Categories
Uncategorized

Berbagai Metode atau Cara Pembuatan Minyak Atsiri

Hallo semuanya, selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi atau meng klik website ini. Semoga dengan adanya website ini dapat bermanfaat dan membantu ya pastinya. Enjoy!

Gimana si cara pembuatan Minyak Atsiri? Apakah bisa ya dibuat di rumah? Heumm…

Oke, jadi pembuatan Minyak Atsiri ada berbagai macam cara, dan yang pastinya bisa dibuat dirumah jika ada bahan yang lengkap dan alat, salah satunya adalah alat destilasi minyak atsiri, kemudian juga lingkungan yang mendukung pula dibutuhkan.

Cara Pembuatan Minyak Atsiri

Proses produksi Minyak Atsiri dapat dilakukan melalui 3 cara, yaitu:

  • Pengempaan (pressing),
  • Ekstraksi menggunakan pelarut (solvent extraction)
  • Penyulingan (distillation).

Dan faktanya, penyulingan merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan Minyak Atsiri.

  • Cara Destilasi

Untuk caranya tergantung juga dengan kondisi tananam masing-masing. Nah untuk cara destilasi ini memiliki 3 jenis juga, ada :

    • Destilasi Air (Water Distilation)

metode destilasi air

Destilasi ini disebut juga dengan metode perebusan. Dalam proses perebusan inilah Minyak Atsiri akan menguap bersama uap air. Dan untuk mengumpulkannya dibutuhkan alat yang berupa kondensor untuk dikondensi. Alat yang digunakan dalam metode ini disebut juga dengan alat suling rebus. Dan, bahan yang biasa di proses dengan metode ini adalah bunga mawar dan bunga jeruk.

    • Dengan Air dan Uap (Water & Steam Distilation)

Destilasi Uap Air - Pengertian, Alat yang Digunakan serta Penjelasannya

Bahan yang menggunakan dengan metode ini tidak terkena langsung dengan air, melainkan diberi sekat antara air dan simplisia yang biasa disebut dengan angsang.

Prinsip dari metode ini yaitu air mendiidh dan uap akan membawa partikel Minyak Atsiri untuk dialirkan ke kondensor, dan kemudian al at pemisah secara otomatis air dan minyak akan terpisah, dikarenakan adanya perbedaan berat jenis, yang dimana berat jenis minyak lebih kecil dibandingkan berat jenis air, sehingga minyak berada di posisi atas dan air dibawah.

Kelebihan dari metode ini yaitu alatnya sederhana, sehingga bisa menghasilkan Minyak Atsiri dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga sangat efisien dalam penggunaan, dan minyak yang dihasilkan juga tidak mudah menguap karena pembawanya adalah air yang tidak mudah menguap pada suhu kamar/ruang.

    • Uap Langsung

metode uap langsung

Prinsip kerja menggunakan metode ini yaitu bahan-bahan dialiri dengan suatu pembangkit uap. Dan, alat yang digunakan disebut biasa dengan nama alat suling uap langsung.

Uap yang dihasilkan dengan metode ini akan memiliki tekanan yang lebih besar, dan kemudian dialirkan menuju alat penyulingan sehingga Minyak Atsiri akan terbawa oleh aliran uap air yang dialirkan tersebut ke kondensor untuk dikondensasi.

  • Fraksinasi

Peresmian Alat Fraksinasi Minyak Nilam dan Pabrik Distilasi Molekuker - YouTube

Yang merupakan salah satu penyulingan suatu cairan tercampur sempurna, sehingga nanti hanya membentuk suatu lapisan. Ada 3 metode dari Fraksinasi :

    • Kohobasi

Yaitu proses penyulingan yang diulang atau lakukan kembali, kemudian dimasukkan kembali ke ketel, untuk diproses ulang, kemudian menjadi kukus yang dilewatkan menuju tabung destilasi.

    • Rektifikasi

Yaitu cara pemurnian dengan memakai steam atau vacuum.

    • Destilasi Fraksinasi

Yaitu mengumpulkan Minyak Atsiri secara batch atau menurut fraksinya.

Itulah beberapa metode atau cara pembuatan minyak atsiri. Dan untuk informasi lainnya bisa kunjungi Membuat Minyak Atsiri Sendiri, Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana, Pembuatan Minyak Atsiri.

Mohon maaf apabila masih ada kekurangan atau kesalahan di dalam artikel ini, jika ada saran atau kritik bisa disampaikan dikolom komentar bawah.

Dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada yang lain ya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *