Yuk Buat Kerupuk Jamur Tiram Sehat Tanpa MSG

Halo teman – teman! Mana nih pecinta Jamur Tiram? yuk simak cara membuat kerupuk jamur tiram berikut, dijamin sehat dan enak karena ngga pakai MSG loh.

Anda juga dapat membaca cara membuat keripik jamur untuk resep olahan kripik dari jamur.

Anda sedang mencari resep untuk kerupuk jamur tiram enak, gurih, renyah dan pastinya tanpa msg ? Cara membuat kerupuk jamur tiram tersebut memang tidak terlalu sulit namun tidak juga mudah.

Apabila keliru dalam mengolahnya maka hasilnya pasti tidak akan memuaskan dan bahkan tidak enak. Padahal kerupuk jamur tiram tanpa msg yang enak seharusnya punyai aroma dan juga cita rasa yang dapat memancing selera makan anda.

Sebelum saya membagikan bagaimana cara membuat kerupuk jamur tiram alangkah baiknya jika anda mengetahui bagaimana cara memilih jamur yang berkualitas baik. Yuk simak pembahasan berikut ini.

Cara Memilih Jamur yang Berkualitas

Tips untuk memilih jamur yang berkualitas baik sebenarnya tidaklah terlalu banyak dan juga rumit. Seperti halnya anda dalam memilih bahan-bahan masakan yang lain, anda juga harus memilih bahan makanan yang masih dalam keadaan yang utuh dan juga bersih.

Prinsip dari hal tersebut bisa anda terapkan dalam memilih jamur yang berkualitas. Pilihlah jamur yang memiliki payung dan juga tangkainya tidak terpisah atau masih dalam keadaaan menempel. Kondisinya juga harus dalam keadaan yang masih mulus. Jamur adalah bahan makanan yang tidak boleh dan tidak bisa terkena air. Jadi, harusĀ  diperhatikan jamur yang anda pilih tersebut. Pilihlah jamur yang bersih dari bulir dan juga tetesan air.

Sebaliknya, jangan anda untuk memilih jamur yang dalam keadaan yang lembab, basah, atau bahkan sudah berlendir. Jangan pula untuk memilih jamur yang mempunyai bau yang menusuk karena biasanya jamur yang seperti ini sudah tidak dalam keadaan yang segar lagi. Pilihlah jamur yang masih enak saat dicium aromanya atau yang memiliki aroma khas jamur yang segar.

Berikut ini merupakan pedoman anda untuk memilih jamur yang berkualitas baik.

  • Jamur kancing

    : Pilih jamur kancing yang bagian payung jamurnya berukuran sama besar dengan bagian batang dan juga warnanya putih bersih. Jangan memilih jamur yang mempunyai berbercak cokelat karena hal ini berarti bahwa jamur tersebut sudah hampir rusak dan tidak layak anda konsumsi.

  • Jamur merang

    : Pilihlah jamur yang masih dalam keadaan yang segar. Tandanya yaitu memiliki warna terang dan juga halus pada bagian permukaannya. Jamur merang ini bergizi tinggi bagian payungnya juga mekar, tapi pada bagian bawahnya belum berubah menjadi berwarna kehitaman. Anda juga dapat memilih jamur yang masih dalam keadaan yang masih muda dan jugakuncup. Lalu, simpan jamur tersebut di lemari es hingga jamur mekar dengan sempurna.

  • Jamur tiram

    : Pilihlah jamur tiram yang masih utuh bagian payung jamurnya dan juga berwarna putih bersih tanpa noda yang cukup berarti.

  • Jamur kuping

    : Jamur kuping yang di jual dalam keadaan kering rawan untuk terkena jamur. Cermati lagi dengan memilih jamur yang dalam keadaan mulus dan juga warna hitamnya merata. Untuk jamur kuping yang basah, pilihlah yang tebal, mempunyai warna yang hitam pekat, tidak berbau, dan juga tidak berlendir.

  • Jamur shiitake (hioko)

    : Jamur ini ada yang dijual dalam keadaan yang masih segar dan juga ada yang dijual kering. Kedua jenis ini memiliki kriteria yang sama dalam pemilihan jamur. Cari jamur yang pada batangnya utuh dan juga topi atau payung jamurnya mempunyai warna cokelat terang

Nah jangan salah pilih jamur lagi yaa!

Cara Membuat Kerupuk Jamur Tiram

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Baik itu diolah menjadi sayur atau dijadikan sebagai camilan. Camilan terbuat dari jamur tiram ini memang sangat terkenal sebagai jajan pasaran maupun pada restoran.

Cukup banyak hal yang sedikit banyaknya berpengaruh kepada kualitas rasa dari kerupuk jamur tiram ini, pertama yaitu dari jenis bahan yang dipilih, lalu pemilihan bahan yang harus segar hingga cara pengolahan dan menghidangkannya.

Tidak perlu pusing jika anda ingin menyiapkan kerupuk jamur tiram enak di rumah, karena jika anda sudah tahu bagaimana triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan yang spesial.

Berikut ini ada cara yang mudah dan juga praktis membuat kerupuk jamur tiram enak tanpa msg yang siap untuk dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kerupuk Jamur Tiram memakai 11 bahan. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuatkerupuk jamur tiram.

Bahan – Bahan Kerupuk Jamur Tiram

  • 500 Grm Jamur Tiram yang sudah dicuci bersih
  • 500 Grm Tapioka atau Rose Brand
  • 100 Ml Air Es
  • 2 Telur Ukuran Besar
  • 3 Batang Daun Bawang Ukuran Sedang
  • Secukupnya Kaldu Jamur / Totole
  • Garam Halus
  • 15 Siung Bawang Putih

Cara Pembuatan Kerupuk Jamur Tiram Tanpa MSG

cara membuat kerupuk jamur tiram

  1. Kukus Jamur tiram selama kurang lebih 7 Menit, Setelah itu bilas dengan menggunakan air yang matang. Peras jamur lalu tiriskan.
  2. Iris semua daun bawang atau sesuai dengan selera anda.
  3. Haluskan bawang putih, anda bisa ulek atau di blender
  4. Haluskan Jamur tiram, apabila anda ingin kerupuk masih memiliki tekstur lebih baik anda menguleknya. Tetapi jika anda lebih suka yang tidak bertekstur, haluskan dengan menggunakan blender.
  5. Aduk semua bahan hingga benar benar merata.
  6. Lalu bentuk adonan menjadi lonjong, seperti bentuk Pempek lenjer.
  7. Setelah adonan dibentuk, rebus adonan pada panci yang berisi air yang sudah dididihkan. Rebus adonan jangan sekaligus, dibaqgi menjadi 2 kali, karena ada 11 lontongan. Tuangkan minyak goreng sedikit pada air yang digunakan untuk merebus.
  8. Setelah adonan matang, angkat lalu tiriskan
  9. Simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin selama kurang lebih 12 jam , hingga adonan memadat dan keras.
  10. Setelah 12 jam, keluarkan Kerupuk dan iris tipis tipis menggunakan pisau yang tajam taupun parutan keripik.
  11. Kerupuk yang sudah dipotong tersebut di susun diatas tampah dan siap untuk dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.
  12. Jemur kerupuk hingga benar benar kering ya, jika sedang musim kemarau pengeringannya cepat hanya 2 hari, tetapi jika musim penghujan kemungkinan waktu pengeringannya lebih lama.
  13. Jika kerupuk sudah benar benar kering anda sudah bisa menggorengnya. Goreng kerupuk jamur pada minyak yang sudah panas, goreng hingga matang.
  14. Angkat dan tiriskan kerupuk, untuk mengurangi minyak yang menempel, anda bisa menggunakan tissue makan.

Kesimpulan

Rahasia kerenyahan kerupuk jamur ini yaitu terletak pada proses penggorengannya yang dilakukan 2 kali. Goreng kerupuk jamur yang masih setengah matang dengan bertahap, aduk-aduk hingga kerupuk jamur berwarna kuning kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan, dan terakhir dinginkan.

Masukan kerupuk yang sudah matang ke wadah yang tertutup seperti toples anda juga bisa memasukkannya ke plastik khusus makanan. Agar tidak ada udara yang masuk ke dalam plastik anda bisa menggunakan alat perekat plastik atau hand sealer.

Wah gampang banget kan cara membuat kerupuk jamur tiram tadi, semoga membantu dan bermanfaat bagi anda yaa! selaman mencoba guys!

Leave a Comment