Categories
Uncategorized

Cara Buat Jenang Grendul Ketan Makanan Manis Untuk Berbuka Puasa

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai beragam kuliner khas, pada saat bulan Ramadan tiba ada beberapa sajian yang bisa ditemukan dengan mudah.

Salah satu di antara banyaknya kuliner khas Yogyakarta yang jadi favorit masyarakat pada saat bulan puasa adalah Jenang Grendul Ketan.

Jenang Grendul Ketan

jenang grendul

Jenang Grendul Ketan ini kerap menjadi pilihan makanan untuk berbuka puasa bagi masyarakat Yogyakarta karena rasa dan tekstur yang ditawarkan.

Terbuat dari tepung ketan, tepung beras, santan dan gula merah, Jenang Grendul Ketan ini memiliki tekstur yang lembut menjadikanya mudah untuk dicerna.

Rasanya yang manis sangat cocok membuat sajian ini menjadi kudapan yang nikmat saat dimakan untuk berbuka puasa. Warnanya yang tampak menarik juga membuat banyak orang lebih tertarik dan berselera ketika buka puasa.

Pada saat bulan Ramadan, banyak sekali orang di kawasan Yogyakarta yang menjajakan Jenang Grendul sebagai takjil.

Jenang Grendul, makanan ini memiliki nama lain yang terkenal yaitu Bubur Candil. Perbedaan dari keduanya adalah penggunaan air kapur di dalam pembuatan Jenang Grendul. Namun walaupun memiliki perbedaan bentuk dari Jenang Grendul ini sendiri mirip sekali dengan Bubur Candil yang bulat-bulat dengan tekstur yang kenyal dan manis yang dibanjur dengan kuah santan dan air gula merah.

Membuat Jenang cukup mudah dalam proses pengolahannya. Resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Jika kamu tidak ingin keluar rumah, kamu juga bisa membuat dan mempelajari berbagai macam resep dan cara membuat jenang dirumah seperti resep jenang ketan, cara membuat jenang tape atau cara membuat jenang grendul ketan dirumah. Jika kalian memang berminat buat jenang grendul ketan ini, berikut saya paparkan beberapa Resep Jenang Grendul Ketan yang bisa langsung kalian coba di rumah karena cara memasaknya yang praktis dengan bahan yang mudah ditemukan.

Resep dan Cara Membuat Jenang Grendul Ketan

buat jenang grendul

Jenang Grendul Ketan Sederhana

Bahan :

  • 250 gr tepung ketan putih
  • 225 ml air hangat
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • 150 gr gula merah, sisir
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • 400 ml air putih biasa

Bahan Kuah :

  • 125 ml santan kental
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

Cara Buat Jenang GrendulĀ  Ketan :

  1. Taruh tepung ketan dalam wadah, lalu tambahkan dengan sedikit garam dan air kapur sirih lalu aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan dapat di pulung. Bentuk bulat bulat kecil lakukan hingag semua adonan tepung terbentuk bulat, sisihkan.
  3. masak air bersama dengan gula merah dan daun pandan hingga mendidih, setelah mendidih, masukkan bulatan tepung ke dalam kuah, lalu rebus hingga matang dan adonan terapung.
  4. Campur sedikit sisa tepung dengan sedikit air, aduk hingga rata. lalu tuang ke dalam adonan grendul.
  5. Masak terus hingga adonan mengental sambil terus di aduk. Setelah mengental, angkat.
  6. Untuk membuat kuah : didihkan santan sambil di tambahkan dengan garam dan daun pandan lalu masak hingga mendidih dan mengental, angkat dan dinginkan.
  7. Sajikan jenang grendul dengan siraman kuah santan.

Nah itulah tadi mengenai resep dan Cara Buat Jenang Grendul Ketan yang disertai dengan langkah-langkah dalam pengolahannya.

Bagaimana sobat pembuatan Jenang ini memang sangat mudah bukan, nah oleh karena itu Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri dirumah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba mempraktikan. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *