Cara Ternak Ayam Bangkok Aduan Yang Bagus

Cara ternak ayam bangkok aduan yang bagus. Ayam bangkok sudah tidak asing lagi dikalangan para pecinta ayam bangkok aduan. Sesuai dengan namanya, ayam tersebut berasal dari Thailand dan telah di akui menjadi salah satu jenis ayam petarung berkualitas. Ayam ini mempunyai karakter petarung dan mental yang kuat seperti ayam liar yang bertarung hingga lawannya mengaku kalah untuk mempertahankan wilayahnya.

Cara Tenak Ayam Bangkok Aduan

Cara Ternak Ayam Bangko Aduan Yang Bagus

Meski ayam ini sangat diminati dan populer dikalangan pecinta ayam, namun ternyata banyak orang menganggap cara beternak ayam bangkok kurang menguntungkan. Sebab keuntungan yang dihasilkan dianggap tak seperti ternak ayam petelur maupun ayam pedaging yang permintaannya cukup tinggi di pasaran.

Namun ternak ayam bangkok tak bisa diremehkan begitu saja, sebab ternak ayam jenis ini berpotensi juga bisa menghasilkan keuntungan berlimpah jika dilakukan secara tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk beternak ayam bangkok yang bisa kita coba, antara lain :

1. Memilih Indukan Berkualitas

Kunci dari keberhasilan ternak ayam bangkok ialah pemilihan induk ayam yang berkualitas. Sebaiknya, pilihlah induk yang terlihat aktif, lincah, sehat, tidak cacat fisik atau sakit. Kualitas bibit nantinya dipengaruhi dari kualitas induk ayam dan beberapa faktor lainnya.

2. Kandang Ayam Bangkok Aduan

Cara Ternak Ayam Bangko Aduan Yang Bagus

pada dasarnya ada tiga jenis kandang yang digunakan oleh para peternak ayam bangkok, yaitu kandang umbaran,
postal, dan tidur. posisi kandang tersebut tak boleh sembarangan sebab ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Lokasi kandang ayam bangkok harus berjarak minimal 5 m dari kandang ayam lainnya, apabila ada ayam jenis lain yang dipelihara.
  • Usahakan tanah tempat berdirinya kandang memiliki kontur datar dan ada beberapa pohon pelindung di sekitarnya. Tujuannya supaya sirkulasi udara dan sinar matahari ke dalam kandang ayam tetap terjaga dengan baik.
  • Pastikan kandang memiliki saluran air yang lancar tanpa sumbatan apapun sehingga ketika hujan tidak menggenangi lingkungan sekitarnya atau jadi sarang nyamuk.
  • Pilih lokasi kandang yang berumput, karena pada dasarnya ayam menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat tubuh
    Kandang harus menghadap ke arah matahari terbit dan sejalur dengan arah angin agar terhindar dari berbagai penyakit yang ada di luar kandang.
  • Beri pagar pada kandang secara permanen menggunakan semen dan batu bata. Jika ingin lebih hemat, pagar bisa dibuat dari bambu ataupun kawat.

3. Pakan Ayam Bangkok Aduan

Pakan ayam bangkok untuk aduan harus diberikan dengan teratur. Karena dengan pemberian pakan yang bagus dan teratur maka perkembangan dari ternak anda juga akan menjadi baik. Pakan dengan kandungan nutrisi yang baik.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda harus memberikan pakan yang cukup baik untuk ternak anda. Ternyata ada banyak sekali jenis pakan ayam yang bermanfaat bagi perkembangan ayam ternak anda selain dari dedak dan pelet.

Pakan ini dapat dibuat sendiri dengan bahan sederhana dan mesin pembuat pakan ayam sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

a. Tepung Ikan

Berasal dari ikan yang sudah dikeringkan dan kemudian digiling menjadi halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini bergantung dari jenis ikan yang digunakan.

b. Tepung Bulu Unggas

Bahan ini memang cukup jarang ditemui dipasaran karena tingkat kesulitan dalam pengolahannya. Pakan ini dibuat dengan cara merebus bulu ayam dengan suhu yang sangat tinggi kemudian dikeringkan lalu digiling hingga menjadi sangat halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini sangatlah tinggi seitar 85%.

c. Jagung

Jagung merupakan pakan yang cukup digemari oleh para peternak karena jagung memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Memiliki beberapa jenis diantaranya adalah jagung kuning, jagung merah dan jagung putih. Pakan jenis ini mengandung banyak sekali proVitamin A dan sedikit serat kasar

4. Pemberian Suplemen

Anakan ayam bangkok yang telah berusia 1-4 bulan sudah bisa diberi pakan dengan komposisi yang berbeda berupa campuran beberapa pakan. Bahan yang bisa kita campurkan adalah susu bubuk untuk bayi dan pur dengan perbandingan sebanyak 1:5.

Pemberian suplemen semacam ini berguna untuk pembentukan tulang, bulu, otot, dan bagian tubuh anak ayam lainnya. Dengan begitu, pertumbuhan anak-anak ayam bangkok pun akan lebih sehat dan optimal.

5. Pencabutan Bulu Anak Ayam Bangkok

Cara Ternak Ayam Bangko Aduan Yang Bagus

Perlu diketahui, anak ayam Bangkok yang memiliki bulu terlalu lebat justru menghabiskan porsi gizi dari asupan makanan yang diterima oleh tubuhnya. Jadi jangan heran jika hampir semua peternak ayam bangkok selalu mencabut sebagian bulu anak ayam tersebut ketika mencapai usia tiga minggu.

Namun pencabutan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Bulu yang dipotong hanya pada bagian sayap ataupun ekornya. Ketika anak ayam mencapai usia dua bulan, maka bulu-bulu yang rontok di sekitar area punggung dan leher juga harus dicabut. Pencabutan ini bertujuan agar penyerapan makanan bisa lebih optimal untuk perkembangan ayam-ayam tersebut.

6. Perawatan Intensif Ayam Bangkok Agar Produktif

Alangkah lebih baik jika ayam bangkok dipelihara di dalam kandang khusus mulai dari awal sampai usia enam bulan. Selain itu, bisa juga ayam-ayam ini tetap ditempatkan di kandangnya hingga bulu rawis dan bulu di sekitar area leher tumbuh.

Hal ini dilakukan demi menghindari hilangnya energi pada tubuh ayam karena terlalu banyak beraktivitas. Jika ingin tetap memberikan ayam-ayam tersebut waktu khusus untuk sekadar berlarian, beri waktu sekitar 30 menit setiap harinya.

sekian dulu yang bisa saya sampaikan tentang Cara ternak ayam bangkok aduan yang bagus. semoga dapat membantu anda, terima kasih

 

Leave a Comment