Categories
Uncategorized

Cara Bikin Smoothie Bowl Yang Lagi Hits Di Medsos, Gampang Banget!

Halo semua, tema artikel  kali ini adalah cara bikin smoothie bowl.  Bagi Anda yang sering berselancar di media sosial pastinya sering melihat postingan-postingan bowl atau mangkuk yang berisi buah-buahan segar dengan tampilan yang cantik? Semua makanan atau minuman sehat itu emang menggiurkan sekali dari sisi tampilan, dan tentu juga dari khasiatnya, percaya tidak?

Dialnsir dari Detik Food, Ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa sajian ini dikatakan lengkap karena dalam proses pembuatannya terdapat protein yang bisa didapatkan dari susu, kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Sedangkan lemak baiknya juga didapatkan dari biji-bijian dan alpukat serta seratnya juga terpenuhi karena dicampur dengan buah-buahan.

Kalau dibandingkan dengan makanan lengkap, porsi smoothie ini juga punya kalori yang lebih rendah. Hal ini karena smoothie cuma mengandung karbohidrat yang berasal dari buah bukan pati (kayak jagung dan nasi). Cara membuat smoothies bowl ini tergolong cukup mudah lho. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk membelinya di kafe, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara bikin smoothie bowl yang lagi hits.

Cara Bikin Smoothie Bowl

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga merah
  • 2 buah pisang
  • 2 buah mangga
  • 10 buah stroberi
  • 100 ml susu low fat
  • 1 sdm madu
  • 1 buah kiwi
  • 70 gr granola
  • 100 gr oatmeal pisang

Cara-Cara Bikin Smoothie Bowl:

  1. Siapkan buah, potong buah stroberi, mangga, pisang dan buah naga.
  2. Masukkan buah-buahan yang sudah dipotong ke dalam blender
  3. Masukkan oatmeal instant, susu low fat, dan madu, lalu blender hingga lembut.
  4. Siapkan topping, iris tipis buah stroberi, kiwi, pisang dan mangga.
  5. Tuang smoothie dalam mangkuk saji.
  6. Susun topping di atas smoothie.
  7. Siap disajikan. Jika ingin smoothie yang dingin, Anda bisa memasukkanya ke dalam lemari pendingin minuman.

Cara Umum Memilih Buah yang Baik dan Segar

1. Warna Kulit

Setiap jenis buah, bahkan setiap varietasnya, memiliki warna kulit khas. Biasanya, buah yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya dari hijau gelap menjadi kuning, merah, atau ungu.

2. Kesegaran Dan Kebersihan Kulit

Buah yang baik terlihat segar, kulitnya berkilap, tidak keriput, dan tidak terdapat noda, baik noda bekas gigitan serangga maupun noda getah.

3. Ukuran Dan Bentuk Buah

Umumnya pada saat layak petik, buah memilikiukuran maksimum dengan bentuk yang khas pula. Selain ukuran, bentuk dapat dijadikan patokan untuk menentukan mutu buah. Buah yang baik memiliki bentuk sesuai dengan bentuk baku normalnya. Buah cacat atau tidak normal akan mempunyai rasa yang kurang enak pula.

4. Kerapatan Rambut Atau Duri

Buah yang berambut atau berduri telah layak dipetik untuk dikonsumsi apabila rambut atau durinya telah merenggang.

5. Kekerasan

Kekerasan buah dapat dirasakan melalui pijatan jari. Buah yang matang dan siap dikonsumsi relative lebih lunak daripada buah yang masih mentah. Buah yang baik mempunyai kekerasan merata. Contoh yang paling jelas pada jeruk. Bila kekerasannya tidak merata, maka sebagian dari daging buahnya akan berbeda rasanya.

6. Bunyi Ketukan

Semangka dan alpukat yang masih muda bila diketuk dengan jari berbunyi relatif lebih nyaring (seperti tepukan di dahi) daripada yang sudah matang (seperti tepukan di dada), atau yang terlalu matang (seperti ketukan di perut).

Nah itulah beberapa cara memilih buah yang baik dan segar dan cara bikin smoothie bowl yang lezat dan mudah sekali Anda buat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

 

 

 

Categories
Uncategorized

Resep Membuat Jenang Sumsum Berbagaim Varian Yang Mudah

Jenang adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang masih ada hingga sekarang. Jenang umumnya bisa didapati dijual di pasar-pasar tradisional. Namun, kian hari keberadaannya semakin menyusut. Kebanyakan penjaja jenang juga adalah orang-orang tua yang sudah sepuh. Meski semakin langka, jenang tetap banyak dicari oleh banyak orang.

Jenang

sumsum jenang

Apa sih, jenang? jenang bisa juga disebut dodol. Di beberapa kota seperti Solo dan Yogyakarta kata jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya.

Jenang yang enak, lembut dan beraroma bisa menjadi salah satu alternatif hidangan untuk sarapan bersama keluarga. Jenang sumsum merupakan makanan sejenis bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama air gula merah.

Pembuatan jenang dikenal cukup ribet dan panjang pada proses pengolahannya. Sama halnya seperti membuat dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka rasa ini sangat di rekomendasikan. Umumnya mesin pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak dan mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat Jenang Sumsum dan ingin mengetahui cara bikin jenang sumsum, berikut ini saya paparkan beberapa Resep Membuat Jenang Sumsum yang bisa langsung kalian coba di rumah. jika kalian ingin mengetahui resep dan cara pembuatan jenang lainya seperti cara membuat jenang grendul

Resep Dan Cara Membuat Jenang Sumsum

membuat jenang sumsum

Resep Membuat Jenang Sumsum Mutiara

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 2 bungkus santan kara( dilarutkan santan dengan 1500 ml air lalu bagi jadi 2 bagian )
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 gram mutiara
  • Air sebanyak 1/2 panci ukuran kecil untuk merebus
  • 2 bungkus kara
  • 200 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat Jenang Sumsum Mutiara :

  1. Pertama campurkan tepung beras ke dalam santan yang telah dibagi 2, kemudian aduk hingga merata.
    Lalu panaskan santan kedua, masukan gula pasir dan garam masak hingga mendidih.
  2. Jika sudah kecilkan api, lalu masukan campuran tepung beras tadi sambil diaduk – aduk terus hingga adonan mengental.
  3. Langkah membuat mutiara : panaskan air hingga mendidih, masukkan dan masak mutiara, masak hingga mengental dan berubah warna.
  4. Membuat kuah gula: masukkan bahan gula dan air lalu masak gula hingga teksturnya mengental.
  5. Kuah santan: masukkan semua bahan, masak santan hingga mendidih.
  6. Untuk penyajian ambil bubur mutiara sesuai selera lalu siram dengan kuah gula dan santan. Bubur pun siap untuk dinikmati.

Resep Membuat Jenang Sumsum Keju

Bahan-bahan :

  • 200 ml santan kara siap pakai
  • 3 sendok tepung beras
  • 35 gram keju kraft chedder
  • 100 gram palm sugar atau gula merah
  • 300 ml gram air

Cara Membuat Jenang Sumsum Keju :

  1. Pertama campurkan 300 ml air dan palm sugar atau gula merah, lalu panaskan hingga mendidih, jika sudah angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci kecil, campurkan dengan 300 ml air lalu aduk – aduk hingga merata dan berikan taburan parutan keju.
    Sisihkan sebagian rebusan santan yang telah bercampur air tadi ke dalam gelas panjang.
  3. Jika sudah, berikutnya masukkan tepung beras ke dalam gelas yang berisi santan dan aduk merata hingga tepung tidak ada lagi yang menggumpal.
  4. Lalu nyalahkan api, masak santan yang di panci dengan api kecil sambil diaduk. Setelah mendidih masukan campuran tepung yang di gelas tadi dan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus diaduk.
  5. Langkah selanjutnya, jika sudah matang bubur akan meletup-letup matikan api dan diamkan bubur sebentar.
  6. Sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram air gula yang yang sudah dibuat tadi, lalu tambahkan taburan parutan keju di atasnya.

Resep Membuat Jenang Sumsum Strawberry

Bahan-bahan :

  • 125 gram tepung beras
  • 1 bungkus santan kara ukuran kecil
  • 500 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
  • pasta strawberry secukupnya
  • 2 keping gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • garam sedikit
  • 500 ml air

Cara Membuat Jenang Sumsum Strawberry :

  1. Langkah pertama larutkan tepung beras dengan segelas air dan aduk – aduk agar tidak menggerindil.
  2. Setelah itu masak santan, gula pasir dan garam aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan pasta strawberry secukupnya. Aduk terus hingga meletup-letup.
  3. Untuk membuat kuahnya masukan gula merah, masak air, daun pandan dan gula merah kedalam panci aduk hingga mendidih lalu saring.
  4. Langkah terakhir sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram kuah gula yang yang sudah dibuat tadi. Bubur siap di hidangkan
Categories
Uncategorized

Nih, Resep Aneka Kue Kering Lebaran Tanpa Oven Anti Ribet

Haii, kali ini saya kembali dengan resep terbaru yaitu Nih, Resep Aneka Kue Kering Lebaran Tanpa Oven Anti Ribet , ya tentunya sangatlah mudah dan pasti dijamin berhasil!

Kue Kering adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, telur dan mentega yag dicampir menggunakan mesin pembuat roti dan dicetak menggunakan cetakan kue lalu biasanya kue kering ini dioven

namun, kali ini saya menampilkan Aneka Resep Kue Kering yang tidak dipanggang atau dioven karena belum tentu semua ibu ibu dirumah memiliki oven atau panggangan ya , ya kali ini resep kue kering tanpa oven anti rebet banget kan.

Kue Kering memiki rasa renyah dan manis oleh karena itu kue ini sering menjadi favorit semua kalangan ketika hari raya lebaran tiba, ibu ibu juga berlomba lomba untuk membuat kreasi kue kering tanpa oven.

Namun, sebelum masuk ke resepnya jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya yang berjudul cara membuat bolu gulung panggang , selamat mencoba resep kali ini , semoga berhasil! 

A. Efek Negatif Makanan Yang Dioven

1. Konsumsi makanan yang dimasak dengan microwave secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

2. Sulit bagi tubuh manusia untuk memproses produk sampingan yang dihasilkan selama memasak atau memproses makanan dengan microwave.

3. Hormon pria dan wanita akan berhenti berproduksi atau segera berubah jika mereka makan sesuatu di dalam oven microwave.

4. Produk sampingan dari penggunaan microwave dapat mempengaruhi makanan untuk waktu yang lama dalam tubuh manusia.

5. Penggunaan oven microwave untuk mengolah makanan dapat mengurangi mineral, vitamin dan nutrisi dalam makanan, menyisakan tubuh hanya dengan residu yang sulit untuk diproses.

6. Microwave dapat mengubah mineral dalam sayuran menjadi zat kanker yang mengandung radikal bebas dan berbahaya bagi tubuh.

7. Makanan microwave dapat menyebabkan pertumbuhan kanker perut dan kanker usus. Ini mungkin menjelaskan peningkatan jumlah kanker usus besar di Amerika Serikat.

8. Makan makanan yang dimasak dalam oven microwave dalam waktu lama dapat memicu perkembangan sel kanker dalam darah.

9. Makanan microwave akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

10. Makanan yang sering dimasak dalam microwave dapat menyebabkan hilang ingatan, kurang perhatian, penurunan kecerdasan, dan ketidakstabilan emosi.

Inilah beberapa alasan yang dikemukakan peneliti terkait penggunaan pemanggang atau oven untuk memasak dan mengolah makanan. Kami menganjurkan agar Anda berhati-hati saat menggunakan oven microwave mulai sekarang. Tidak apa-apa untuk menggunakannya sesekali, tetapi tidak sering.

B. Aneka Resep Kue Kering Lebaran Tanpa Oven

  1. Kue Kering Kastangel

Bahan-bahan:

  • 200 gr Margarin
  • 50 gr Butter
  • 400 gr Tepung Kunci
  • 30 gr Maizena
  • 30 gr Susu Bubuk
  • 270 gr Keju
  • 2 btr Kuning Telur
  • 1 sdm Minyak
  • secukupnya Keju Parut

Cara Membuat Kue Kering Kastangel:

  1. Dalam wadah besar, campurkan margarin dan mentega bersama-sama, kocok dengan pengocok hingga lembut
  2. Masukkan campuran tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk dengan spatula hingga kalis, lalu tambahkan keju cincang dan aduk rata
  3. Keluarkan adonan dan cetak sesuai selera, campur kuning telur dan minyak sayur, lalu tambahkan keju parut
  4. Panggang dengan suhu 160 derajat selama sekitar 20 menit, atau sampai matang

2. Kue Kering Putri Salju Lumer

Bahan-bahan:

  • 300 gr palmia royal
  • 3 butir kuning telur
  • 120 gr gula halus
  • 400 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung maezena
  • 40 gr susu bubuk full cream
  • 80 gr keju chedar parut
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara Membuat Kue Kering Putri Salju Lumer:

  1. Campurkan praline rendah, kuning telur dan kuning telur selama 2 menit
  2. Tambahkan keju parut dan aduk rata
  3. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan maezena yang sudah diayak sebelumnya. Aduk rata dengan spatula / sendok kayu
  4. Cetak adonan dan saya bulatkan. Tata loyang yang sudah dilapisi margarin
  5. Panggang hingga matang, panaskan dan gulung menjadi gula halus. Menyisihkan
  6. Tunggu hingga dingin lalu masukkan ke dalam toples
Categories
Uncategorized

Resep Masakan Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas Mantap

Ikan memiliki kandungan protein yang cukup baik untuk meningkatkan kerja otak khususnya pada anak. Maka, tak heran anak yang suka mengonsumsi ikan sangat cerdas. Selain pindang diolah menjadi suwir pedas, ada juga loh Resep Pindang Tongkol Terbaik dan Terenak

Sedap, Segar dan Nikmat, itulah beberapa kata yang sangat cocok menggambarkan betapa istimewanya hidangan kali ini. Nah, supaya ibu dirumah bisa merekreasi membuat sajian ini untuk keluarga tercinta. Sajian apakah itu? Yakni, Resep Pindang Tongkol Suwir Pedas.

Resep Masak an Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas Mantap

pindang tongkol

Kita bisa menggunakan ikan tongkol segar atau ikan tongkol pindang yang banyak dijual di pasaran. Nah, terkadang jika kita menggunakan ikan tongkol utuh, ada rasa pahit karena bagian daging yang berwarna hitam tidak dicuci dengan optimal. Cuci bersih ikan tongkol dengan air mengalir, jangan lupa untuk membuang insang dan bagian perutnya secara menyeluruh. Lumuri jeruk nipis pada dagingnya agar bau amisnya hilang.

Selain mencucinya dengan bersih, perhatikan juga pengolahannya. Trik untuk menghilangkan bau amis adalah dengan menambahkan irisan jahe pada tumisan ikan tongkol suwir. Khusus pada resep satu ini, kita juga menggunakan daun jeruk yang membuat sajian ikan tongkol makin wangi dan segar.

Tips membersihkan Ikan Pindang Tongkol :

  1. Pertama Silahkan awali langkah kali ini dengan mempersiapkan beberapa pindang ikan tongkol kedalam wadah atau mangkuk untuk kemudian kita akan bawa ikan ini ke tempat cucian.
  2. Sangat Penting sekali dalam membersihkan ikan tongkol meskipun ikan ini sudah datang dalam bentuk pindang ikan yang mana sudah diasap atau sudah dimasak setengah matang. Akan tetapi, kita juga tidak pernah tahu seberapa bersih pindang ikan tersebut. Untuk itulah, sangat penting sekali membersihkan pindang ikan tongkol dengan menggunakan air yang bersih.
  3. Selesai membersihkan beberapa ikan pindang tongkol, silahkan masukkan kembali ikan kedalam wadah sebelumnya dan tiriskan air cuciannya, jika saja masih ada air yang menggenang.
  4. Selanjutnya, kita lumuri ikan tongkol dengan air asam dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan.
  5. Setelah dilumuri dengan beberapa bumbu ungkepan diatas, kemudian diamkan terlebih dahulu ikan dengan bumbu tersebut selama kurang lebih 10 menit.

Bahan :

  • 250 gram tongkol
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 1/2 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap
  • Minyak goreng secukupnya, tapi jangan mencoba minyak atsiri yang dibuat dari alat destilasi minyak atsiri karena nanti rasa masakannya jadi aneh.

Cara memasak pindang tongkol suwir pedas :

  1. Haluskan semua bumbu dengan diulek.
  2. Goreng tongkol hingga kecoklatan, Angkat dan tiriskan.
  3. Suwir-suwir tongkol yang sudah digoreng.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  5. Masukkan ikan pindang tongkol yang sudah disuwir-suwir dan aduk dengan rata
  6. Tongkol suwir pedas siap disajikan.

Kebutuhan nutrisi tidak bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi ikan. Anda juga perlu mengonsumsi beragam makanan bergizi lainnya, seperti buah, sayuran, daging, telur, dan susu. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi Pindang Tongkol, jangan khawatir. Nutrisi dari ikan tongkol juga bisa Anda dapatkan dari jenis makanan lain, kok.

Meski kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan tongkol terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ikan tongkol atau ikan laut lain, seperti tuna, mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Nah itulah Tips dan Resep Masakan Ikan Tongkol Pindang Suwir Pedas ala tarijame.com, selain itu diartikel sebelumnya juga ada loh Bumbu Rica Rica Daging Kambing Recommend.

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana Mudah dan Praktis

Hai sobat semuanya, jumpa lagi di artikel kali ini dengan topik pembahasan cara membuat kopi cold brew sederhana yang mudah dibuat dan praktis dari segi biaya dan proses pembuatan.

Di artikel yang lalu kan mimin udah bagi tau nih cara bikin makanan yaitu cara memasak sob buntut sapi. Nah kali ini mimin pengen bagi bagi cara membuat minumannya yang spesial nih sob.

Siapa sih pecinta kopi yang enggak tergiur jika melihan secangkir kopi yang sangat nikmat. Sungguh menggoda dan memikat selera sobat. Rasanya sangatlah enak dan memiliki aroma yang khas.

Sedikit yang diketahui bahwa kopi yang diseduh dingin disajikan dengan metode yang benar-benar dingin. Sahabat, hanya menjadi benar-benar dingin berarti kopi seduh dingin bisa diminum dingin tanpa ada air panas.

Iya sobat, sobat tidak sedang salah membacanya. Anda juga bisa menggunakan air dingin sebagai pelarut untuk menyeduh kopi. Dengan cara ini, air dingin akan membantu mengekstrak kopi hingga terasa enak.

Sebenarnya menurut histori sendiri kopi cold brew pertama kali dinikmati oleh tentara pada perang dunia pertama. Seiring berjalannya waktu cara membuatnya  semakin mudah. Kini cara membuat cold brew sangat mudah dilakukan.

Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana

Kopi adalah minuman yang unik. Karena kopi memiliki cita rasa yang unik bagi orang yang menyukainya. Kopi memiliki banyak manfaat, salah satunya contohnya adalah mencegah rasa kantuk secara alami

Inilah mengapa banyak orang menyebut kopi sebagai sajian dengan rasa dan ciri khas yang sangat unik. Sahabat, sebaiknya perhatikan bagian dan ukuran porsi saat minum. Karena terlalu banyak tidak baik.

Untuk menyeduh, gunakan 100% air dingin atau setidaknya air bersuhu ruangan. Tanpa diduga, ternyata kopi bisa diseduh pakai air dingin loh sob. Bahkan rasa ekstraksi nya cenderung lebih manis alami tanpa gula.

Sekalipun kita menggunakan air dingin sebagai ekstraktor espresso, tidak berarti kopi kita dibekukan. Kami hanya mendinginkan dan mengekstrak kopi saat sudah dingin, bukan sampai jadi es batu.

Alat dan Bahan Membuat Cold Brew

Perlu Anda ketahui bahwa membuat kopi dingin tidaklah sulit. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah. Hanya dengan niat, ditambah dengan alat dan bahan, Anda dapat dengan mudah membuat kopi cold brew.

Untuk teman-teman yang sedang bimbang bagaimana cara membuatnya tidak masalah. Biarkan mimin memandu Anda melalui artikel ini. dibawah ini mimin akan menjelaskan alat dan bahan serta langkah-langkah membuatnya sesederhana mungkin namun dengan hasil yang istimewa.

Alat dan Bahan

  • Penggiling kopi;
  • 90 gram biji kopi pilihan;
  • Air dingin 1000ml (sesuaikan);
  • gelas atau cangkir sajian;
  • Coffee Pot uk 1.100 ml.

Langkah-Langkah Cara Membuat Cold Brew Sederhana

  1. Pertama, gunakan penggiling kopi untuk menggiling biji kopi pilihan. Jika Anda tidak ingin rasanya terlalu kuat, Anda bisa menggilingnya hingga agak kasar tidak terlalu halus.
  2. Setelah digiling, masukkan biji kopi bubuk ke dalam penyaring atau strainer di coffee pot.
  3. Hubungkan saringan atau strainer ke coffee pot agar dapat disambungkan dan digunakan.
  4. Tuang air hingga ketinggian air mencapai setengah dari tabung coffee pot atau pegangan coffee pot.
  5. Aduk kopi dengan lembut sampai tercampur. Hindari menggunakan benda tajam saat mengaduk agar tidak merusak filter pada mesin pembuat kopi.
  6. Tutupi teko kopi dengan rapat, lalu masukkan ke dalam lemari es dan biarkan dingin selama delapan hingga dua belas jam untuk menyelesaikan ekstraksi yang sempurna dan nikmat.
  7. Jika sudah 8 sampai 12 jam kita keluarkan coffe pot dari kulkas.
  8. Ambil gelas yang akan digunakan, dan tuangkan kopi dari coffe pot ke dalam gelas untuk disiapkan.
  9. Bila semuanya sudah siap, kopi seduh dingin siap disajikan
 
Kopi cold brew dengan sensasi dinginnya memanglah nikmat. Tapi tahukah sobat jika kopi dihangatkan sebelum diminum akan lebih enak. Sobat bisa pakai alat pemanas kopi untuk menjaga kehangatan kopi yang sobat buat.
Artikel di atas adalah cara membuat kopi cold brew sederhana. Rasanya seperti cold brew ala kafe atau kedai kopi. Sangat membuat ketagihan nih sob
Sekian artikel ini mimin buat sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat ya sob.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Smoothies Buah Naga Untuk Diet Sehat dan Menyenangkan

Hai, apakabar semua? Kabar gembira bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat smoothies buah naga untuk diet. Smoothies buah naga membuat program diet Anda lebih sehat dan menyenangkan.

Buah naga merupakan buah tropikal dengan wujud kulit berwarna merah, daging yang manis, dan biji berbintik-bintik. Kandungan vitamin buah naga yang segudang dan bentuknya yang unik, membuatnya sangat populer di antara penikmat buah dan kalangan yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap kesehatan. Benar, manfaat buah naga merah untuk diet memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Buah naga tumbuh dari kaktus Hylocereus yang juga dikenal dengan panggilan Ratu Honolulu. Bunganya sendiri hanya akan terbuka di malam hari. Tumbuhan ini awalnya banyak ditemukan di Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Namun, banyaknya manfaat buah naga merah untuk diet membuat buah yang satu ini juga bisa ditemukan hampir di seluruh negara, salah satunya di Indonesia.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah naga ini juga bisa untuk dijadikan sebuah minuman enak dan segar, seperti salah satunya dengan cara dibuat menjadi olahan kekinian yaitu smoothies. Langsung saja berikut cara membuat smoothies buah naga untuk diet.

Cara Membuat Smoothies Buah Naga Untuk Diet

Bahan-Bahan:

  • 1 buah buah naga
  • 1 buah pisang
  • 2 sdm skm
  • 30 ml air

Cara-Cara Membuat Smoothies Buah Naga Untuk Diet:

  1. Siapkan blender.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  3. Proses hingga halus dan tercampur rata.
  4. Tuang ke dalam gelas saji. Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin minuman, untuk mendapatkan smoothies yang dingin.
  5. Smoothies siap dinikmati.

Kandungan Vitamin Buah Naga

Meski memiliki bentuk yang sangat eksotis, rasa dari buah naga mirip dengan buah-buah yang lain. Jika dideskripsikan, rasanya sedikit manis, seperti perpaduan rasa buah kiwi dan pir. Soal nutrisi dan kandungan vitamin buah naga jangan diragukan lagi! Dalam penyajian 100 gr, buah naga mengandung:

  • 60 kalori.
  • 1,2 gr protein.
  • 0 gr lemak.
  • 13 gr karbohidrat.
  • 3 gr serat.
  • 3% RDI vitamin C.
  • 4% RDI zat besi.
  • 10% RDI magnesium.

Kandungan vitamin yang ada pada buah naga yang tak kalah penting bagi tubuh adalah vitamin E. Vitamin yang satu ini merupakan antioksidan. Artinya, ini dapat menjaga jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin E juga digunakan untuk membantu menjaga kekuatan sistem imun agar mampu melawan virus dan bakteri, membantu tubuh menggunakan vitamin K, serta membantu memperlebar pembuluh darah dan menghindari pembekuan darah.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Diet

Serat yang terkandung dalam buah naga merupakan karbohidrat yang tidak tercerna, sehingga dapat berkontribusi dalam menjaga berat badan ideal. Para pakar kesehatan merekomendasikan asupan serat 25 gr per hari bagi wanita dan 38 gr per hari bagi pria. Dan sama seperti antioksidan, suplemen serat tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan serat yang Kamu dapatkan secara langsung dari makanan.

Jika Anda mengonsumsi cukup serat, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda pun akan mengasup lebih sedikit kalori, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan. Selain untuk menjaga berat badan ideal, sebuah riset juga menunjukkan serat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol diabetes melitus tipe 2.

Itulah manfaat buah naga dan cara membuat smothies buah naga untuk diet. Selama mencoba dan semoga bermanfaat!

 

 

Categories
Uncategorized

Resep Daging Sapi Saus Barbeque Enak Ala Rumahan

Hello semuaa! Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep daging sapi saus barbeque yang pasti dijamin enak, lezat dan mudah dibuat dirumah. Selain lebih murah , rasa yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Macam – Macam Resep Sapi Saus Barbeque

– Bulgogi (Korean Beef BBQ)

Berikut ini resep saus barbeque dari daging sapi.

Bahan – Bahan Bulgogi :

459 gram daging sapi
3 bh daun bawang
1 pak daun sancu/selada
1/2 buah bawang bombai
5 buah bawang putih

Bumbu Bulgogi :

3 SDM minyak wijen
5 SDM kecap manis
Lada bubuk secukupnya
Dashi / kaldu rumput laut/kaldu bubuk
Garam secukupnya

Langkah – Langkah Membuat Bulgogi :
  1. Pertama, Siapkan semua bahan.
  2. Lalu, haluskan semua bumbu, saya menggunakan blender.
  3. Masukkan bumbu – bumbu kedalam mangkok dan tambahkan daun bawang iris, ladabubuk, kaldu bubuk dan garam.
  4. Kemudian, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku, karena saya menggunakan daging yang untuk steak bukan sukiyaki. Posisi daging masih beku jadi mudah mengirisnya.
  5. Daging direndam kedalam bumbu. Caranya dengan celupkan daging iris satu persatu kedalam bumbu kemudian saya tata di wadah yang tertutup.
  6. Simpan daging kedalam kulkas minimal 2 jam saja.
    Daging dibakar di atas teflon/ alat pemanggang elektrik atau bisa juga dibara api.
  7. Dan angkat daging setelah kecokelatan dan jika sudah bisa disajikan

– Tumis Daging Sapi BBQ

Berikut ini resep saus barbeque dari daging sapi.

Bahan – Bahan Tumis Daging Sapi  BBQ :

250 gram daging sapi tetelan

Bumbu Tumis Daging Sapi BBQ :

1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh olive oile
3 siung bawang putih giling
1 sendok makan saos tiram
Kecap manis
Garam
Kecap asin

Langkah – Langkah Membuat Tumis Daging Sapi BBQ :
  1. Pertama daging dicuci bersih, iris-iris seukuran jari kelingking.
  2. Masukkan seluruh bumbu dalam mangkuk, kecuali garam
    Aduk seluruh bumbu sampai merata, cek rasa.
  3. Masukkan potongan daging ke dalam bumbu. Aduk-aduk dengan agak diremas-remas supaya bumbu meresap. Diamkan kurang lebih 10 menit.
  4. Panaskan wajan anti lengket lalu tuanh daging yang sudah dimarinasi.
  5. Tutup wajan dan sekali-sekali aduk-aduk daging sampai matang dan air dari daging cukup kering. Tambahkan garam secukupnya
  6. Jika ingin daging dengan rasa yang agak garing, tunggu sampai air dari benar-benar mengering.
  7. Kemudian matikan api dan daging siap di hidangkan.

– Honey Beef BBQ

Berikut ini resep saus barbeque dari daging sapi.

Bahan – Bahan Honey Beef BBQ :

500 gram beef slice

Bumbu Marinasi :

1 bawang bombay
5 siung/1 sdm baceman bawang putih
1 ruas jari jahe, cincang halus
2 sdm saus tiram
3 sdm madu
1 sdm kecap Inggris (boleh skip)
2 sdm kecap asin
Saus tomat/ saus spaghetti
1 sachet/ 65 ml santan kental

Langkah – Langkah Membuat Honey Beef BBQ :
  1. Pertama, siapkan semua bahan. Tempatkan beef slice dalam wadah.
  2. Kemudian, masukkan irisan bawang bombay, bawang putih/ baceman bawang putih, jahe, saus tiram, madu, kecap inggris, kecap asin. Aduk rata.
  3. Simpan di lemari pendingin minimal 15 menit / semalaman.
  4. Siapkan panggangan teflon. Panggang beef slice dengan sedikit margarine sampai matang.
  5. Untuk Sausnya, panaskan margarine, masukkan sisa bumbu perendam beef slice diatas sampai harum. Masukkan saus tomat/ saus spaghetti.
  6. Aduk2. Tambahkan santan kental. Masak sampai matang.
  7. Honey Beef BBQ siap disajikan.

Nah, begitulah resep daging sapi saus barbeque, bagaimana mudah dong? Untuk yang mau tau lebih lengkapnya bisa juga baca pada artikel bumbu barbeque daging. Dan untuk yang mau tau reseo daging sapi lada hitam bisa juga mampir pada artikel resep steak daging sapi lada hitam dijamin nagih!

Selamat mencoba dan semoga berhasil yahh…

Categories
Uncategorized

Ini Dia Rahasia Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Strawberry

Hallo semuanya, Artikel kali ini berjudul Ini Dia Rahasia Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Strawberry Lezat , siapa yang suka dengan kue bolu gulung? pasti banyak yang suka disini.

Resep Bolu Gulung kali ini sangatlah kekinian dan sangatlah menyegarkan karena apa? bayangkan saja ketika kue bolu gulung dipertemukan dengan buah strawberry, hmm pasti sangat lezat sekali ya

Bolu Gulung sendiri terbuat dari campuran bahan tepung terigu, susu, telur, bahan pengembang kue lalu dicampurkan menggunakan mesin pembuat roti lalu dipanggang diatas pemanggang hingga matang sempurna.

Buah Stawberry sendiri juga banyak manfaatnya loh, tapi sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya yang membahas tentang puding roti tawar coklat , selamat mencoba resep hari ini!

A. Manfaat Mengonsumsi Buah Strawberry

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Makan buah dan jus strawberry secara rutin bisa membuat jantung lebih sehat. Kebiasaan ini juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan radang pembuluh darah, yang dapat memicu penyakit jantung. Manfaat ini didapat karena kandungan antioksidan pada buah strawberry.

2. Mencegah Penuaan Kulit Dini
Stroberi mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Kedua bahan ini bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan jus strawberry pada kulit wajah untuk mendapatkan manfaat lebih. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit sisa jus strawberry pada wajah Anda, diamkan selama 8-10 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Makan 150 gram strawberry cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C akan mendukung kerja sistem kekebalan.

Dengan rutin mengkonsumsi buah strawberry dalam bentuk buah dan jus maka daya tahan tubuh anda akan semakin kuat, sehingga anda tidak akan mudah sakit dan tidak cepat sembuh.

4. Mengurangi Peradangan
Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jus strawberry juga memiliki khasiat anti inflamasi, yang dapat mengurangi berbagai radang pada tubuh, termasuk radang sendi dan radang lain yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

B. Beberapa Kreasi Bolu Gulung

resep kue bolu gulung panggang

  1. Kue Bolu Gulung Zebra
  2. Kue Bolu Gulung Klepon
  3. Kue Bolu Gulung Kacang Hijau
  4. Kue Bolu Gulung Coklat
  5. Kue Bolu Gulung Onde Onde
  6. Kue Bolu Gulung Santan
  7. Kue Bolu Gulung Susu
  8. Kue Bolu Gulung Yogurt
  9. Kue Bolu Gulung Keju
  10. Kue Bolu Gulung Pandan

C. Cara Membuat Bolu Gulung Stawberry

Bahan-Bahan:

  • 2 telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh
  • 1/4 sendok teh vanila cair
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1/2 sendok teh tepung maizena
  • Sedikit garam
  • 1 sendok makan mentega cair
  • Selai strawberry
  • Buah stroberi secukupnya

Cara Membuat Bolu Gulung Strawberry:

  1. Campur telur, gula pasir, sp dan vanilla hingga mengembang dengan kecepatan tinggi selama 10 menit.
  2. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan garam
  3. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan telur dan aduk sebentar dengan kecepatan sedang
  4. Ambil satu sendok makan adonan dan campur dengan mentega cair, lalu gunakan teknik pengadukan terbalik untuk mencampurnya dengan adonan lain.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian, lalu tambahkan selai strawberry
  6. Untuk mempermudah dekorasi, masukkan adonan ke dalam plastik
  7. Olesi wajan dengan Carlo (campuran 1: 1: 1 margarin, lemak dan tepung)
  8. Tuang adonan ke dalam loyang hias sesuai selera
  9. Panaskan dengan api sedang selama 15-20 menit, atau sesuaikan oven satu per satu
  10. Olesi dengan krim strawberry, lalu gulung dan simpan di lemari es selama 1 jam
Categories
Uncategorized

Resep Olahan Puding Roti Tawar Coklat Yang Tak Kalah Legitnya

Hallo semuanya, kembali lagi dengan artikel saya yang terbaru yaitu Resep Olahan Puding Roti Tawar Coklat Yang Tak Kalah Legitnya , tentunya siapa sih yang tidak tahu salah satu kreasi puding ini?

Puding Roti Tawar adalah salah satu resep olahan kreasi dari roti tawar , roti tawar adalah salah satu dari banyak macam roti didunia perotian oleh karena itu kami memilih roti ini.

Roti Tawar dibuat dari campuran bahan tepung dengan air dengan konsentrasi yang sesuai dan diolah didalam mesin pembuat roti lalu dipanggang atau dioven dengan pemanggang khusus untuk roti.

Namun, kali ini saya membahas coklat, mengapa saya membahas coklat tentu saja sesuai dengan judulnya ya yaitu Puding Roti Tawar Coklat yaitu salah satu kreasi olahan dari coklat itu sendiri.

Nah, yuk simak beberapa informasi tentang coklat ya sebelum masuk kedalam resepnya , eh jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya yang membahas tentang resep bolu kukus gula merah enak dan empuk. selamat mencoba resep kali ini. stay safe and healty!

A. Manfaat Saat Mengonsumsi Coklat

1. Meningkatkan Produksi Insulin
Peneliti di Italia baru-baru ini melakukan penelitian yang melibatkan 15 orang yang mengonsumsi 3 ons cokelat hitam atau putih dalam 15 hari. Kemudian, studi tersebut menunjukkan hasil bahwa orang yang makan cokelat hitam secara signifikan menurunkan resistensi insulin (faktor risiko diabetes). Sebab, manfaat coklat juga bisa meningkatkan insulin.

2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
Terkait dengan penelitian di atas, ditemukan pula bahwa tekanan darah sistolik golongan cokelat hitam juga lebih rendah pada hasil pengukuran tekanan darah sistolik harian (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah). Kandungan flavonoid tersebut dapat digunakan sebagai antioksidan alami pada coklat. Cokelat bisa digunakan sebagai antioksidan.

3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Dalam penelitian ini, dark chocolate membantu menurunkan risiko serangan jantung. Hal ini terkait dengan pembekuan trombosit yang lebih lambat dalam darah orang yang makan coklat dibandingkan mereka yang tidak. Ini penting karena trombosit terbentuk saat trombosit menggumpal, dan penggumpalan di pembuluh darah ini dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Menurunkan Berat Badan
Berbeda dengan buah-buahan terkenal yang bagus untuk menjaga berat badan, makan cokelat memang membuat takut para pelaku diet. Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa dark chocolate dapat memberikan rasa yang lebih kenyang dibandingkan white chocolate, seperti manfaat jambu biji dan apel. Artinya coklat sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

B. Beberapa Hasil Olahan dari Coklat

  1. Praline
  2. Truffle
  3. Brownies
  4. Coklat Cake

C. Resep Olahan Puding Roti Tawar Coklat

Bahan-Bahan:

  • 5 lembar roti
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 cup susu cair 2 cup air
  • 1 sendok makan margarin
  • 2 butir telur
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan coklat bubuk

Cara Membuat Puding Roti Tawar Coklat :

  1. Pertama, bisa dilakukan dengan mencairkan dan mencampurkan potongan kecil roti tawar dengan susu cair, telur dan margarin.
  2. Masukkan dan aduk rata dengan kecepatan tinggi.
    Setelah itu, larutkan agar-agar dalam panci cenga, tambahkan gula pasir dan air.
  3. Aduk bahan hingga merata dan gula larut dalam air.
    Masak sampai berbusa.
  4. Kemudian tuang bahan ini ke dalam adonan roti yang sudah tercampur rata.
  5. Aduk kembali hingga merata. Rebus kembali dalam panci hingga mendidih.
  6. Siapkan cetakan dan masukkan adonan ke dalamnya.
  7. Jangan lupa basahi wajan dengan sedikit air terlebih dahulu.
  8. Ambil larutan gelatin dan campur dengan larutan bubuk kakao.
  9. Tuang agar-agar putih satu per satu, lalu tambahkan gelatin coklat secara bergantian sampai jeli habis secara merata.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Cappucino yang Enak Lezat dan Nikmat

Halo sobat yang budiman, kembali lagi nih di artikel kali ini dengan topik cara membuat cappucino yang enak lezat dan nikmat. Cappucino yang bakalan kita buat kali ini rasanya enak seperti di kafe.

Sebelumnya mimin udah bikin resep makanannya nih yaitu resep gurame bakar. Sekarang abang mimin pengen berbagi resep cara membuat minuman yang istimewa tentunya.

Bahkan membuat cappucino di coffee shop itu sangat mudah, Tidak perlu risau dan khawatir. Hanya beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Sebelum kita lanjut perbincangan, tahukah anda apa itu cappucino? Banyak orang yang pernah meminum atau mencicipi cappucino namun tidak memahami konsep dasarnya.

Cappucino merupakan perpaduan espresso atau konsentrat kopi atau pati yang dipadukan dengan susu kental dengan busa yang creamy di mulut. Itu benar-benar memikat selera.

Konsentrat atau pati kopi ini disebut espresso. Cita rasa espresso yang khas dan kuat dipadukan dengan susu yang manis dan nikmat. Ini pas dan tidak mendominasi rasa diantara keduanya.

Jika Anda kesulitan membuatnya, jangan khawatir. Biarkan saya memandu Anda melalui artikel ini, teman saya. Mimin sudah bilang kalau sebenarnya cara membuatnya cukup mudah.

Formula rahasia yang membuat cappucino terasa enak adalah keseimbangan bahan yang tepat. Artinya tidak ada yang lebih dominan antara rasa espresso dan rasa susu.

Banyak orang dari berbagai negara tertarik dengan cita rasa khas cappucino ini. Bahkan tak jarang mereka mengubah resep ini menjadi resep dengan ciri khasnya sendiri lho, sobat.

Banyak yang mengira cara membuat cappucino sangat rumit dan sulit. Tapi sebenarnya cara membuat cappucino tidaklah sulit. Bahkan untuk membuatnya seorang pemula pun bisa melakukannya.

Cara Membuat Cappucino Yang Enak

Setelah Perang Dunia Kedua, cappuccino menjadi semakin dikenal oleh banyak orang. Ini mulai menyebar melalui turis, orang-orang yang pergi ke Italia, hingga pecinta kopi yang mencoba resepnya dengan coba coba.
Sehingga cara pembuatannya sudah menyebar, dan sekarang sudah banyak yang menjualnya di warung atau kafe. Kopi ini sungguh fenomenal.

Bahan Membuat Cappucino

Bahan-Bahan

  • air 170 mililiter;
  • 150 mililiter Susu sapi segar;
  • Granula powder sebagai topping utama;
  • Biji kopi takaran 10 gram hingga 20 gram;
  • coklat bubuk untuk topping tambahannya.

Alat-Alat 

  • penggiling Biji Kopi;
  • Panci;
  • Kompor;
  • alat presso atau aeropress.

Langkah Membuat Cappucino Yang Enak

Tahap Pertama

  • Rebus air mineral dalam jumlah yang ditentukan hingga mendidih atau 100 derajat Celcius.
  • Sambil menunggu air mendidih sobat tinggal menggiling 15 sampai 20 gram biji kopi hingga halus.
  • Kalau sudah giling sobat taruh hasil penggilingannya di press atau aeropress.
  • Gunakan alat press atau aeropress untuk mengolah biji kopi bubuk. Untuk 20 gram biji kopi, gunakan 60 mililiter air mendidih. Air yang digunakan sebenarnya sangat sedikit, karena kita hanya akan mengambil pati dari kopi tersebut.
  • Masukkan espresso ke dalam gelas saji yang sudah disiapkan.

Tahap Kedua

  1. Nyalakan kompor kemudian didihkan susu dalam panci hingga mendidih sempurna, aduk hingga berbusa.
  2. Setelah matang masukkan susu ke dalam French press lalu peras hingga hasilnya maksimal.
  3. Jika tidak ada French press sobat tinggal mengaduk susu sampai berbusa, tapi prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Proses Persiapan Penyajian

  1. Setelah semuanya siap, tuangkan susu olahan untuk espresso dalam satu gelas.
  2. Taburi dengan taburan seperti cocoa powder, bubuk coklat, atau butiran coklat.
  3. Kemudian, cappuccino ala kafe siap disajikan dan dinikmati.
Setelah semua langkah dan langkah telah diselesaikan dan diikuti, kini Anda dapat menyajikan dan menikmati cappucino yang enak
 
Kopi adalah minuman yang terkenal bisa diolah macam macam dan nikmat saat diseruput hangat. Sobat bisa memakai alat pemanas kopi untuk memanaskan kopi agar rasanya semakin pas dan nikmat.
 
Cappuccino merupakan minuman kopi yang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, rasanya merupakan perpaduan sempurna antara manisnya susu dengan konsentrat kopi yang kental.
Perpaduan rasa yang seimbang dan sempurna membuat cita rasa kopi ini memikat banyak orang. Cita rasa yang sangat menggugah selera dan memanjakan lidah.
 
Di atas tadi adalah artikel cara membuat cappucino khas cafe yang mudah dibuat. Gimana gampang banget kan?
Cukuplah artikel ini menjadi sebagaimana mestinya. Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan dengan teman, kerabat, keluarga, atau orang lain. Semoga bermanfaat sobat.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.