Categories
Uncategorized

Cara Ternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan Terbuat Dari Alami

Untuk artikel kali ini akan saya bagikan tentang cara ternak kambing modern yang sangat mudah dan sederhana namun unggul dalam segalanya daripada cara beternak kambing yang masih menggunakan konsep konvensional.

Daging kambing memang salah satu daging yang paling diminati dipasaran, mulai yang diolah menjadi suatu makanan hingga pedagang sate dan gule dipinggir jalan yang semuanya laris manis. Khusus di Indonesia daging kambing memang memiliki banyak cara untuk dimasak, bahkan untuk daerah tertentu memiliki resep lain untuk menyajikannya.

Dengan fakta cara ternak kambing modern tentunya dapat membaca peluang usaha untuk menjual daging kambing adalah sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Memang beberapa tahun sudah banyak  peternak kambing yang menjalankan usaha peternakan kambing baik dengan konsep pengembangan, penggemukan, dan juga peternak kambing susu yang keberadaanya sudah banyak disegala penjuru Negara Kita.

Untuk cara beternak kambing yang akan kita pelajari bersama disini adalah dengan konsep yang modern yang tidak memberatkan untuk pemeliharaanya. Mulai dari tenaga, waktu dan tentunya juga biaya untuk semua operasional dan pembelian pakan setiap harinya.

Selain makanan pokok kambing bisa juga menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatul  untuk pakan ternak yang bisa menjadi alternatif ternak anda. Untuk bisa diberikan ke ternak anda, sekam harus diubah menjadi bekatul. Penggilingan sekam menjadi bekatul ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling sekam.

Cara Ternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan Berbahan Alami

cara ternak kambing modern

Cara Beternak Kambing Modern Dengan Pakan Buatan

Dalam cara beternak kambing dengan menggunakan pakan buatan ini sebenarnya tidak ada hal yang rumit, semuanya sangat mudah dan bahkan sangatlah gampang karena pembuatan pakan buatan ini bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut akan saya bahas bagaimana cara membuat pakan buatan untuk pakan kambing dengan cara terbaru ditahun.

Pada dasarnya cara membuatnya adalah sama seperti yang pernah saya bahas, yaitu dengan bahan-bahan organik yang mudah didapat dan tentunya murah harganya. Sebelum saya jelaskan lebih lanjut tentang cara pembuatan pakan buatan maka sebelumnya akan kita pelajari bersama tentang bagaimana cara membuat kandang kambing.

Cara Pembuatan Kandang Untuk Ternak Kambing Modern Yang Baik

Kandang merupakan hal pertama yang harus ada keberadaanya didalam ternak kambing, dalam pembuatannya, kandang kambing ini tidaklah serumit membangun rumah atau gedung, sangat sederhana sekali karena kandang kambing bisa dibuat menggunakan material yang mudah didapat dan tentunya djuga dengan harga yang sangat murah.

Kandang yang rapi tentunya juga akan membuat kambing menjadi nyaman berada didalamnya, untuk owner sendiri tentunya juga menginginkan kandang yang rapi dan enak dipandang.

Sedangkan kandang kokoh tentunya untuk menyesuaikan aktivitas kambing yang tidak di inginkan seperti pertarungan antar penjantan atau kambing jantan yang mengejar kambing betina.

Cara Pemilihan Bibit Kambing Untuk Peternakan Kambing Modern Dengan Pakan Buatan

Untuk cara pemilihan bibit untuk ternak kambing ini harus benar benar diperhatikan agar mendapatkan bibit yang unggul sehingga keturunan atau hasil produksinya bagus dan tidak terjadi kerugian ditahap yang akan datang.

Sebelum memulai semuanya perlu disiapkan terlebih dahulu bibit-bibit kambing yang unggul dan memiliki kriteria yang baik untuk dipelihara. Untuk itu agar modal awal pembelian bibit lebih terminimalisir maka pembelian bibit dapat dibeli dipasar, namun dengan catatan calon bibit kambing ini harus memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini :

  • Bentuk tubuh tinggi, besar, gemuk dan sehat.
  • Bulu terlihat halus dan mengkilat.
  • Memiliki mata yang cerah/sehat.
  • Kambing betina harus memiliki 2 puting susu dan untuk jantan memiliki 2 testis.
  • Memiliki tulang punggung yang lurus dan tidak bengkok atau terdapat kecacatan fisik.
  • Kambing jantan akan sedikit lebih galak, sedangkan betina lebih jinak.
  • Memiliki 4 kaki yang kokoh.
  • Usia kambing ideal adalah 8-12 bulan dimana pada masa ini kambing akan siap untuk berproduksi.

Kambing yang baru dibeli memang sebaiknya diberi minum setelah beberapa menit di istirahatkan karena pada kondisi ini kambing akan haus karena perjalanan yang ditempuh, baik dengan kendaraan pengangku atau berjalan kaki tentunya kambing akan capek dan haus.

Cara Membuat Pakan Buatan Untuk Peternakan Kambing Modern

  • Dengan pakan hijau seperti ini mengalami banyak kelemahan, pakan hijau tidak berkualitas dibanding pakan buatan jika dihitung nilai gizinya dan juga biaya/waktu.
  • Pakan buatan akan lebih hemat untuk pengeluaran biaya pakan.
  • Persedian Alat dan Bahan Untuk Membuat Pakan Buatan Peternakan Kambing Moderen.
  • Bahan-bahan organik yang sudah di giling dengan takaran 100kg, bisa menggunakan jerami, kulit kopi, daun slamper (daun tebu), daun jagung, kangkung, bungkil kelapa, ampas singkong dan bahan lain yang bisa dijadikan bahan untuk difermentasi.
  • Bahan pemberi rasa manis menggunakan tetes tebu/molase dengan takaran 20-25 Liter.
  • Probiotik Viterna dan Tangguh 1 botol, bisa didapatkan ditoko peternakan.
  • Air bersih dengan takaran 250-300 Liter.

Langkah-Langkah Untuk Membuat Pakan Buatan Pada Peternakan Kambing Moderen

  • Bersihkan wadah untuk proses fermentasi, dan tempatkan wadah pada tempat yang tidak terkena hujan dan panas matahari.
  • Potong/giling dan keringkan bahan organik yang akan difermentasi.
  • Campurkan Probiotik Viterna, tetes tebu, dan air bersih sesuai dengan takaran yang saya sebutkan pada persiapan bahan diatas kedalam wadah dan jangan lupa untuk mengaduk agar merata.
  • Masukkan bahan organik kedalam wadah dan pastikan sudah di aduk secara merata, setelah merata maka injak2 agar semua bahan lebih padat.
  • Tutup wadah menggunakan plastik atau terpal dengan rapat.
  • Biarkan fermentasi hingga 7 hari lamanya, perhatikan jangan sampai dibuka sebelum waktunya dan jangan sampai terkena panas matahari atau tetesan air hujan.
  • Setelah 7 hari berjalan, pakan ini dapat diberikan langsung untuk pakan kambing, ambil pakan buatan tersebut secukupnya dan kemudian tutup kembali agar kondisi fermentasi tetap sehat.
  • Pemberian pakan buatan paling bagus diberikan 2 kali sehari antara pagi dan sore dengan takaran untuk 1 ekor kambingnya adalah dengan cara menghitung/perkiraan berat badan kambing x 3% pakan.
  • Agar lebih maksimal jika ternak kambing yang sobat jalankan berkonsep penggemukan maka bisa diberikan pakan tambahan bekatul kualitas 1 dengan takaran 0,5 kg setiap harinya (untuk kambing dewasa) pada siang hari.

Cara Perawatan Peternakan Kambing Moderen Dengan Pakan Buatan

Perawatan peternakan kambing moderen yang menggunakan konsep pakan buatan sebagai pakan utama ini lebih mudah daripada peternakan kambing yang masih menggunakan pakan hijau sebagai pakan utamanya.

Kambing pemakan pakan buatan ini akan lebih sehat, gemuk, dan tentunya memiliki daya tahan tubuh yang selalu prima karena pakan yang bergizi adalah makanan sehari-harinya.

Obat-obatan untuk penyakit kambing sangat banyak dijual ditoko-toko pakan ternak, jadi sobat tidak perlu hawatir untuk mengatasi penyakit kambing.

Dengan artikel cara ternak kambing modern dapat memudahkan peternak kambing yang ingin mencoba pakan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *