Categories
Uncategorized

Cara Pelihara Ayam Petelur Untuk Peternak Pemula

Ayam petelur merupakan hewan ternak yang banyak diminati oleh masyarakat. Berikut adalah ulasan singkat mengenai cara pelihara ayam petelur untuk peternak pemula.

Apa Itu Ayam Petelur? 

apa itu ayam petelur?

Cara pelihara ayam petelur-Ayam petelur adalah ayam betina yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Secara historis, ayam petelur merupakan jenis ayam yang hidup di hutan dan dipelihara oleh masyarakat desa.

Ayam petelur terpilih digunakan sebagai plasma nutfah untuk dijadikan benih berkualitas. Dan berikut adalah ulasan singkat mengenai cara pelihara ayam petelur.

Cara Pelihara Ayam Petelur

cara pelihara ayam petelur

1. Pakan Untuk Ayam Petelur

Agar ayam tumbuh sehat dan menghasilkan telur berkualitas tinggi. Anda dapat membuat pakan ayam sendiri menggunakan mesin pembuat pakan ayam atau juga bisa menggunjungi situs berikut untuk melihat cara membuat pakan ayam petelur .

Anda dapat memilih di antara berbagai jenis pakan. Jenis pakan ayam kualitas yang biasanya digunakan oleh peternak adalah jagung, tepung ikan, dan konsentrat.Ketiga jenis pakan ini tinggi protein dan nutrisi untuk ayam.

Pemberian pakan bibit ayam dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap awal dan finishing. Pemberian pakan pada empat minggu pertama, sedangkan kelulusan terjadi pada minggu kelima hingga keenam

.Untuk meminumnya, selain udara, peternak perlu memberikan obat anti stres. Obat ini bisa dicampurkan langsung ke dalam minuman. Jangan lupa tambahkan sedikit gula agar airnya tidak terasa terlalu pahit.

2. Mengenali Ciri Fisik Ayam yang Baik

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melihat tampilan fisik. Ciri fisik yang diamati adalah kepala dan wajah, jengger dan pial, mata, tulang kemaluan, kloaka, bulu badan dan kaki.

  1. Kepala dan wajah: halus, lebar, merah dan cerah
  2. Jengger: halus, lebih lebar, lembab dan merah
  3. Mata: bercahaya dan cerah
  4. Tulang pubis: kecil, kenyal, elastis dan terpisah lebar
  5. Perut: halus, penuh dan elastis
  6. Saluran pembuangan: lebar, basah dan pucat
  7. Kulit: tipis, halus dan kendur
  8. Badan: lebar
  9. Bulu: lengkap, padat dan berkilau
  10. Kaki: panjang, ringan dan kuat.

3. Perawatan Kandang Untuk Ayam Petelur

Cara pelihara ayam petelur selanjutnya adalah dengan melihat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam merawat ayam terutama yang berhubungan dengan kandang.

Kebersihan kandang menjadi hal penting yang harus menjadi prioritas. Kandang yang bersih menghasilkan telur berkualitas tinggi dan memperlancar proses penjualan.

Ayam yang hidup pada kandang bersih dari stres sehingga panen telur tidak tidak dan kita tidak rugi.

Pembersihan kandang dari kotoran harus dilakukan setiap hari.Beberapa peternak ayam membangun keramba pada kolam ikan agar lebih mudah dibersihkan.

4. Pemberian Vaksin pada Ayam

Kesehatan ayam merupakan hal utama yang perlu kita waspadai, karena mereka yang terlibat dalam ayam petelur juga perlu untuk vaksinasi.

Pemberian vaksin mencegah untuk mencegah dan mengendalikan penyakit akibat virus. Vaksinasi bekerja untuk menciptakan perjuangan pada ayam petelur.

Pemberian vaksinasi secara rutin sangat penting untuk mencegah penyakit. Sementara itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur dapat diobati dengan suplemen makanan organik cair.

5. Masa Panen Ayam Petelur

Ayam petelur hanya menghasilkan telur setelah sekitar 4 bulan. Kemudian, ayam petelur menghasilkan telur setiap hari dan Anda bisa memanen atau mengumpulkannya.

Namun, Anda tidak boleh langsung memasarkan telurnya. Sebaiknya sortir dulu dan pisahkan telur yang berkualitas baik dari yang tidak normal.

Telur abnormal biasanya lebih besar,atau terlalu lonjong atau pipih. Untuk meraup untung besar, hanya telur kualitas tinggi yang nantinya bisa terjual ke pasar atau tengkulak.

Jenis-jenis Bibit Ayam Petelur dengan Kualitas yang Tinggi

jenis-jenis ayam petelur

1. Ayam hibrida (Ras Ayam Petelur Coklat)

2. Ras Ayam Petelur Putih

3. Ayam Ross Brown

Bagi kalian yang ingin beternak kambing bisa pelajari artikel cara ternak kambing modern juga loh. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam beternak ayam petelur yaa. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *