Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik banyak dicari oleh masyarakat untuk mengolah sampah atau limbah plastik menjadi barang yang bermanfaat atau kerajinan yang bernilai jual.

Cara ini dinilai lebih mudah untuk mengurangi sampah plastik yang jumlahnya meningkat setiap harinya. Dibandingkan dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik kembali.

Pada umumnya sampah plastik akan dicacah menggunakan mesin pencacah plastik untuk memperkecil ukuran sampah plastik yang nantinya akan dibawa keproses selanjutnya.

Nah dengan cara demikian biasanya diproduksi pada pabrik – pabrik besar tentunya. Berbeda dengan mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang di produksi secara rumahan.

Dan tentunya tidak memerlukan banyak biaya untuk membuat kerajinan tangan tersebut. Dikarenakan bahan dasar kerajinan yang dibuat adalah berbahan limbah plastik.

Limbah plastik ini tentu sangat mudah kita mendapatkannya karena sifat plastik ini hanya sekali pakai saja. Tentu setelah dipakai orang yang menggunakan plastik tersebut akan membuangnya begitu saja.

Berikut adalah berbagai cara membuat kerajinan dari limbah plastik, dibaca dengan teliti ya agar kerajinan yang kalian hasilkan bagus dan rapi.

Lampu Hias Menarik

Lampu hias tentu cocok banget untuk menjadi hiasan dalam kamar apalagi saat malam hari. Jika kita membeli lampu hias tersebut tentu akan mengeluarkan uang yang terbilang cukup banyak.

Jika anda menginginkan lampu hias yang menari dan sangat unik dan tidak memerlukan mengeluarkan uang yang banyak. Hanya dengan memanfaatkan sendok plastik bekas sebagai bahan dasarnya.

Tentu tidak sulit untuk mendapatkannya bahan tersebut karena banyak sekali disekitar lingkungan kita tentunya. Lampu gantung ini umumnya diletakkan pada ruang kamar, ruang tamu, bahakan di depan rumah.

Sebelum kita masuk dalam proses pembuatan lampu hias ini tentu kita mebutuhkan alat dan bahan yang lainnya untuk membuat lampu hias ini selain sendok plastik bekas.

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan

Alat Dan Bahan

  • Gunting
  • Cutter
  • Sendok plastik bekas ( usahakan yang banyak dan berwarna putih)
  • Lem tembak
  • Lampu beserta sangkar lampu
  • Botol plastik ( Usakan yang memiliki ukuran besar)
  • Kabel beserta colokan
  • Ambil botol bekas yang telah kalian siapkan, lalu potong pada bagian bawah sesuai keinginan kalian ya. Hanya bagian atas botol hingga kebawah yang diperlukan untuk membuat lampu hias ini ya teman.
  • Rekatkan sendok plastik bekas yang telah kalian potong menggunakan lem tembak. Mulai dari bagian botol plastik bawah hingga terus hingga mengelilingi botol dengan sempurna.
  • Ambil kabel yang telah disiapkan dan masukkan kabel tersebut dari bagian bawah botol plastik, secara perlahan agar kabek tidak tertekuk.
  • Sambungkan colokan yang disiapkan dengan sangkar lampu
  • Pasanglah lampu.
  • Sudah selesai, lampu hias pun sudah bisa digunakan.

Jadi bagaiman menurut kalian ide untuk membuat lampu hias menggunakan bahan botol plastik bekas dan sendok plastik bekas. Dari pada membiarkan barang tersebut menumpuk dan terbuang.

Lebih baik kita memanfaatkannya dengan membuatnya menjadi kerajinan, selain untuk memperindah rumah tentu saja dengan membuat kerajinan kita bisa mengurangi sampah plastik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari ide untuk mengolah sampah sendok plastik yang ada dirumah kalian. Terimasih telah membaca artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *