Categories
Uncategorized

Pakan Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur. Apa Saja Ya??

Usaha ayam petelur merupakan salah satu usaha peternakan ayam yang selalu memiliki prospek cerah. Namun kita juga perlu tau,pakan ayam petelur agar cepat bertelur.Apa saja ya?.Yuk simak pembahasan dibawah.

Ayam Petelur

Ayam petelur berkualitas adalah ayam petelur yang dapat menghasilkan telur setiap hari. Namun, ada kalanya ayam petelur juga mengalami penurunan produktivitas telurnya seiring bertambahnya usia.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar ayam petelur kita bertelur setiap hari sebelum mencapai akhir semester?. Kalian bisa membaca artikel cara merawat ayam juga loh.

Jenis-jenis Ras Ayam Petelur

Jenis-jenis ras ayam petelur

1. Ayam Petelur Medium

Ayam jenis ini cukup berat bobot dan produktivitas telurnya. Selain itu, ayam petelur medium juga memiliki daging yang cukup banyak karena bentuk tubuhnya yang besar.

Ayam petelur sedang disebut juga dengan ayam serba guna yang artinya mempunyai dua keunggulan yaitu dapat menghasilkan telur dan daging.

Ciri-ciri ayam petelur medium:memiliki mara yang jernih,memounyai bulu yang tebal serta mengkilap,lincah,biasanya ayam petelur medium berdiri dengan tegap.

2. Ayam Petelur Ringan

Pada jenis ini memiliki ciri-ciri bulu berwarna putih, mata cerah, badan langsing, dan warna jengger merah. Ayam petelur ringan ini sering disebut dengan ayam petelur putih. Ayam petelur ringan dapat bertelur lebih dari 260 butir per tahun.

Ciri-ciri ayampetelur ringan:bertubuh ramping dan munggil,sensitif terhadap cuaca panas dan kondisi bising.

Berikut Ciri-ciri Induk yang Baik:

  1. Memiliki pertumbuhan yang cukup baik
  2. Waktu oviposisi dalam jangka waktu yang lama
  3. Ayam petelur yang baik sangat tahan terhadap penyakit
  4. Memiliki produktivitas tinggi dan bobot telur yang berat
  5. Memiliki tinggi badan normal 35-40 gram
  6. Indukan terlihat sehat dan tidak memiliki cacat
  7. Nafsu makan beternak cukup bagus
  8. Tidak ada bekas feses di rektum

Pakan Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur

pakan ayam petelur agar cepat bertelur

1. Beras Jagung

Beberapa varietas jagung kaya akan antioksidan, terutama dalam kelompok antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid. Jagung mengandung antioksidan kuat seperti lutein, zeaxanthin, asam caffeic, asam 4-OH-benzoat, dan asam syringe.

Jenis antioksidan ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang kuat. Misalnya, penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Dapat melindungi dari penyakit mata degeneratif seperti katarak dan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Konsentrat

Pada konsentrat itu sendiri merupakan pakan dengan kandungan serat kasar yang rendah. Konsentrat hewan ternak berguna untuk meningkatkan kualitas nutrisi pakan dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.

Nutrisi utama dari pakan pekat adalah energi dan protein.

Fungsi konsentrat antara lain:

  1. Sebagai sumber energi dan sumber protein hewan ternak;
  2. Meningkatkan kandungan nutrisi dalam pakan;
  3. Menambah bobot badan ternak.
  4. Pemberian makan menjadi lebih efisien;
  5. Memenuhi kebutuhan hewan ternak tidak hanya dari tumbuhan tetapi juga dari hewan;
  6. Efektif untuk masa pertumbuhan dan produksi;
  7. Selain untuk unggas, juga digunakan untuk kehamilan dan untuk ibu saat menyusui.

3. Bekatul

Salah satu kandungan dalam bekatul merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh karena itu peternak unggas khususnya peternak ayam sering menggunakan dedak sebagai bahan campuran pakan ternak.

Memberi ayam dengan dedak sangat bermanfaat untuk membangun kekuatan otot karena dedak memiliki kandungan vitamin B12.

4. Suplemen Vitamin

Fungsi utama pemberian vitamin pada unggas atau dalam hal ini ayam adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang tidak mencukupi pada pakan. Karena kekurangan atau kekurangan vitamin, metabolisme tubuh tidak maksimal sehingga tumbuh kembang tidak baik.

Sekian artikel mengenai pakan ayam petelur agar cepat bertelur. Untuk kalian yang beternak ikan bisa juga baca pakan ikan gurameh beberapa alternatif pilihan yang dipakai  juga loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *