Categories
Uncategorized

Cara Bikin Smoothie Bowl Yang Lagi Hits Di Medsos, Gampang Banget!

Halo semua, tema artikel  kali ini adalah cara bikin smoothie bowl.  Bagi Anda yang sering berselancar di media sosial pastinya sering melihat postingan-postingan bowl atau mangkuk yang berisi buah-buahan segar dengan tampilan yang cantik? Semua makanan atau minuman sehat itu emang menggiurkan sekali dari sisi tampilan, dan tentu juga dari khasiatnya, percaya tidak?

Dialnsir dari Detik Food, Ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa sajian ini dikatakan lengkap karena dalam proses pembuatannya terdapat protein yang bisa didapatkan dari susu, kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Sedangkan lemak baiknya juga didapatkan dari biji-bijian dan alpukat serta seratnya juga terpenuhi karena dicampur dengan buah-buahan.

Kalau dibandingkan dengan makanan lengkap, porsi smoothie ini juga punya kalori yang lebih rendah. Hal ini karena smoothie cuma mengandung karbohidrat yang berasal dari buah bukan pati (kayak jagung dan nasi). Cara membuat smoothies bowl ini tergolong cukup mudah lho. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk membelinya di kafe, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara bikin smoothie bowl yang lagi hits.

Cara Bikin Smoothie Bowl

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga merah
  • 2 buah pisang
  • 2 buah mangga
  • 10 buah stroberi
  • 100 ml susu low fat
  • 1 sdm madu
  • 1 buah kiwi
  • 70 gr granola
  • 100 gr oatmeal pisang

Cara-Cara Bikin Smoothie Bowl:

  1. Siapkan buah, potong buah stroberi, mangga, pisang dan buah naga.
  2. Masukkan buah-buahan yang sudah dipotong ke dalam blender
  3. Masukkan oatmeal instant, susu low fat, dan madu, lalu blender hingga lembut.
  4. Siapkan topping, iris tipis buah stroberi, kiwi, pisang dan mangga.
  5. Tuang smoothie dalam mangkuk saji.
  6. Susun topping di atas smoothie.
  7. Siap disajikan. Jika ingin smoothie yang dingin, Anda bisa memasukkanya ke dalam lemari pendingin minuman.

Cara Umum Memilih Buah yang Baik dan Segar

1. Warna Kulit

Setiap jenis buah, bahkan setiap varietasnya, memiliki warna kulit khas. Biasanya, buah yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya dari hijau gelap menjadi kuning, merah, atau ungu.

2. Kesegaran Dan Kebersihan Kulit

Buah yang baik terlihat segar, kulitnya berkilap, tidak keriput, dan tidak terdapat noda, baik noda bekas gigitan serangga maupun noda getah.

3. Ukuran Dan Bentuk Buah

Umumnya pada saat layak petik, buah memilikiukuran maksimum dengan bentuk yang khas pula. Selain ukuran, bentuk dapat dijadikan patokan untuk menentukan mutu buah. Buah yang baik memiliki bentuk sesuai dengan bentuk baku normalnya. Buah cacat atau tidak normal akan mempunyai rasa yang kurang enak pula.

4. Kerapatan Rambut Atau Duri

Buah yang berambut atau berduri telah layak dipetik untuk dikonsumsi apabila rambut atau durinya telah merenggang.

5. Kekerasan

Kekerasan buah dapat dirasakan melalui pijatan jari. Buah yang matang dan siap dikonsumsi relative lebih lunak daripada buah yang masih mentah. Buah yang baik mempunyai kekerasan merata. Contoh yang paling jelas pada jeruk. Bila kekerasannya tidak merata, maka sebagian dari daging buahnya akan berbeda rasanya.

6. Bunyi Ketukan

Semangka dan alpukat yang masih muda bila diketuk dengan jari berbunyi relatif lebih nyaring (seperti tepukan di dahi) daripada yang sudah matang (seperti tepukan di dada), atau yang terlalu matang (seperti ketukan di perut).

Nah itulah beberapa cara memilih buah yang baik dan segar dan cara bikin smoothie bowl yang lezat dan mudah sekali Anda buat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *