Cara Membuat Tahu Walik Kriuk Rumahan Enak, Sehat, dan Bermanfaat

Kali ini saya akan menjelaskan tahu walik dan cara membuat tahu walik kriuk rumahan yang mudah dibuat dan enak, sehat tentunya juga banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Tahu Walik

tahu walik

 

Tahu Walik merupakan salah satu makanan atau jajanan khas Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, jajanan ini diolah secara terbalik yaitu dibalik dengan cara dibalik dan diisi dengan berbagai jenis adonan sesuai resep tahu Walik yang ada.

Biasanya digunakan kulit tahu / tahu yang dibelah dan dibalik. Kemudian, tergantung selera Anda, diberikan adonan berupa adonan ayam, sapi, udang atau sosis. kalian juga bisa membuat tahu bulat sendiri dirumah.

Bahkan tahu walik banyak varian rasa dengan berbagai bumbu-bumbu banyak kita temui penjual tahu walik disekitar kita. Baca Juga : Resep Tahu Walik Yang Nikmat Untuk Dihidangkan ‎

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk

cara membuat tahu walik kriuk

Bahan – bahan :

  • 15 buah kulit tahu
  • 100 gram dada ayam
  • 150 gram tepung tapioka
  • 100 ml air dingin
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • Gula dan garam, tergantung selera Anda
  • 3 batang daun bawang, iris

Cara Membuat Tahu Walik Kriuk :

  1. Bersihkan bahan kupas bawang hingga bersih atau bisa menggunkan alat pengupas bawang
  2. Siapkan dada ayam, haluskan dengan bawang putih dan campur dengan tepung tapioka, air es, gula pasir, garam dan merica hingga tercampur rata. Untuk kenyamanan, itu juga bisa disatukan dan diproses dengan pencacah jika ada.
  3. Setelah tercampur rata, koreksi rasa, lalu tambahkan daun bawang cincang dan aduk rata. Menyisihkan.
  4. Potong kulit tahu yang miring dan balikkan. Kakak dengan daging tahu ada di luar.
  5. Masukkan adonan yang sudah disiapkan ke dalam tahu yang sudah dibalik dan rapikkan.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang dan tumis tahu walikes sampai berwarna keemasan.
  7. Angkat lalu tiriskan. Sajikan dengan kecap.

Manfaat Tahu

manfaat tahu

1. Mengurangi resiko kanker

Isoplavon pada tahu mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kedelai dan produk olahan kedelai lainnya, termasuk tahu, dapat mengurangi risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

2. Osteoporosis

Kandungan isoplvon pada tahu dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko pengeroposan tulang.

3. Baik untuk fungsi otak dan kesehatan kulit

Tahu mengandung isoplavon yang bermanfaat untuk fungsi otak dan daya ingat. Selain itu, isoplavon dapat sangat mengurangi kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Inilah manfaat tahu yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tahu juga tinggi zat besi yang dapat mencegah anemia, terutama bila dibuat menggunakan resep olahan tahu dengan bahan-bahan yang bermanfaat.

Nutrisi Tahu Yang Bermanfaat

Nutrisi Tahu Yang Bermanfaat

  • Protein berguna untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh sebagai sumber energi, untuk produksi enzim dan hormon, serta untuk produksi antibodi.
  • Asam amino bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, menjaga keseimbangan enzim dan hormon, menjaga kadar cairan, serta memperbaiki jaringan tubuh dan membuat antibodi.
  • Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan tidak keropos serta menjaga gigi agar tidak berlubang untuk membantu sistem saraf bekerja dengan pembekuan darah dan ketegangan otot.
  • Selenium bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan radikal bebas, menjaga kesehatan fungsi tiroid, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi gejala asma.
  • Fosfor membantu ginjal untuk tetap stabil, membentuk DNA dalam tubuh, membantu otot dan saraf bekerja maksimal dan memastikan keasaman yang seimbang dalam darah.
  • Magnesium bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mencegah dan mengurangi stres, meredakan sakit kepala, baik untuk penderita diabetes, menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos, baik untuk jantung.
  • Zat besi sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi agar tidak menyebabkan sakit gigi atau masalah tulang lainnya
  • Seng bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sperma, mengatasi diare, meningkatkan fungsi kognitif dalam meningkatkan daya ingat dan pembelajaran kita, mengurangi peradangan, mengatasi jerawat, memperkuat kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka fisik, dan mengurangi risiko penyakit lama.
  • Tembaga memiliki sifat antioksidan, menjaga sistem kekebalan tubuh, mendukung produksi kolagen, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan jantung

Demikian penjelasan dari artikel saya mengenai tahu walik dan cara membuatnya. semoga dapat dicoba dirumah masing-masing.

Leave a Comment