Categories
Uncategorized

Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil Dengan Beberapa Metode

Banyak sekali orang yang ingin membuat Virgin Coconut Oil sendiri. Namun, Banyak yang tidak tau proses pembuatan Virgin Coconut Oil itu. Pembuatan Virgin Coconut Oil ada beberapa metode tersendiri.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan virgin coconut oil sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Proses Pembuatan VCO

1. Persiapan Bahan Baku

Kelapa yang akan diolah menjadi bahan dari minyak yang digunakan adalah Kelapa yang berumur. Dalam ruangan antara 11 dan 12 bulan berbutir kasar dan berwarna Cokelat kelapa.

Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak yang tinggi. Cara buat minyak kelapa bisa dengan bantuan mesin vco.

2. Buat Santan

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan adalah kelapa tua. Rasio kelapa dengan udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih.

Cara menghancurkan kelapa bisa menggunakan mesin pemotong kelapa. Kalau memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan cara memotongnya menjadi potongan yang kecil, setelah itu diaduk dengan udara.

Peras dan saring hingga santannya keluar, Langkah berikutnya masukkan santan ke dalam mangkok atau tutup transparan, lalu tutupi bagian atasnya. Biarkan santannya sampai terbentuk dua lapisan kurang lebih satu jam, lapisan yang paling atas disebut krim (cannell).

Lapisan yang paling bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

Cara Buat VCO Yang Berkualitas

Setelah krim di masukan ke lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan minyak kelapa yang terdiri dari beberapa metode. Metode buat minyak kelapa murni sebagai berikut:

1. Metode Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini menghasilkan minyak yang bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yang tua dan mengikuti cara-cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (beri sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santannya ke dalam kantong plastik lalu diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  3. Buatlah lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma, Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup dengan rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang minim sinar matahari selama 24 jam.4.
  4. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah), Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan dan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.5.
  5. Anda juga bisa menaruhnya di lemari es sehingga tiga lapisan yang paling atas membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tadi dengan tisu atau kain bersih, Tetesan minyak dari proses ini disebut VCO.

2. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya. Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Pisahkan minyaknya dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lainnya.

3. Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat. Hasilnya terdapat 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

4. Metode Pancing

Metode pancing ini adalah metode yang mudah, Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak baru.

Langkah-langkahnya sangat mudah yaitu: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata. Tutup toples, lalu tunggu 24 jam, Hasilnya ada 3 lapisan yaitu: lapisan atas, lapisan tengah , dan lapisan bawah.

5. Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan untuk cara membuat minyak kelapa murni.

Langkah-langkahnya yaitu: Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil, Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup, Tunggu selama 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Itulah proses pembuatan virgin coconut oil dengan berbagai metode. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaiknya kita melakukan tahapan pembuatanya dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *