Jenis Bawang dan Manfaat yang Terkandung didalam Bawang

Bawang (Onions) merupakan salah satu jenis tumbuhan termasuk genus Allium atau umbi lapis yang banyak dimanfaatkan sebagai sayuran dan dijadikan bumbu utama masakan di seluruh dunia. Jenis Bawang itu sangatlah banyak dan jika anda belum tau apa saja.

Jika di Indonesia bawang tumbuh subur di pulau jawa dan kita mengenal umumnya 4 jenis bawang yaitu, bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan bawang daun, ternyata di negara lainnya seperti Amerika dan Eropa dikenal jenis bawang lainnya yang sekilas memang mirip namun diberi nama yang berbeda.

Jenis Bawang

jenis bawang

Jenis dan Manfaatnya

Shallot (Bawang Merah)

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Bawang merah (Shallot) ini merupakan bawang yang juga banyak digunakan didunia, terutama untuk saus seperti Saus yang dikenal di Prancis bernama mignonette dan di Indonesia sendiri selain digunakan bumbu juga digunakan sering dibuat bawang goreng yang sangat tepat disajikan dengan soto ataupun kari.

Karakteristik Bawang Merah :

  • Penampakan Shallot: Bawang Merah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. bawang merah barat, berukuran kecil, ramping dan ringan dengan kulit tipis berwarna merah muda-jingga dan daging berwarna keunguan. Untuk bawang merah di Asia, ukurannya lebih kecil dari bawang merah barat atau sangat kecil dan dagingnya berwarna ungu gelap.
  • Rasanya: lebih ringan dalam rasa dari Red Onion, tapi lebih tegas dari Bawang Bombai, dengan sedikit rasa bawang putih.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Menggunakan: Iris tipis dan goreng untuk taburan bumbu masak, mie, kari, bubur, atau goreng telu dan lainnya.

Red Onion

Red Onion atau dikenal sebagai Bawang Merah besar ini memiliki ukuran lebih besar dari bawang merah/shallot, dan memiliki daging tebal layaknya bawang bombai. Bahkan bawang merah besar ini memiliki aroma paling tajam dibanding bawang jenis lain dan memili rasa pedas.

Jenis bawang ini terbilang jarang, termasuk di Indonesia maupun di Amerika yang hanya berada dipasaran sekitar 8% saja dari semua jenis bawang. Ada yang unik, terdapat Red Onion yang memiliki rasa lebih manis dengan bentuk dan warna sama yang berasal dari Tropea, Italia.

Karakteristik Bawang merah besar :

  • Penampakan Red Onion: Bentuknya seukuran bola golf hingga softball (bola kasti), dengan daging merah marun terang dan merah, kulit tipis gelap.
  • Rasa: Tegas dan pedas ketika mentah, dan masih terasa kuat, tapi manis, ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Biasanya digunakan sebagai topping burger atau salad pizza.

Bawang Bombai (Yellow Onion)

Bawang Bombai adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Bawang bombai biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia,maupun di negara lainnya bahkan termasuk paling umum di Amerika dan Eropa. Hal ini dikarenakan rasanya yang lezat namun aromanya tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk beragam jenis masakan. Disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

Karakteristik Bawang Bombai :

  • Penampakan Yellow Onion: Bentuknya seukuran bola golf, dengan daging kuning muda dan keemasan, serta memiliki kulit tipis.
  • Rasa: Tegas ketika mentah, sangat manis ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Bawang Bombai tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Bawang kuning/Bombai ideal untuk memasak sup, semur dan rebus.

Sweet Onion

Sweet Onion atau dikenal dengan nama Vidalias karena tumbuh subur di kota Vidalia, Georgia. Vidalias adalah jenis yang paling umum dari bawang manis. Bawang ini kurang tajam, rasanya benar-benar manis sehingga ada yang menyebutnya Potato Onion.

Bawang ini biasanya diiris tipis dan disajikan dalam salad atau di atas sandwich. Warna bawang jenis ini beragam dari putih hingga menjadi kuning dan sering memiliki penampilan gepeng.

Karakteristik Sweet Onion :

  • Penampakan Sweet Onion: Bentuknya meruncing di batang dan akar, dan lebar bagian tengah, kulit kuning muda tipis.
  • Rasa: Sangat manis dan renyah, cocok untuk dimakan mentah
  • Ketersediaan: Bawang ini biasanya tersedia sekitar akhir April hingga awal September di Amerika.
  • Cara Memanfaatkannya: Biasanya digunakan sebagai salad.

White Onion

Banyak yang tidak mampu membedakan bawang bombai (Yellow Onion) dengan White Onion karena selain bentuknya sama, warnanya agak mirip.

Bawang ini cenderung memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa lebih manis dari bawang kuning/Bombai. Selain itu, cenderung lebih lembut dan memiliki kulit lebih tipis. Biasanya dimasak seperti bawang bombai.

Karakteristik White Onion :

  • Penampakan White Onion: Bentuknya seukuran bola baseball hingga softball, dengan daging putih, serta memiliki kulit tipis cerah.
  • Rasa: Lebih ringan dibanding Bawang Bombai, dan bisa dimakan mentah.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Karena tekstur renyah dan rasa ringan, bawang putih sering disajikan untuk salad, diiris tipis pada sandwich,, atau ditaburkan pada pizza.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan jangan lupa untuk membeli mesin untuk usaha anda di GrosirMesin disana juga mempunya barang untuk membuat usaha anda bagus.