Categories
Uncategorized

Membuat Minyak Atsiri Sendiri Anti Ribet!!!

Hello everyone! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan artikel tentang cara membuat minyak atsiri kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah rempah yang sering di jumpai di Kawasan Indonesia. Kunyit juga dapat diolah menjadi minyak atsiri.

membuat minyak atsiri sendiri

Minyak atsiri ini dibuat dengan cara proses penyulingan yang menggunakan mesin destilasi. Manfaat yang dimiliki oleh kunyit yaitu untuk membantu mengatasi masalah jerawat, kemerahan pada kulit, noda hitam, dan mencegah timbulnya kerutan. Untuk mengetahui cara membuat minyak atsiri kunyit, yuk simak artikel berikut ini

Cara Membuat Minyak Atsiri Kunyit

membuat minyak atsiri sendiri

Untuk membuat minyak atsiri kunyit ini dibilang cukup mudah dan hanya membutuhkan bahan dan biaya yang relative murah.

Alat dan bahan:

  • 5-6 buah kunyit berukuran besar
  • 2 cup extra virgin minyak kelapa / minyak zaitun / minyak almond
  • Alat parut yang terbuat dari batu yang kasar
  • Mangkuk
  • Panic / wajan

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah melembapkan parutan yang terbuat dari batu
  2. Kemudian parut kunyit hingga halus dan menjadi seperti pasta dan mendapatkan 2 sendok makan kunyit
  3. Masukkan minyak dan pasta kunyit ke dalam panci dan panaskan selama 1 menit dengan menggunakan api kecil dan aduk terus.
  4. Setelah dipanaskan, dinginkan minyak hingga mencapai suhu kamar
  5. Kemudian setelah dingin, masukkan minyak kunyit kedalam botol kaca dan jauhkan minyak dari udara yang lembap.

Manfaat Minyak Kunyit

membuat minyak atsiri sendiri

  1. Mengatasi nyeri sendi

Minyak atsiri kunyit ini mampu mengatasi kaku dan nyeri sendi, terutama untuk orang yang menderita arthritis.

  1. Mencegah masalah pada pencernaan

Manfaat minyak atsiri kunyit saljutnya yaitu mencegah masalah pada system pencernaan, baik itu kembung ataupun sembelit.

  1. Menjaga gula darah agar tetap terkontrol

Menurut berbagai study menemukan senyawa curcumin yang terdapat di dalam kunyit sangat efektif menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol

  1. Mencegah demensia

Demensia merupakan kondisi dimana dapat merusak fungsi otak dan membuatnya kurang efisien. Senyawa yang terdpat pada minyak atsiri kunyit dipercaya dapat mencegah penyakit dimensia

  1. Mengatasi masalah kecemasan atau kegelisahan

Efek untuk menenangkan yang dimiliki minyak atsiri kunyit sering digunakan oleh orang untuk membantu mengatasi kecemasan atau kegelisahan. Minyak kunyit sering dijadikan aromaterapi sehingga juga dapat mengusir stress

  1. Mencegah penyakit kanker

Menurut beberapa penelitian bahwa telah menemukan sifat anti kanker pada minyak kunyit yang berperan penting untuk mencegah penyakit kanker. Untuk memperoleh manfaat Kesehatan secara keseluruhan, kalian harus konsumsi minyak kunyit ini dalam kebutuhan sehari hari.

  1. Menjaga liver agar tetap sehat

Minyak atsiri kunyit ini tidak hanya untuk mendetoksifikasi organ liver, akan tetapi mencegah berbagai masalah Kesehatan yang terkait dengan liver. Kandungan sifat anti bakteri yang dimiliki oleh minyak kunyit ini memungkinkan untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi di liver.

  1. Membuat kulit dan rambut menjadi sehat

Kunyit sudah digunakan oleh Sebagian besar kaum hawa di dunia untuk mendapatkan kulit indah dan rambut sehat. Jika kamu ingin hasil yang maksimal, kamu harus menyertakan minyak kunyit dalam diet harian kamu.

  1. Meredakan peradangan

Kandungan zat aktif curcumin yang terdapat pada kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang poten. Curcumin dapat mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

  1. Meredakan nyeri haid

Sebagian besar wanita pasti sering mengalami nyeri di perut saat haid. Kandungan curcumin pada minyak kunyit ini bermanfaat sebagai Pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kosntraksi Rahim yang menyebabkan perut kram. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan minyak kunyit dengan asam jawa.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menulis artikel ini.

Terima kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *