Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram yang Benar dan Enak Dimulut

Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram, Apakah kalian tahu apa itu kerang hijau dan cara memasaknya ? ,Ya tentunya kalian akan berpikir kalau kerang hijau merupakan kerang yang berwarna hijau. Memang benar kerang hijau warnanya hijau tapi saya akan menjelaskannya lebih dalam lagi.

Kerang Hijau Saus Tiram

Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram

Dikenal dengan nama green musseis yang tubuhnya bisa dibilang lunak dengan dua cangkangnya yang berbentuk lonjong yang disebut dengan bivalia. Kerang ini memiliki daerah penyebaran yang banyak terutama diperairan pesisir Indonesia. Itulah sekilas pengetahuan tentang kerang hijau.

Sekarang kita akan Kembali ke topik utama yakni memasak kerang hijau saus tiram. Makanan seaood identik dengan ribet, tetapi jika kalian mengetahui kalau sebenarnya membuatnya sangatlah mudah.

Kalian hanya harus berfokus pada pembersihanya, apalagi yang akan kalian buat kali ini kerang yang cepat matang dan meresap bumbunya. Nah, kalian harus banget cobain resep kerang dibawah ini agar masakanĀ  kamu semakin lezat dan tentunya menggugah selera.

sebelum itu saya rekomendasikan sebuah alat jika kalian ingin memanggang dengan mudah dan gampang pakailah panggangan sosis dari Rumah Mesin dijamin memudahkan pemanggangan masakan kalian.

Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kerang hijau
  • 4 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara Memasak Kerang Hijau Saus TiramĀ :

  1. Panaskan air lalu rebus kerang hijau sekitar 10 menit dan buang air rebusan.
  2. Persiapkan wajan sebelumnya lalu tumis bawang putih yang sudah dihaluskan dan merica.
  3. Aduk-aduk sampai rata kemudian tambahkan 3 gelas air dan juga saus tiram.
  4. Masaklah hingga mendidih setelah itu masukkan kerang dan aduk hingga rata.
  5. Tunggulah sekitar 10 menit hingga bumbu meresap.
  6. Koreksi rasa.
  7. Angkat dan hidangkan.

Tips Pilih Kerang Hijau Agar Aman Dikonsumsi

1. Pilih Kerang Hhijau yang Masih Fresh

Umumnya, di dalam satu keranjang kerang hijau memiliki kerang yang masih tertutup dan yang sudah terbuka. saya rekomendasikan untuk memilih kerang yang masih tertutup saja, sebab menandakan kerang masih hidup.

Kalau kerang masih hidup, otomatis kesegarannya masih terjamin. Hindarkan pemilihan kerang yang sudah terbuka karena itu merupakan tanda kalau kerang telah mati dan tak segar lagi.

2. Perhatikan Aroma Kerang Hijau

Hal lainnya yang dapat kalian lakukan untuk menguji kualitas kerang hijau yakni dengan menghirup aromanya. Kerang hijau yang segar umumnya akan mengeluarkan aroma amis yang khas dan sewajarnya.

Kebalikanya, jika kerang hijau sudah jelek akan mengeluarkan aroma yang menyengat, bahkan bau busuk yang mengganggu.

3. Raba Kerang Hijau

Selain dari aroma, kalian juga dapat mengetesnyau dengan cara di raba. Coba perhatikan tekstur dari kulit kerang hijau. Kalau teksturnya kesat, itu tandanya kerang hijau masih segar dan layak untuk di konsumsi.

Tetapi kalau ternyata cangkang kerang hijau ada lendirnya, lebih baik jangan dibeli karena dapat dipastikan bagian dalam kerang hijau sudah hampir busuk.

4. Perhatikan Bentuk Kerang Hijau

Selama ini, kalian mungkin kurang memperhatikan bentuk kerang hijau ketika akan membelinya. Padahal ukuran tersebut dapat dijadikan patokan lho untuk mengetahui kesegaran kerang hijau.

Ciri kalau kerang hijau masih segar umumnya mempunyai bentuk yang cenderung pipih dan cangkang yang rapat. Kalau kalian menemukan kerang hijau yang cangkangnya nampak menggembung, lebihbaik jangan dibeli.

Sebab hal tersebut menandakan kalau kerang hijau sudah tercemar, rusak, dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Cukuplah sampai disini penjelasan saya mengenai kerang beserta resepnya. Apabila kalian suka dengan konten ini kunjungi juga Cara Membuat Rendang Daging Padang yang Empuk dan Nikmat. Dan jika kalian ingin mengetahui penjelasan kerang lainnya kunjungi Cara Memasak kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa. Salah kata saya minta maaf. Selamat mencoba !!!

Leave a Comment