Categories
Uncategorized

Cara Ternak Kelinci Potong untuk Usaha yang Mudah dan Menguntungkan

kelinci potong bisa dijadikan usaha yang menguntungkan. Sama halnya ternak kelinci pedaging.

Seperti yang telah banyak diketahui, sekarang ini kelinci tidak hanya dijadikan hewan peliharaan saja, juga dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi.

Namun, daging kelinci yang biasanya kita makan bukan berasal dari kelinci hias.

Cara ternak kelinci potong untuk usaha cukup mudah dilakukan. Dengan pengelolaan yang baik, penyediaan kandang yang nyaman, pemberian makan yang tepat dan teratur, hingga perawatan yang baik akan membuat usaha kalian jadi menguntungkan. Cukup mudah untuk dilakukan bukan?.

Jenis Kelinci Budidaya

Sebelum mengenali cara ternak kelinci potong untuk usaha, kamu harus tahu  jenis-jenis kelinci yang biasa dibudidayakan. Hal ini berkaitan dengan potensi kelinci ternak yang berbeda-beda sesuai jenisnya. Ada yang menghasilkan daging berkualitas, kulit, hingga bulu.

Jenis Kelinci yang Dimanfaatkan Dagingnya

New Zealand White

cara ternak kelinci potong

Kelinci ini memiliki warna bulu putih albino dengan berat mencapai 5 kilogram. Jenis kelinci  yang satu ini sangat cocok untuk berbisnis budidaya ternak kelinci, karena perkembangbiakannya yang pesat, yaitu rata-rata sekitar 10 sampai 12 anak dalam satu kali melahirkan.

Flemish Giant

cara ternak kelinci potong

Ciri-ciri kelinci jenis ini adalah memiliki warna bulu beragam dan bentuk tubuh yang panjang serta telinga yang lebar. Beratnya bisa mencapai 10 kg. Namun jenis kelinci ini masih tergolong sulit ditemukan di Indonesia, sehingga untuk memulai budidaya ternak kelinci jenis ini, kalian bisa mengawinkannya dengan jenis kelinci yang lain terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *