Categories
Uncategorized

Cara Buat Keripik Nangka Dengan Mudah

Keripik nangka adalah keripik hasil olahan buah nangka yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa/mesin vacuum frying.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah nangka tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Manfaat Buah Nangka

Setelah membahas tentang resep keripik nangka, mari kita bahas apa saja sih manfaat buah nangka.

Buah nangka tidak hanya mudah didapat, namun buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Buah nangka mengandung banyak sekali nutrisi, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Thiamin, Kalium, Kalsium, Riboflavin, Zat Besi, Niasin, dan Seng.

Manfaat dalam buah nangka sangat banyak sekali, diantaranya:

1. Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker

Di dalam nangka terkandung banyak sekali antioksidan dan senyawa untuk melawan kanker. Didalam nangka juga terkandung vitamin C yang dapat meningkatkan kinerja antioksidan dalam membantu mencegah kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. contoh penyait ini adalah iskemia, hipertensi, dan aterosklerosis.

Buah nangka juga mengandung kalium yan penting mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Sehingga buah nangka juga penting dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka mengandung banyak sekali serat yang sangat baik bagi pencernaan terutama untuk memperlancar sembelit.

4. Kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk pertumbuhan dan pencegahan penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang

5. Baik untuk penglihatan

Beta karoten dalam buah nangka sangat baik untuk kesehatan mata, terutama dalam menjaga fungsi kornea dan membran pada mata.

Cara Membuat Keripik Nangka

keripik nangka

Bahan :

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Kapur Sirih 100 Gram
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Langkah Dan Cara Membuat Keripik Nangka :

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar tidak mudah tengik.
  7. Simpan ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Keripik Buah

Keripik buah sangat banyak jenisnya, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat keripik buah.

Untuk membuat keripik buah yang renyah, jangan menggunakan buah yang sudah terlalu matang. Buah yang terlalu matang mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga akan mudah gosong saat digoreng.

Buah yang matang juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga akan susah diiris dan susah kering saat digpreng. Karena itu gunakanlah buah yang mangkal dan sudah memiliki rasa manis namun teksturya masih keras.

Irisan buah haruslah rendah kadar air. Untuk mengurangi kadar airnya dapat dilakukan dengan metode pengovenan, disimpan dalam freezer maupun dijemur. Saat kering, buah akan lebih mudah digoreng, dan tidak menyerap banyak minyak atau sama sekali tidak menyerap minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *