Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa Sederhana tapi Nikmat

Apakah kalian tahu apa itu bakmi jawa ? Sebuah Mi yang dimasak dengan bumbu khas masakan jawa. Bakmi ini biasanya disebut dengan Mi jawa atau jika diluar negeri disebut mee rebus dikarenakan kebanyakan bakmi jawa adalah bakmi rebus sehingga mereka menyebutnya seperti itu. Simak Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa !

Bakmi Goreng Jawa

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa

Seperti yang sudah kalian tahu bakmi jawa berasal dari indonesia yakni tempat yang kaya akan banyak hal. Daerah asal nya di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta , dan Jawa Timur.

Bahan utama dari pembuatan bakmi jawa meliputi mi, bihun, campuran mi dan bihun, telur bebek, daging ayam kampung. Dengan bahan tersebut kalian akan menemukan variasi dari Bakmi seperti mig godhog, mi goreng, magelangan, dll.

Mi dari tanah jawa ini sebagian dimasak diatas tungku tanah liat dan api arang. Ciri khasnya berupa juru masak hanya akan memasak satu pesanan untuk satu kali proses pemasakan, walaupun banyaknya pembeli juru masak akan tetap memasak di wajan untuk satu porsi per pesanan.

Ciri khas lain yakni ditambahkanya suwiran daging ayam kampung dan telur bebek didalam masakan. Tempat penyebaran bakmi jawa terdapat di Yogyakarta dan sekitarnya. Satu hal yang harus kaliat ahu bahawa Desa Piyaman, Wonosari, Gunungkidul tempat asal penjual bakmi jawa.

Umumnya penjual bakmi jawa buka dari mulai senja dan meletakkan gerobak ditempat jualan mereka. Asal kalian tahu SBY sebelum menjadi presiden beliau sering mendatangin Warung Bakmi Mbah Wito di Wonosari, Gunungkidul.

Dan ada juga presiden kedua almarhum Presiden Soeharo yang dulunya merupakan pelanggan bakmi jawa Harjo Geno di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta. Dan pada saat beliau masih masih menjabat sebagai presiden Bakmi Kadin diundang untuk memasak di Istana Negara setiap 17 Agustus saat peringatan.

Apakah kalian menikmati sejarah bakmi jawa. Nah jika kalian sudah membaca penjelasannya yuk kita resep pembuatan bakmi goreng jawa dibawah ini sebelum masuk ke cara pembuatanya saya izin promosi panggangan sosis sebagai alat praktis bagi kalian untuk memanggang ayamg, ikan dan sebagainya :

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa

Bumbu dan Bahan Dasar :

  • 1 bungkus mie telur
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 batang seledri, iris panjang
  • 5 lembar kol, iris kasar
  • 5 buah cabai rawit utuh
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawah merah
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdm ebi
  • Air putih

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa :

  1. Pertama – tama rebuslah mie telur ke dalam air yang mendidih, lalu tiriskan (masaklah mie telur sesuai petunjuk penyajian kemasan)
  2. Lalau aduk mie telur yang sudah matang dengan 1 sendokmakan kecap manis dan juga 1 sendokmakan minyak goreng, sisihkan
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ebi.
  4. Tambahkan sedikit air putih lalu aduk rata
  5. Kemudian tumis bumbu halus dan juga cabai rawit utuh sampai harum
  6. Lalu masukkan telur, aduk hingga rata bersamaan dengan bumbu halus dan cabai rawit
  7. Setelah itu masukkan kol dan seledri, tambahkan gula, garam, merica kemudian aduk hingga rata
  8. Kemudia masukkan mie, jika terlalu kering tambahkan sedikit air, cicipi
  9. Apabila kurang manis, tambahkan kecap manis sesuai selera
    Aduk rata hingga bumbu meresap, angkat
  10. Hidangkan mie goreng Jawa dengan tambahan acar timun dan emping
  11. Taburi bawang merah goreng
  12. Mie goreng Jawa siap santap selagi hangat

Nah itulah tadi asal usul bakmi jawa dan cara membut bakmi goreng jawa. Untuk pembahasan kali ini tidak ada tipsnya dan jika kalian ingin mengetahuinya lebih dalam kunjungi Resep Bakmi Goreng Jawa Enak Dimulut Nagih Diperut.

Kalau kalian ingin membuat hidangan lain saya rekomendasikan kalian untuk kunjungi Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram yang Benar dan Enak Dimulut. See you next content…

 

Leave a Comment