Cara Membuat VCO Berkualitas Tinggi Yang Baik Dan Benar

Pada saat ini banyak orang ingin membuat minyak VCO sendiri. Agar kita bisa membuat vco berkualitas tinggi. Kita harus tau cara-cara membuatnya dengan baik dan benar.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara mengkonsumsi virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan virgin coconut oil sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Cara Buat Minyak VCO Yang Baik

Ada beberapa metode untuk membuat VCO berkualitas tinggi yaitu:

1. Tanpa Pemanasan

Cara membuat minyak VCO yang satu ini akan menghasilkan warna minyak bening, yang kerap disebut sebagai virgin coconut oil ini. Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua dan ikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO.

2. Menggunakan Pemanasan

Cara membuat minyak VCO lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya.
  • Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut.
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang.
  • Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

3. Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Aduk campuran tersebut dan kemudian tutuplah toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam. Hasilnya adalah terbentuk 3 lapisan yakni: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

4. Metode Pemancingan

Metode pancingan adalah membuat VCO dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pemancing untuk terbentuknya VCO baru.

Langkahnya sangat mudah sekali yakni siapkan krim dan masukkan ke dalam toples kemudian tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk hingga merata.

Tutuplah toples kemudian tunggu selama 24 jam. Hasilnya yakni akan terbentuk 3 lapisan yaitu: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.

Cara membuat minyak VCO dengan memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak yang berwarna kuning. Meski demikian, minyak VCO ini digadang-gadang tetap memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Minyak VCO buatan sendiri ini dapat disimpan hingga 8-10 bulan di suhu ruang. Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa homemadetersebut.

Anda juga bisa membuatnya dengan mesin pembuat VCO agar bisa mepercepat proses pembuatnya.

Manfaat Dari Minyak Kelapa

Mengetahui cara membuat minyak VCO akan sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan bahan ini untuk berbagai tujuan. Minyak kelapa sendiri memang memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Asam lemak dalam minyak VCO dapat menyehatkan otak. Ia juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam darah sekaligus mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.
  • Membakar kalori, mengingat salah satu kandungan dalam minyak VCO adalah medium-chain trigliserida (MCT).
  • Menyehatkan kulit, rambut, dan gigi.

Meski baik untuk tubuh, selalu gunakan minyak kelapa dengan takaran yang tidak berlebihan. Minyak kelapa juga tidak bisa digunakan sebagai obat pengganti resep dokter.

Nah, Begitulah cara-cara membuat vco berkualitas tinggi yang benar dan baik. Sangatlah mudah membuat VCO sendiri. Sekarang juga sudah banyak yang menjualnya salah satunya di supermarket.

Leave a Comment