Cara Bikin Ayam Bakar Bumbu Rujak Dijamin Enak Dimulut

Ayam bakar memang sudah tidak asing lagi diindonesia,hidangan ini sudah banyak ditemui di pinggir jalan dengan sepiring nasi putih dan dilengkapi dengan lalapan sayur. Cara bikin ayam bakar bumbu rujak sangatlah mudah.

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Keanekaragaman variasai hidangan ayam bakar mulai dari ayam bakar yang sederhana hingga ayam bakar bumbu madu membuat kita tidak bosan menyantap ayam bakar. Dan pada pembahasan kali ini saya akan membagikan cara bikin ayam bakar bumbu rujak. Dinamakan ayam bakar bumbu rujak karena terdapat rempah – rempah yang melimpah sama seperti pada saus rujak.

Tak kalah enak dari ayam bakar variasi lain, yang umumnya rasa dari hidangan ini pedas manis yang dominan pada pedasnya. Lebih jelasnya akan saya jelaskan dari awalnya yang diperkenalkan didaerah jawa dan sudah popular di seluruh negeri.

Bahan dasarnya berupa daging ayam yang masih berusia muda dan menggunakan bumbu dasar merah kemudian dipanggang. Maksud dari bumbu dasar merah sendiri yakni bumbu yang terbuat dari garam, bawang putih, bawang merah, dan cabe merah.

Sebagai makanan utama ayam bakar bumbu rujak juga merupakan hidangan yang kaya akan gizi karena mengandung protein dan lemak yang tinggi dari ayam dan santan.

Seperti biasa yang promosi alat canggih nih buat suka masakan yang dipanggang kalian bisa gunakan panggangan sosis ini agar memudahkan kalian dalam memanggang dan tidak khawatir gosong, bisa digunakan untuk resep dibawah ini juga lho.

Cara Bikin Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor ayam dipotong menjadi 6-8 bagian
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 1 batang serai digeprek
  • 1 keping gula merah
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 1 buah tomat
  • 1 ruas jari jahe

Pelengkap :

irisan timun secukupnya
kol secukupnya, sobek-sobek

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak :

  1. Cuci ayam sampai bersih, kemudian tusuk-tusuk bagian badan ayam menggunakan garpu, Lalu olesi air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan ayam sampai marinasi meresap.
  2. Tumis bumbu halus dan bahan berupa serai, daun salam, dan daun jeruk menggunakan minyak panas sampai tercium bau harum.
  3. Tuangi santan, lalu bumbui dengan gula dan garam. Aduk hingga mendidih, kemudian masukkan ayam. Ungkep hingga ayam empuk dan air menyusut.
  4. Panaskan alat pemanggang, kemudian olesi dengan minyak goreng.
  5. Panggang ayam sambil sesekali diolesi sisa bumbu ungkep.
  6. Bakar hingga ayam mengeluarkan aroma semangit saja.

Tips Mengolah Ayam Bakar agar Tidak Gosong :

  1. Yang pertama sebelum ayam dimasak, pastikan daging ayam sudah  dalam suhu ruangan diluar. Ayam yang masih dingin karna baru      dikeluarkan dari freezer membutuhkan waktu lebih lama untuk matang secara merata.
    Akibatnya, Kalaupun bagian luar sudah matang, bagian dalam ayam belum cukup matang. Padahal jika dimasak terlalu lama, ayam pasti akan menjadi gosong.
  2. Sebelum membakar ayam, alangkahbaiknya ayam diungkep dulu dengan bumbu pada api kecil sampai matang.
    Umumnya ayam negeri memerlukan waktu ungkep kurang lebih 45 menit, sedangkan ayam kampung memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Selain mecegah ayam menjadi gosong cara ini juga membuat bumbu lebih meresap.
    Setelah diungkep, ayam tidak usah dibakar terlalu lama. Ayam hanya dibakar hingga pada bagian luarnya mulai kecokelatan, tapi pada bagian dalamnya pasti sudah matang sempurna. Kekhawatiran makanan menjadi gosong pun bisa dihindari.
  3. Idealnya, ayam bakar tidak usah dimasak terlalu lama. Beberapa bahan yang sering ditemui dalam bumbu ayam bakar diantaranya kecap dan madu.
    Bahan tesebut dapat membuat ayam mudah gosong saat dibakar. Tahap pengungkepan yang sudah dijelaskan dalam poin nomer dua juga dapat membantu ayam lebih cepat matang tanpa dibakar terlalu lama.
  4. Gunakan api sedang saat membakar ayam. Usahakan hindarkan arang mengeluarkan api berkobar dikarenakan bisa membuat ayam cepat gosong atau tak matang merata.
    Memanggang ayam menggunakan oven juga dapat menjadi pilihan untuk memberikan ayam bakar yang matang merata.
  5. Jika dibakar menggunakan panggangan arang, pastikan ada jarak cukup diantara ayam dengan arang. Hal ini juga untuk menghindari ayam menjadi gosong karena mengenai arang.

Itulah tadi cara bikin ayam bakar bumbu rujak beserta tipsnya yang bisa kalian coba praktekkan dirumah. dari resep ini kita tahu bahwa ayam bakar bisa diolah menjadi berbagai makanan. Dengan memadukan bumbu rujak dari rujak yang kemudian di kombinasikan dengan ayam dan jadilah resep ayam bakar bumbu rujak.

Jika kalian ingin membuat sosis kunjungi Resep Bumbu Sosis Bakar Untuk Jualan, atau jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai Sajian ayam bakar bumbu rujak kunjungi Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Dijamin Enak dan Renyah!!!. Disana kalian akan mengetahui manfaat, kandungan, dll. Selamat mencoba !!!

Leave a Comment