Categories
Uncategorized

Cara Membuat Dodol Nangka Dirumah Dengan Mudah

Dodol camilan yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut dan kenyal membuat dodol disukai banyak orang. Beberapa daerah di Indonesia mempunyai olahan dodolnya sendiri dengan ciri khasnya masing-masing daerah. Namun, tak semua daerah memiliki olahan dodol.

Saat ini camilan dodol lebih dikenal dengan nama dari daerah asal tempat dodol tersebut dibuat seperti dodol garut, dodol kudus atau jenang kudus, gelamai Sumatra barat dan Kalimantan. Sedangkan dodol buah-buahan yang banyak di kenal seperti dodol apel, dodol stroberi, dodol nangka, dan sebagainya.

Dodol Nangka

dodol nangka

Dodol nangka merupakan makanan tradisional yang sangat khas dari Indonesia. Dilihat dari namanya dodol ini dibuat dengan bahan dasar daging buah nangka yang sudah matang lalu diolah dengan berbagai macam bahan tambahan lainnya misalnya seperti gula pasir atau gula batu sehingga membuat dodol ini memiliki rasa yang enak, kenyal dan lembut.

Dodol nangka, makanan ini dapat dijadikan sebagai cemilan yang biasa disajikan ketika sedang santai nonton tv atau berkumpul bersama keluarga. Mungkin anda penasaran bahkan sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui tentang bagaimana proses dan cara pembuatan dodol nangka. Yang pastinya sangat mudah untuk proses pembuatan dodol nangka ini.

Membuat Dodol dikenal cukup mudah namun sangat memakan banyak waktu. Pada umumnya pepmbuatan dodol bisa memakan waktu hingga berjam-jam jika dan adonan dodol harus terus di aduk agar tidak menjadi kerak. Jika kita mengaduk dodol dengan waktu berjam-jam pasti akan melelahkan sekali maka dari itu disarankan menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan salah satu alat yang membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat dodol.

Cara membuat dodol pun terbilang mudah meski membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dengan mengetahui resep dan cara membuat dodol, Anda dapat menikmati dodol buatan sendiri di rumah.

Resep dodol yang paling terkenal adalah resep dodol garut namun pada artikel kali ini kita akan memberikan rsesep dan cara membuat dodol nangka. jika kalian ingin mengetahui resep makanan lainya seperti resep membuat jenang sumsum kalian bisa langsung mengunjungi web ini tarijame.com

Kalau daerahmu termasuk susah menemukan dodol, kamu bisa membuatnya sendiri, kok. Berikut resep dan cara membuat dodol berikut ini bisa jadi inspirasi:

Resep dan Cara Membuat Dodol Nangka

membuat dodol

Resep Dodol Nagka

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Siapkan 1 kg buah nangka manis yang sudah matang
  • Siapkan 200 ml minyak goreng
  • Siapkan 500 gr gula pasir atau gula batu yang telah dihancurkan
  • Siapkan 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Dodol Nangka :

  1. Tahap awalnya, ambil satu persatu buah nangka yang sudah disiapkan
  2. Setelah itu, pisahkan daging buah nangka dengan bijinya ( lakukan hingga selesai )
  3. Kemudian potong kecil-kecil buah nangka yang sudah terpisah dengan bijinya
  4. Selanjutnya menyiapkan satu buah wajan ukuran sedang lalu masukkan semua irisan buah nangka kedalamnya
  5. Tuangkan minyak goreng kedalam wajan yang sidah berisi nangka sambil dimasak diatas api
  6. Tambahkan gula pasir dan juga vanili bubuk kedalam campuran buah nangka yang sedang dimasak
  7. Kemudian aduk-aduk terus hingga semua bahan dapat tercampur rata dan halus hingga mengental dan bertektur kenyal
  8. Jika sudah mengetal tuangkan adonan kedalam nampan plastik yang sudah dioles dengan sedikit minyak sambil diratakan
  9. Tunggu hingga dodol nangka dingin lalu potong-potong dengan ukuran sesuai selera yang Anda inginkan
  10. Bungkus dengan plastik atau kertas wajik hingga semuanya selesai
  11. Dodol nangka kenyal siap untuk disajikan

Itulah tadi mengenai resep dalam membuat dodol nangka yang disertai dengan langkah-langkah dalam pengolahannya.

Bagaimana sobat pembuatan dodol nangka memang sangat mudah bukan, nah oleh karena itu Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri dirumah.

Berbekal dengan resep yang telah kami berikan diatas tadi, tentu akan membuat Anda akan lebih mudah dalam membuatnya sendiri dirumah. Ketika Anda sudah benar-benar dalam lihai dalam membuatnya dan hasil dodol nangka yang dihasilkan bisa lebih enak, maka Anda bisa langsung terjun dalam menjalani peluang usaha dodol nangka tersebut. Menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di sarankan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal. Siapa tahu dengan menjadi pengusah camilan dodol anda bisa memperoleh keuntungan yang sangat fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *