Categories
Uncategorized

Makanan Ayam Bangkok Agar Cepat Bertelur. Kepoin Yuk!!

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang makanan ayam bangkok agar cepat bertelur. Simak pembahasannya di bawah ini.

Peternak Ayam Bangkok

Kita pasti berharap apa yang akan kita kembangkan nanti bisa banyak berkembang biak nantinya dan sehat. Itu sebabnya kita harus bisa berinovasi.

Cara pemberian pakan dan variasi jenis bahan pakan meningkatkan kualitas, sehingga ayam bangkok dapat bertelur dengan cepat dan berkualitas baik.

Cara Membuat Ayam Bangkok Cepat Bertelur

cara membuat ayam bangkok cepat bertelur

 

1. Pilih Induk yang Sehat

Induk merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan pengembangan ayam bangkok.Pemilihan indukan dapat dilakukan dengan membandingkan ayam bangkok yang seumuran dan kita dapat melihat mana yang ukuran terbesar dan tersehat.

Jika kita menimbang berat, kita juga secara optik memperhatikan rambut yang bagus dan memilih yang tidak rontok. Pengecualiannya jika kita memilih Ayam Bangkok Bangkok, yang sudah botak sejak menetas.

2. Pakan Ayam Bergizi

Kesalahan terbesar bagi orang yang tidak membuat ayam bangkok berkualitas baik bisa jadi karena praktik pemberian makan.Pemberian pakan ayam bangkok tidak hanya dimaksudkan untuk mengisi perut ayam saja, tapi kita perlu fokus pada isinya.

Pola makan yang seimbang dan tentu saja ayam yang kita pelihara menyukainya. Komposisi yang bagus saat kita membeli makan dari pabrikan yaitu sebanyak 100 g.

Untuk kalian yang beternak ayam pedading bisa juca membaca cara membuat pakan ayam daging supaya lebih mudah dalam proses membuat pakan.

Bahan Pakan Ayam Agar Cepat Bertelur

bahan pakan ayam agar cepat bertelur

1. Tauge

Mengandung ramuan yang dapat memicu hormon pada ayam bangkok untuk mempengaruhi keberhasilan kualitas telur yang di hasilkan. Sebelum disajikan

Tauge harus higienis karena tauge identik dengan kelembapan dan seringkali memicu pertumbuhan kuman yang cepat.

2. Kangkung

Vitamin pada kangkung dapat merangsang hormon sehingga ayam dapat memproduksi lebih banyak telur.

3. Kenari

Kandungan kacang kenari dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur sehingga telur yang dihasilkan dapat meningkat.

4. kuaci

Tinggi protein dengan fungsi meningkatkan kesehatan reproduksi ayam,berbagai senyawa dalam kuaci dapat meningkatkan kualitas telur dan kesehatan indukan.

Penyebab Ayam Bangkok Sulit Bertelur

1. Cuaca dan Suhu Ruangan

Faktor cuaca saat musim hujan atau kemarau, perubahan suhu tinggi, panas atau dingin, dapat dengan mudah mempengaruhi kondisi ayam betina yang lelah, sehingga sulit untuk bertelur atau saat menggerami dengan baik.

2. Ayam Mental Rendah

Mentalitas rendah mungkin muncul pada betina atau ketika mereka pertama kali bertelur, karena kalah bersaing dengan indukan lainnya yang lebih tua.

Langkah pengobatan dalam mengatasi kasus tersebut adalah dengan memisahkan ayam dari ayam yang lebih dewasa agar tidak ada pesaing kawin dengan ayam jantan.

3. Ayam Mandul

Ayam Bangkok betina diketahui mulai berkembang biak pada usia 7 hingga 8 bulan.

Meskipun beberapa upaya kawin telah dilakukan dengan ayam jantan, masalah rendahnya produktivitas dalam pembuatan telur mungkin muncul karena ayam tersebut steril.

Cara Perawatan Ayam Bangkok Sebelum Bertelur

1. Membuat Kandang Eram

Dengan mempertimbangkan pembuatan sarang inkubasi, jika ayam Bangkok betina termasuk dalam kategori tidak mau mengerami telur. Sarang inkubasi ini dapat digunakan ayam untuk menyimpan telur sebelum memasuki fase inkubasi.

2. Pemeliharaan

Segenggam daun tembakau yang dicampur jerami untuk meletakkan sarang inkubasi merupakan langkah utama dalam merawat ayam dari kutu.

Efek bau tembakau tidak mempengaruhi ayam bangkok selama inkubasi telur. Ini juga dikenal sebagai cara yang bagus untuk membasmi kutu ayam bangkok.

3. Pakan Tambahan

Peningkatan pakan ayam tersebut jauh di bawah standar. Hal tersebut dapat dicapai dengan memberikan pakan tambahan yang mengandung pakan seimbang dengan dosis tidak kurang atau lebih.

Pakan tambahan berupa sayur mayur, vitamin, atau ramuan ayam aduan alami bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan gizi ayam.

Sekian artikel tentang makanan ayam bangkok agar cepat bertelur. Bagi kalian yang ingin memelihara ikan nila bisa baca cara memelihara ikan nila agar cepat besar juga loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *