Categories
Uncategorized

Resep Telur Gabus Murah, Mudah Dan Nikmat Dijamin Ketagihan

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep telur gabus murah yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep telur gabus murah yang menggugah selera ini.

Sejarah Telur Gabus

Nama lain dari camilan ini adalah telur belanak, yang juga merupakan nama lain dari ikan gabus. Namun, tentu saja jangan sampai kamu mengira bahwa panganan satu ini dibuat dari telur ikan belanak atau ikan gabus.

Makanan telur gabus keju ini adalah semacam kue kering yang dibuat dengan bahan dasar tepung kanji, telur, air, gula dan dibentuk memanjang menyerupai telur dari ikan gabus. Panganan ini bisa dibilang sangat sederhana pembuatannya dan untuk memasaknya pun hanya perlu digoreng saja. Di beberapa daerah lain, telur gabus keju sering juga disebut dengan bedaran atau bidaran. Makanan ini berukuran kecil, tetapi bagian tengahnya agak kembung dan runcing di kedua ujungnya.

Untuk bahan baku pembuatannya, telur gabus keju dibuat dari tepung sagu, garam, telur, juga mentega. Dulunya, camilan ini dibuat tanpa rasa namun sekarang sudah berinovasi dengan berbagai olahan rasa. Salah satu di antaranya adalah camilan ini keju dengan isian keju di dalamnya. Oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini masih banyak peminatnya hingga sekarang.

Mereka membeli telur gabus keju untuk dijadikan cenderamata bagi keluarga di rumah. Dulu, makanan ini hanya memiliki rasa original dan manis saja sebagai variasi. Namun, sekarang kalian sudah bisa menemukan camilan ini dengan rasa keju yang begitu menggoda. Aroma keju yang mantap membuat panganan sederhana ini tampak lebih spesial dan nikmat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli dengan kemasan yang berbeda-beda.

telur-gabus-murah

1. Resep Telur Gabus Murah

Bahan Membuat Telur Gabus Murah :

  • 200 gram tepung sagu atau juga dikenal dengan Tepung Kanji.
  • 2 butir telur ukuran cukup besar
  • 1 sendok teh garam dapur beryodium
  • 2 sendok teh margarin
  • 500 ml minyak goreng

Cara Membuat Telur Gabus Murah :

1. Langkah pertama yaitu pertama-tama ambil wadah atau baskom ukuran sedang untuk membuat adonan. Kemudian Masukkan tepung sagu atau tepung kanji dan garam dapur. Setelah itu Campur dan aduk-aduk kedua bahan kering menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan rata

2. Kemudian masukkan telur dan kocok telur di tempat terpisah, (Aduk sampai putih dan kuning telur tercampur rata).

3. Langakah selanjutnya yaitu masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering tadi, dan sambil di aduk-aduk menggunakan tangan, Ulangi sampai telur habis, lalu tambahkan mentega dan adonan terasa kalis.

4. Kemudian ambil adonan yang sudah jadi sedikit saja taruh di atas telapak tangan, lalu gulung-gulung adonan sampai berbentuk adonan lonjong kecing panjang atau sesuai selera (ulangi sampai adonan habis)

5. Selanjutnya masukkan adonan yang sudah di gulung ke dalam minyak dingin sebentar

6. Lalu panaskan wajan isi minyak di atas api sedang, setelah minyak panas masukkan adonan kue ke dalam minyak panas, kemudian aduk pelan-pelan untuk menghindari kue menjadi gosong

7. Kemudian setelah adonan berna kunung, angkat lalu tiriskan dulu sampai benar-benar kering atau dingin

8. Setelah telur gabus kering atau dingin lalu masukkan dalam toples atau wadah yang sudah di siapkan

9. Telur gabus siap di sajikan

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan resep telur gabus murah ini. Jika kalian ingin melihat resep telur gabus yang lain, kalian dapat melihat di artikel cara membuat telur gabus. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin cara membuat telur gabus murah ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel bumbu rica-rica daging kambing untuk mendapat referensi makanan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *