Categories
Uncategorized

Cara Membuat VCO Agar Tidak Tengik Dan Baik Untuk Di Konsumsi

Sekarang banyak orang yang tidak tau cara membuat VCO agar tidak tengik. Solusinya kita bisa melakukan beberapa hal untuk mencegahnya. Cara membuat VCO agar tidak tengik atau awet sangat mudah.

Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa murni atau ekstra virgin coconut oil (VCO) menjadi tren dan berkembang dalam satu dasawarsa terakhir.

Minyak sarat manfaat ini memang digemari karena beragam fungsinya, mulai dari kesehatan sampai kecantikan.

VCO atau minyak kelapa ini merupakan minyak yang dibuat tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet.

Karena dibuat tanpa bahan pengawet, tentu daya tahan minyak kelapa lebih rendah dibandingkan dengan minyak lain.

Meskipun demikian, minyak kelapa yang Anda beli di distributor minyak kelapa maupun diolah sendiri juga mampu bertahan dalam waktu lebih lama apabila disimpan di tempat yang tepat.

Cara Menyimpan Minyak Agar Awet

Secara umum, minyak kelapa berkualitas mampu bertahan hingga 1 tahun, dengan syarat dilakukan penyimpanan yang tepat. Berikut ini cara penyimpanan yang tepat:

1. Tempatkan Pada Botol Bersih

Jika Anda membeli minyak kelapa pada toko maupun distributor minyak kelapa minyak yang Anda beli sudah aman dalam botol yang bersih.

Lalu bagaimana jika Anda membuat minyak kelapa sendiri? Apabila Anda mengolah minyak kelapa sendiri, maka siapkan botol yang bersih sebagai tempat menyimpan hasi pengolahan minyak kelapa yang Anda buat tersebut. Hal ini untuk menjaga kehigienisan minyak kelapa.

2. Tuangkan Minyak Saat Menggunakan

Tuangkan minyak kelapa secara langsung ke wadah lain jika ingin menggunakan.

Jangan memasukkan sendok ke dalam botol karena berisiko terjadi kontaminasi bakteri dari sendok ke minyak kelapa yang tersimpan dalam botol. Bakteri tersebut dapat mempengaruhi daya tahan minyak kelapa.

3. Tutuplah Botol Dengan Rapat

Setelah menuangkan minyak kelapa untuk kebutuhan memasak atau yang lainnya, segeralah tutup kembali botol tersebut. Apabila Anda membeli minyak kelapa dengan botol yang besar, lebih baik pindahkan sedikit ke dalam botol kecil sehingga lebih mudah menggunakannya.

Hal ini untuk menjaga agar kualitas minyak di dalam botol besar tetap terjaga karena jarang dibuka. Gunakan minyak di dalam botol kecil terlebih dahulu dan isilah kembali ketika habis.

4. Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Untuk menjaga daya tahan minyak kelapa, hindari menyimpan minyak kelapa di ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

Simpan di tempat yang sejuk dan bersih dari jangkauan serangga. Jauhkan pula dari daerah yang mudah terkena percikan air.

Begitulah cara menyimpan VCO yang baik dan benar, sehingga minyak kelapa lebih awet dan bertahan lama.

Tanda VCO Yang Buruk

Penyimpanan yang salah dapat merusak kualitas minyak kelapa. Minyak kelapa yang sudah rusak atau berkualitas buruk memiliki tanda-tanda seperti: aroma tengik, bau busuk, mengental dan berwarna kekuningan saat dicairkan, memiliki rasa asam, dan terhadap endapan pekat di bawah botol.

Apabila minyak kelapa yang Anda miliki mengalami tanda-tanda tersebut, berhati-hatilah karena minyak sudah tidak sehat lagi. Anda dapat mengganti minyak tersebut dengan minyak kelapa yang baru.

Untuk mendapatkan minyak kelapa berkualitas dan asli, waspadalah saat membeli produk ini. Pastikan Anda membeli di agen atau toko resmi dan terpercaya. Banyak produk berlabel minyak kelapa murni, namun ternyata dibuat dengan tambahan bahan pengawet.

Nah, itulah beberapa cara membuat VCO agar tidak tengik yang tepat agar lebih tahan lama dan tidak berbau. Jaga kualitas VCO agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *