Categories
Uncategorized

Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Dimasak dengan Kualitas Yang Baik

Pada saat ini banyak orang ingin membuat minyak kelapa sendiri. Tapi banyak orang tidak tau cara membuatnya. Berikut ini salah satu cara membuat minyak kelapa tanpa dimasak atau fermentasi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga virgin coconut oil. Virgin coconut oil  ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan virgin coconut oil sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Cara Buat Minyak Kelapa Dengan Fermentasi Atau Tanpa Dimasak

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat.

1. Pilihlah kelapa yang bekualitas baik matang dan juga segar.

2. Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.

3. Dari hasil parutan tersebut segera kita tuangkan ke botol atau wadah diamkan selama 24 jam dalam ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah.

4. Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

Hasilnya adalah terbentuk 3 lapisan yakni: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

Manfaat Minyak Kelapa

1. Baik Untuk Penderita Kolestrol Tinggi

Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sehingga cara membuat minyak kelapa diduga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Akan tetapi, sebagian penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung.

Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa dianggap baik bagi penderita obesitas.

Kandungan lemak jenis MCT pada minyak kelapa, diperkirakan bisa menurunkan berat badan. Namun, kamu tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik.

Untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.

3. Melembabkan Kulit

Minyak kelapa dapat dijadikan pelembab yang ringan untuk kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi.

Menggunakan cara membuat minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu melembapkan kulit.

4. Diabetes

Minyak kelapa dapat memberikan dampak yang baik pada penyakit diabetes, karena dipercaya mampu membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin.

Namun karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa murni ini bisa membuat manusia memiliki sistem percenaan yang lebih baik untuk membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis-jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Sebagian studi telah menguji bahwa MCT dalam kandungan Minyak kelapa murni benar-benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, Bisa dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme tubuh kita.

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi Minyak kelapa murni dapat membantu melawan penyakit karena kandungan yang ada di dalamnya menjadi anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya.

Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau terinfeksi apapun, cobalah untuk mengonsumsi minyak kelapa ini.

Nah, Itulah cara membuat minyak kelapa tanpa dimasak atau fermentasi. Manfaat dari minyak kelapa juga sangat banyak. Sekarang minyak kelapa juga sudah banyak yang menjualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *