Categories
Uncategorized

Inilah Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas!! Yukk Simak

Assalamualikum wr.wb. Hallo semua bagaimana keadaan kalian nih? Pada kesempatan kali ini, aku bakalan kasih tau kalian cara menyimpan daging kurban di kulkas. Yukk simak penjelasan berikut ini. Cuss

Ini dia cara menyimpan daging kurban yang baik dan benar supaya daging anda dapat tahan lama dan juga tetap segar.

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas :

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

1. Jangan Dicuci saat Kalian Hendak Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Jika kalian mencuci daging yang akan disimpan di dalam freezer, itu justru akan merusak kualitas daging, maka janganlah kalian mencuci daging saat hendak di simpan.

Usahakan daging kurban tersebut berada dalam keadaan segar, karena daging yang sudah terkena air sangatlah rentan terserang oleh bakteri apabila tidak segera di olah.

2. Simpan Daging Kurban di Dalam Freezer

Cara menyimpan daging kurban yang paling baik adalah dengan di bekukan. Potong daging sesuai dengan yang kita butuhkan, kemudian masukkan daging kedalam kantong plastik atau wadah kedap udara.

Jika ingin menyimpan daging kurban di dalam plastik, maka pilihlah plastik putih atau bening untuk menyimpannya.

3. Taruh Daging pada Suhu Sejuk Sebelum Disimpan

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Jangan langsung menyimpan daging ke dalam freezer. Setelah menerima daging kurban, di sarankan untuk tidak langsung menyimpan daging tersebut kedalam kulkas. Yaitu dengan membiarkan daging tersebut dalam suhu normal selama 3 sampai 4 jam.

4. Tentukan Suhu Penyimpanan untuk Menyimpan Daging Qurban

Suhu yang tepat untuk menyimpan daging kurban adalah -1 hingga 1 derajat celsius. Jadi, sebisa mungkin kalian harus hindari menyimpan daging kurban pada suhu diatas 1 derajat celsius. Karena pada suhu tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

5. Simpan Daging Kurban Menggunakan Pengemasan Kedap Udara

Untuk menyimpan daging kurban, kalian bisa menggunakan vacuum sealer. Vacuum sealer merupakan alat pres plastik kedap udara yang dapat membantu daging anda bisa tersimpan dengan lebih awet.

Disarankan bagi anda untuk memilih wadah makanan dengan food grade yang sudah pasti terjamin keamanan bahannya untuk menyimpan makanan anda. Tempatkan setiap porsi daging diwadah yang berbeda-beda. Daging yang berada di dalam wadah yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan hingga satu tahun lamanya.

Selain itu pembungkus daging yang paling ideal ialah dengan menggunakan plastik wrap. Karena, plastik wrap bisa menyesuaikan bentuk-bentuk daging yang telah di potong dan akan membuatnya lebih kedap udara.

6. Pisahkan Daging Sesuai Jenisnya

Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas, pilih dulu jenis dagingnya. Jangan sampai ada daging yang tercampur, seperti daging kambing yang tercampur dengan daging sapi.

Jika sudah, kalian bisa memilihnya lagi berdasarkan dengan jenis-jenis bagiannya. Misalnya jerohan, lidah, buntut ataupun iga. Cara ini juga dapat memudahkan kalian kita untuk mengolahnya di kemudian hari.

7. Jangan Sentuh Daging dengan Tangan Kotor

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Jangan pernah memegang daging kurban saat tangan dalam keadaan yang kotor. Kuman-kuman dan aneka mikroba penyebab penyakit atau pathogen dapat berpindah dan juga berkembang biak di dalam daging.

Sehingga, biasakan lah untuk mencuci tangan kalian terlebih dahulu sebelum memegang daging kurban yang segar untuk menghindari adanya kuman atau bakteri yang masuk ke dalam daging tersebut.

8. Peletakkan Daging

Jangan pernah letakkan daging di tempat yang kotor, apalagi berada di atas tanah. Karena jika daging berada di tempat yang kotor, daging sangat mudah untuk terkontaminasi. Bahkan, di tempat yang bersih sekalipun, mikroba di dalam daging dapat berkembang biak sebanyak 10.000 hingga 100.000 kuman per detik nya.

Itu dia penjelasan mengenai cara menyimpan daging kurban di kulkas. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *