Cara membedakan puyuh jantan dan betina
  1. Bibit burung puyuh jantan memiliki benjolan di bagian pantat seperti kelereng. Sementara burung puyuh betina pantatnya tidak ada benjolannya.
  2. Bulu dada burung puyuh betina berwarna sawo matang dan terdapat garis atau bercak hitam. Sementara burung puyuh jantan tidak memiliki garis atau bercak hitam.
  3. Burung puyuh jantan berkokok, sementara betinanya tidak.
  4. Bobot/postur tubuh yang betina lebih besar dari jantan.

Setelah bibit didapat dan sebelum dilepaskan pada kandang ternak, Bibit harus disuntik dulu dengan vaksin agar bibit tidak stress dan tercegah dari penyakit.

Pemberian Pakan Dan Cara Membuat Pakan

Pemberian pakan yang baik adalah salah satu kunci utama sukses atau tidaknya peternak puyuh, Karena dengan memberi pakan yang berkualitas tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Membuat pakan sendiri akan mengurangi ketergantungan dengan pakan buatan pabrik.

Namun bukan berarti 100% meninggalkannya. Dengan jumlah nutrisi yang sama diharapkan formula ini akan tetap mampu memenuhi kebutuhan energi bagi ternak burung puyuh Anda.

Berikut campuran formulanya :

  1. Konsentrat khusus burung puyuh buatan pabrik (50 kg)
  2. Dedak halus (15 kg)
  3. Jagung halus (35 kg)

Dari racikan di atas, Anda bisa mencapur bahan pakan menggunakan mesin pembuat pakan ayam. Diperoleh jumlah besaran protein dan kalori yang sesuai dengan kebutuhan burung puyuh untuk bertelur, yaitu 2700 kkal dan sekitar 22% protein dari keseluruhan.

Masa panen dan pemasaran

Cara Ternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

Saat panen tiba para pemula biasanya masih menemui kendala yaitu dengan pemasaran, jika panen dengan skala kecil itu adalah suatu hal yang sepele, karena kita dapat menjual hasil panen pada tetangga sekitar atau menitipkan pada pedagang sayur.

Tetapi jika kita panen dalam skala besar tentu kita akan dibuat bingung sendiri, untuk menghindari hal itu, sebelum memulai beternak puyuh petelur, anda harus mencari pembeli atau pengepul yang siap membeli hasil ternak anda. Atau bisa juga bergabung dengan koperasi petani untuk mempermudah penjualan hasil panen kita.

Demikian penjelasa tentang cara beternak puyuh petelur untuk pemula, semoga dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *